Minggu, 25 November 2012

Kue Gandos Yang Nikmat Di Kota Blitar


Gandos adalah nama kue tradisional itu. Bentuknya  melengkung dengan ketebalan sekitar 2 cm.  Bagian di dalam kue berwarna putih. Sedangkan  pada permukaan kulitnya berrona warna coklat. Rasa Gandos cukup gurih dan nikmat yang memberikan  nuansa nostalgia pada cita rasa kue tradisional.

Nama kue Gandos itu  mungkin terdengar cukup asing. Padahal kue semacam itu banyak dijual oleh para pedagang yang berkeliling dari kampung ke kampung. Tulisan Gandos Rp 1000 dapat 2 itulah yang menarik perhatian saya ketika berkunjung ke Ndalem Gebang di Kota Blitar – Jawa Timur.

Gandos itu ternyata nama lokal untuk kue serupa yang di daerah saya disebut dengan kue Serabeh Gantol karena untuk mengambil dan membalikkan kue dari Loyang  pemanasnya. Begitu pula  di daerah lainnya ada yang menyebutnya dengan nama kue Pancong dan sebagainya.
Seorang pria yang berusia separuh baya tampak sedang  mengaduk dan menuangkan adonan kue itu ke dalam loyang yang berupa cekungan-cekungan yang berderet dalam dua baris.
 

Sesekali dia membalikkan kue dan memindahkan letak kue dalam Loyang itu karena pemanasannya yang tidak merata dan hanya terpusat di bagian tengah.

 
Butuh waktu sekitar 15 menit untuk mematangkan setiap tuangan adonan gandos itu.

 
Pasalnya, dia hanya menggunakan kompor dengan bahan bakar minyak tanah  karena merasa berat  untuk memikul dagannya bila harus menggunakan pemanas dengan kompor gas dan tabung gasnya. 
 
Bapak yang sayangnya saya lupa mencatat namanya itu mengatakan usaha kue Gandosnya telah dia geluti sejak dua tahun yang lalu. Sebelumnya dia bekerja dengan menjadi tukang becak yang juga mangkal di kawasan wisata Ndalem Gebang.

Karena hasil dari berjualan kue Gandos itu dia rasa lebih baik dan menguntungkan daripada menjadi tukang becak, akhirnya usaha itu dia tekuni hingga saat ini.

Bapak itu juga mengatakan selama ini sudah banyak pelanggannya yang menggemari kue dagangannya itu. Mereka ada yang memesan Gandos melalui sms atau menunggunya melewati rumah mereka bila dia berjualan dengan berkeliling di kampung-kampung.


=======================================================================
Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :

Menambang Uang Melalui Facebook dan Blog
Tips Jitu Untuk Meningkatkan Traffic Situs atau Blog   



Mobil Mercedes Benz Kuno Peninggalan Bung Karno 
Nostalgia Bung Karno Dengan Tokoh-tokoh Dunia
Gereja Batu Yang Unik Di Puhsarang Kediri
Patung Budha Sedang Tidur Di Mojokerto

Nostalgia Bung Karno dengan Tokoh Populer Dunia
Relief yang Erotis Di Candi Penataran
Kelenteng Hok Liong Kiong Yang Indah Di Jombang
Patung Makco Thian Shang Sen Mu Di Kediri 
Masjid Cheng Ho Yang Indah Unik Di Surabaya 

Jejak Bioskop Peninggalan Dinasti Sampoerna
Nuansa Misteri Di Mercusuar Sembilangan Madura
Patung Dewi Kwan Im Di Pantai Surabaya
Jejak Kerajaan Majapahit Di Candi Brahu
Jejak Makam Belanda Di Kota Surabaya






================================================================

 
Menikmati Gandos itu memang sangat menyenangkan . Apalagi harganya yang  murah yaitu Rp 500 per buah. Dengan gandos yang cukup tebal itu juga terasa cukup 
menyenangkan, Gandos itu terasa berbeda dengan gandos-gandos yang dijual oleh pedagang lainnya.

 Selain ketebalannya, cita rasa pada bahan baku yang digunakan juga ikut berpengaruh.
Dalam hal ini, penjual gandos ini tetap menjaga kualitas dan mutu gandosnya dengan menggunakan adonan Gandos pakemnya selama ini. Yaitu menggunakan bahan baku berupa 1 kg beras, 1 kg beras ketan dan 4 butir kelapa yang diambil santannya,air dan garam.

 
Dia juga menyediakan dan menambahkan gula pasir bagi pembeli yang suka gandos dengan rasa  manis. Tetapi bagi saya terasa lebih nikmat merasakan Gandos dengan rasa aslinya itu tanpa tambahan pemanis.

Apalagi menikmatinya ketika gandos itu masih dalam keadaan hangat dan baru diangkat dari loyangnya.  Hmmm,... so Yummi.

 
Bila Anda berkunjung ke kota Blitar dan menjumpai penjual Gandos di halaman depan wisata Ndalem Gebang atau tempat lainnya ini, jangan lupa sempatkan diri untuk membeli Gandos itu dan rasakan kenikmatan rasanya yang cukup mengesankan.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar