Kamis, 28 Juni 2012

Nuansa Horor Di Museum Kesehatan - Surabaya

Saat berkunjung ke Museum Kesehatan yang berada di Jalan Indrapura – Surabaya, ada suatu pengalaman yang cukup membuat bulu kuduk  Jelajah Nesia merinding.

Itu terjadi ketika sedang berada di salah satu ruangan museum.



Setelah membeli tiket , sebenarnya Jelajah Nesia ingin bisa ditemani oleh petugas museum yang sekaligus bisa memandu tentang koleksi museum. 



Namun karena petugas museum yang ada hanya  satu orang, sementara museum ini terdiri dari dari dua bangunan dengan beberapa ruangan dan saat itu sang petugas juga sedang sibuk memandu pengunjung di ruangan lainnya,  akhirnya Jelajah Nesia pun menikmati museum  itu tanpa pemandu.


Setelah menikmati benda-benda koleksi museum yang ada di  ruangan Sasana Sejarah Instansi kemudian berlanjut ke ruangan Sasana Peralatan Medis. Sesuai dengan namanya, di ruangan ini tersimpan koleksi berupa peralatan dan perlengkapan yang digunakan dalam dunia medis dan kedokteran.  


Koleksi di ruangan ini banyak yang merupakan benda – benda yang sudah kuno model dan bentuknya. Entah mengapa, berbeda dengan ruangan sasana sebelumnya, di ruangan ini sangat terasa sekali  aura dan nuansa yang sangat aneh laksana berada di dunia lain.


Bulu kuduk yang terus merinding  dan jantung yang berdetak lebih cepat seolah bisa merasakan aura dan nuansa yang terasa aneh itu. Saat berada di ruangan  ini, entah dari mana asalnya, secara perlahan kemudian tercium bau anyir yang amis.

Bau itu secara perlahan namun pasti kemudian terasa lebih kuat seperti ada sesuatu benda yang mengeluarkan bau amis itu berada dan mendekati Jelajah Nesia.


Sambil menahan bau yang cukup membuat perut terasa mual itu, Jelajah  Nesia berusaha untuk tetap tenang dalam menikmati koleksi museum dan melanjutkan  ke ruangan Sasana Flora dan Fauna.Berada di ruangan yang menyimpan benda-benda dari satwa dan tanaman yang telah diteliti dan diawetkan ini pun bau amis itu seolah terus mengikuti.

Nuansa mistis juga terasa kuat di ruangan ini karena selain ruangannya lebih luas juga terdapat  banyak bilik kamar yang bersekat-sekat dan menjadi tempat untuk memajang koleksi. Bentuk ruangan di dalamnya dan gaya bangunan museum yang kuno terasa ikut mendukung suasana  dan nuansa mistis itu. 


Setelah selesai menikmati koleksi-koleksinya , Jelajah Nesia kemudian berpindah ke bangunan museum lainnya yang disana ada petugas yang  sedang menadu pengnjung lainnya.
Pada petugas itu, Jelajah Nesia  sampaikan pengalaman yang dialami di ruangan museum yang satunya. Rupanya petugas museum itupun sudah tanggap dan maklum dengan apa yang terjadi.



Menurut petugas yang bernama Husnan (32) , di ruangan museum  itu memang sering terjadi hal-hal  yang aneh dan bahkan sering juga terjadi penampakan hantu dan makhluk gaib lainnya. Ia mengaku cukup sering berjumpa dengan penampakan makhluk dari dunia lain itu di sana.


Di ruangan museum itulah yang  juga sering menjadi lokasi pengambilan gambar untuk acara televisi yang berkaitan dengan Dunia gaib dan supranatural . Saat pengambilan gambar itu juga kerap  terjadi penampakan makhluk gaib  dan hal-hal yang aneh lainnya.
  
 Ternyata  di Museum Kesehatan ini tak hanya menyimpan benda-benda tentang dunia medis dan kesehatan. Namun di dalamnya juga ‘ menyimpan ‘  makhluk-makhluk alam  gaib yang  menjadi  penghuni  ruangannya.


2 komentar: