Kamis, 07 Juni 2012

Pesawat Nomad TNI angkatan Laut Di Lamongan

-->
Di Kabupaten lamongan – Jawa Timur terdapat sebuah pesawat patroli  laut milik Tni Angkatan Laut. Pesawat terbang itu berada di alun-alun Tuban dan menjadi salah satu land mark wisata di Kota lamongan.


Pesawat dihibahkan oleh  TNI Angkatan Laut kepada warga Kota Lamongan, pada tgl 7 Januari 2009.


 Pesawat pengintai ini merupakan pesawat yang sudah tidak dapat digunakan lagi atau di-grounded dalam tugas operasional dan latihan TNI Angkatan Laut. 


Sebelumnya, TNI AL menggunakan pesawat ini dalam melaksanakan patroli pantai, dan tergabung dalam Skadron Udara 800 yang berpangkalan di Lanudal Juanda – Surabaya.




Pesawat  N-22 Nomad TNI AL yang bernomor lambung P.806 itu dibuat di Australia pada 1974. Bagian tubuh Pesawat dicat dengan warna abu-abu  yang memiliki panjang 12,5 meter, lebar 16,46 meter dan berat mencapai 2.676 kilogram.

---------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  









================================================================



Pada saat pesawat Nomad ini tiba di Lamongan, diangkut dengan menggunakan dua unit kendaraan besar. Bagian tubuh pesawat yang sebelumnya dalam keadaan terpisah  dan terdiri atas badan, sayap dan beberapa bagian kecil lainnya itu kemudian dirakit kembali.


Proses perakitan pesawat ini  dikerjakan oleh dua belas personel Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) yang dipimpin Mayor (Tek.) Widodo.



Usai perakitan, pesawat kemudian dinaikkan ke landasan monument dengan menggunakan crane.


Keberadaan monumen pesawat Nomad ini seakan melengkapi keindahan  Alun-alun Kota Lamongan. 


Selain itu juga diharapkan dapat mengingatkan dan menjaga nilai-nilai historis pesawat Nomad selama mengemban tugasnya di jajaran Penerbangan Angkatan Laut.


Selain di Lamongan, Monumen Pesawat Nomad seperti ini juga bisa dijumpai di kawasan dekat terminal baru Jombang dan di halaman museum Kota Probolinggo  


Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar