Selasa, 12 Juni 2012

Indahnya Alun-alun Kota Lamongan

Alun- alun Kota lamongan - Jawa Timur  merupakan salah satu contoh alun-alun yang cukup representatif bagi warganya.


Selain areanya cukup luas, alun-alun yang berlokasi  Koordinat: 7°7'13"S   112°24'56"E ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan ruang  publik lainnya seperti taman, arena bermain, jogging track dan sebagainya.

Adanya fasilitas dan ruang publik itu bisa menjadi sarana untuk kegiatan resmi yang berkiatan dengan pemerintah dan bagi  warga untuk beraktifitas olahraga, kesenian, budaya, dan refreshing.


Berbagai jenis tanaman yang asri juga menghiasi alun-alun ini. Yang menarik, di bagian tengah alun-alun terdapat sebuah pesawat Nomade bernomor lambung P 086 N 2255 buatan Australia  tahun 1974  yang dihibahkan oleh TNI Angkatan Laut kepada Kabupaten Lamongan pada tahun 2009.

Keberadaan monumen pesawat Nomad jenis jelajah  sepanjang 12,5 meter dan   lebar 15,46 meter  dari  TNI Angkatan laut itu seakan menjadi land mark bagi alun-alun Lamongan. 


Ada juga bangunan lainnya yang menjadi land mark khas alun-alun Lamongan ini.  Di sebelah selatan alun-alun  terdapat menara air yang cukup besar dan tinggi. Di sebelah barat terdapat Masjid Agung Lamongan yang di halamannya terdapat gentong yang kuno dan bersejarah.

  --------------------------------------------------------------------------------------------------
Break Session :
 
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
 

 
 

=================================================================

Di sebelah utara alun-alun terdapat bangunan paseban yang bentuknya seperti pendapa.


Bangunan ini sering digunakan menjadi tempat untuk beristirahat, berkumpul ,  berdiskusi dan kegiatan lainnya  bagi warga dan berbagai komunitas .


Sedangkan di bagian timur terdapat sarana bermain untuk anak-anak. Pada bagian sudut di sebelah barat laut dan timur laut dilengkapi dengan boulevard  dan air mancur.

Sebagai penunjang aktifitas dan kegiatan warga, alun-alun Lamongan ini juga dilengkapi dengan fasilitas WIFI.

 
Pada saat-saat tertentu, alun-alun Lamongan ini menjadi lebih meriah karena sering menjadi lokasi diadakannya pasar malam , aneka lomba dan  berbagai pameran seperti pameran bunga dan pameran bonsai dan kegiatan lainnya.

Di alun-alun ini juga bisa dijumpai pedagang yang menjual makanan khas Lamongan yaitu Nasi Boran yang rasanya cukup nikmat dan lezat dengan harga yang murah meriah.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar