Senin, 05 November 2012

Pameran Lukisan Di Pekan Budaya Kota Blitar


Gajah Itu tampak beringas dengan terdapat sebongkah kayu di belalainya.Dengan segala kekuatannya, dia mencoba untuk bertahan dari terkaman empat harimau yang menyerangnya secara bersamaan. Begitulah gambaran dari lukisan  indah yang berjudul Tipisnya Peradaban karya Yudi Osasi.

Lukisan itu merupakan salah satu dari puluhan lukisan yang digerlar dalam kegiatan Pameran Lukisan Pekan Budaya Kota Blitar. Pameran ini diadakan  dari tanggal 6-8 November 2012 dengan bertempat di Balai Kesenian yang berada di dalam kompleks Istana Gebang, Kota Blitar - Jawa Timur.

Pameran ini merupakan kerja sama antara Kominparda Kota Blitar, Dewan Kesenian Kota Blitar dan para pelukis di Kota Blitar.

Sangat menarik menyimak acara ini karena memajang  berragam tema lukisan.Selain itu juga dengan berragam teknik pembuatan lukisan dan media lukis yang dgunakan. Kesemuanya tampak memanjakan keindahan pada segi optis dan estetika. .  

Tema satwa, buah, ekspresionisme, realisme  dan sebagainya pada lukisan-lukisan itu memiliki keindahannya tersendiri.Simaklah lukisan yang berjudul Pisang karya Haroyo.Lukisan yang berukuran 100 cm x 150 cm itu tampak begitu nyata dan  mengingatkan saya pada lukisan dengan gaya lukis  ala Bali.

 
Atau lukisan karya Rahmanu yang berjudul Anggrek Ungu dengan ukuran 50 cm x 45 cm. Lukisan yang menggunakan oilon canvas itu tampildengan warna lembut yang bernuansa  hangat dan romantis.

---------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================
Ada juga Dony Tatto yang menggelar beberapa karya lukisan dan salah satunya berjudul Sembodro. Lukisan itu berukuran 90 cm x 60 cm dengan menggunakan teknik Pencil On Paper tampak begitu indah dan menawan. Goresan warnanya tampak  begitu halus dan detail.

Untuk pelukis Farhan Yusra menampilkan karya berjudul Bermain dalam ukuran 50 cm x 30 cm. Lukisan itu tampil dengan  aneka warna dengan gaya lukisan yang tumpang-tindih ala lukisan anak-anak dengan menggunakan media lukis acrylic on Canvas.
Gaya melukis yang sama namun dengan obyek lukisan yang lebih berat dan absurd ditampilkan oleh pelukis Arif MH dengan lukisannya yang berjudul Party dan pelukis Siswo yang menampilkan karya yang berjudul Korban Fitnah dengan ukuran 120 cm x 90 cm.
Sedangkan pelukis Effendi Saleh menampilkan lukisan yang beraliran abstrak dengan judul 3 Titik Kritis dengan ukruan 200 cm x 145 cm dengan menggunanakan media campuran.
Satwa kuda juga menjadi obyek beberapa lukisan. Diantaranya terdapat pada lukisan karya Ahmad Mindari dengan judul Kuda yang berukuran 100 cm x 150 cm dengan menggunakan oil on canvas.
Lukisan yang bernuansa Bung Karno juga bisa dijumpai disana. Diantaranya adalah lukisan yang berjudul The Power  karya Abdu Alim dalam ukuran 100 cm x 150 cm yang menampilkan Bung Karno dengan gaya orasinya yang terkenal sedang bersanding dengan seekora harimau yang berwana putih .


Harimau yang ada pada lukisan itu  seolah menggambarkan jiwa ,  semangat dan kekuatan Bung Karno.

 
Ada juga lukisan lainnya yang menampilkan Bung Karno sedang mengenakan jas yang berwarna merah dan sedang melepaskan beberapa ekor burung merpati.  
 
Masih banyak lagi karya lukisan lainnya dalam pameran ini.Kesemuanya memiliki pesona keindahan yang memikat  pada tema, aliran lukisan dan media yang digunakan oleh para pelukisnya


 







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar