Kamis, 08 November 2012

Gereja Batu Yang Unik Di Puhsarang Kediri

Gereja itu sangat unik dengan bentuknya yang khas dan tradisional. Karena berupa bangunan kuno, arsitektur bangunan gereja tersebut  merupakan perpaduan  antara budaya kolonial Belanda  dan budaya Jawa. 

 
Yang menarik, gereja itu dibangun dengan bahan bangunan yang didominasi oleh batu-batu sungai yang disusun dan ditata sedemikian rupa.

Gereja itu bernama Gereja Katolik Santa Maria Puhsarang yang merupakan Gereja Katolik Roma.


Lokasinya  di desa Pohsarang, kecamatan Semen, Kediri dan berada di kaki Gunung Wilis -  Jawa Timur.

Gereja Katolik di Pohsarang didirikan atas inisiatif pribadi dari Romo Jan Wolters CM dengan bantuan arsitek terkenal Henri Maclaine Pont pada tahun 1936.

Keindahan arsitektur Gereja Pohsarang melekat pada dua nama yaitu Ir.  Maclaine Pont dan pastornya Romo Jan Wolters CM. Ir. Henricus Maclaine Pont sebagai arsiteknya sangat pandai dalam membentuk keindahan bangunan Gereja dengan memadukan  kebudayaan Jawa.

 Sedangkan  Romo Wolters sebagai inisiator memberi roh pengertian mendalam tentang makna sebuah bangunan Gereja dengan banyak simbolisme untuk katekese iman Katolik

Kompleks Gereja Puhsarang ini berada pada lahan yang sangat luas. Menurut petugas di pos informasi yang bernama Pak Hartoko, lahan kompleks gereja ini sekitar 10 hektar.  Wow...

Di dalam kompleks gereja Puhsarang terdapat tempat-tempat  yang memiliki nama tertentu. Seperti Jalan Salib Bukit Golgota, makam Uskup dan Pastor, Pondok Rosario, Gua Maria Lourdes, Pendopo Elmaus, Plaza Maria, dan Taman Hidangan Kana.



---------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================

Di gereja ini banyak dikunjung oleh umat katolik yang mengadakan kegiatan kebaktian.
Tiap sebulan sekali pada minggu kedua juga diadakan doa novena. Bahkan  sering juga ada  umat Katolik  yang melakukan pemberkatan pernikahan di gereja ini, seperti yang saya jumpai saat berkunjung ke gereja ini.

Pemberkatan pernikahan itu dilakukan di bangunan gereja  dengan formasi susunan bebatuannya yang unik.Di sekitar gereja itu terdapat formasi batuan yang membntuk gerbang masuk,menara lonceng, gua maria dan sebagainya. 

Sebuah pohon beringin yang rindang tumbuh  di depan gereja.Selain itu juga terdapat makam-makam  umat Katolik dengan altar yang berornamen salib di bagian atasnya. Di belakang makam ini terdapat Gua Maria dan gedung serba guna yang bentuk bangunannya juga unik, khas dan tradisional.


Sekitar 100 meter dari gereja terdapat gua Maria Lourdes yang pada salah satu guanya terdapat patung Maria Lourdes setinggi sekitar 4 meter.
 
Sepanjang perjalanan menuju ke Gua Maria Lourdes banyak terdapat kios-kios yang menjual beraneka jenis souvenir dan perlengkapan ibadah yang bernuansa Kristen dan Katolik seperti salib, rosario, patung Yesus dan Maria, dan sebagainya.

Tak jauh dari Gua Maria Lourdes terdapat tempat yang bernama Jalan Salib Bukit Golgota.Teapi untuk menyimak kisah jalan Salib yang ditampilkan dalam bentuk fragmen 15 stasi itu terasa cukup melelahkan juga karena arealnya yang sangat luas dan panjang dengan kontur medan yang naik turun. Untunglah suasana disana sangat segar dan sejuk dengan pepohonannya yang rindang dan asri.
 
Gereja Puhsarang ini banyak didatangi oleh pengunjung seriap harinya.Tak hanya umat Katolik saja yang datang ke gereja ini. Tetapi juga umat lainnya yang ingin melihat dan menyimak keindahan Gereja Puhsarang ini dengan berbagai kisahnya.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar