Minggu, 20 Januari 2013

Bebatuan Yang Indah Dan Bercahaya Di Lamongan

Batu itu tampak indah dengan berbagai bentuk dan warnanya. Kilau cahaya yang memancar dari bebatuan itu menambah pesona keindahannya. 

Tak salah jika banyak yang menganggap dan menjulukinya sebagai batu-batu yang bersinar dari Lamongan.


Batu-batu itu berada di Gua Maharani , kecamatan Paciran , Kabupaten  Lamongan – Jawa Timur, terdapat banyak batu yang berharga.
 
Batu-batu dalam berbagai bentuk itu tampak berkilauan dengan berbagai warnanya yang memukau.Ada batu jenis saphir, amethyst, jade (giok ),  dan sebagainya.
Sesuai dengan nama galerinya, batu-batu permata itu bisa dijumpai dalam wahana Gem Stone Gallery yang berada di kawasan wisata ini. 
Lokasinya berada di sebelah Gua Maharani. Sehingga begitu keluar dari dalam Gua Maharani, pengunjung tentu akan melewati wahana ini.
 
Batu-batu  itu memang cukup menarik. Koleksinya ditempatkan dalam etelase kaca dengan penataan  dan pencahayaan pada batu yang cukup bagus. 
Penggunaan lampu yang ditempatkan di bagian bawah batu berguna untuk  menguatkan tampilan pesona warna yang terkandung pada batu. Karena pada beberapa jenis batu mempunyai tampilan warna yang berbeda. Ada yang hanya berwarna biru, hijau, merah, oranye, ungu, pink, ataupun perpaduan dari berbagai warna dan sebagainya.
Ada juga jenis batu yang bening seperti Kristal yang tampak berkilauan karena pendar cahaya lampu di bagian bawahnya. Bahkan ada batu yang bentuk mirip batu Krypton dalam kisah Superman.

Batu-batu itu ditampilkan ada yang dalam keadaan masih alami, setengah di poles atau dipoles penuh untuk menampilkan kilau dan warnanya.

=======================================================================
Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :


Jenazah Utuh Walau Sudah Dimakamkan Puluhan Tahun 
Sisi lain Keindahan Di Gunung Bromo
Jejak Panser Yang legendaris Di Surabaya 
Kupat Ketheg yang Unik Dan Khas Di  Gresik 
Koleksi Keramik Kuno masa Dinasti Ming di  Di House of Sampoerna 


Menambang Uang Melalui Facebook dan Blog
Tips Jitu Untuk Meningkatkan Traffic Situs atau Blog  


OLeh-oleh Khas Tuban 

Merenda Kenangan Di Pantai Pasir Putih Situbondo
Budaya Minum Tuak Di Bumi Ronggolawe
Merajut Kenangan Indah Di Malioboro Yogyakarta

Busana Kerancang Betawi Yang Indah Dan Menawan 

Eksotisme Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Swastika Ala Nazi Di Kelenteng Kwan Sing Bio 
Nuansa Seram Dalam Ritual Sumpah Pocong
Mengenang Gus Dur Di Kelenteng Boen Bio
Menikmati Surabaya Dengan Surabaya Heritage Track 
Legenda Kwan Kong Di Kelenteng Kwan Sing Bio


Suharto, Hercules Bergigi Baja Dari Tuban  
Masjid Aschabul Kahfie Di Dalam Gua Yang Unik 
Megahnya Istana Kaisar Di Kelenteng Kwan Sing Bio
Nostalgia Masa Kecil Di Museum Anak Kolong Tangga

Ovi, Gadis Hulk Yang Perkasa Dari Tuban 
Menguji Nyali Di Tebing Watu Ondo
Mengenang Fenomena Aneh Gadis Kristal Di Tuban
Camilan Ampo Yang Terbuat Dari Tanah 
Ongkek Yang Langka Di Museum Kambang Putih Tuban 

Dinding Jebol Jejak Pelarian Pangeran Diponegoro
Foto Rongten Korban Santet Di Surabaya
Mobil Rolls Royce Kuno Milik Dinasti Sampoerna









================================================================
 
Selain batu-batu yang berwarna dan berkilauan, juga ada banyak  jenis batu lainnya. Koleksi batu-batu itu dilengkapi dengan keterangan tentang bentuk, ukuran, unsur, skala kekuatan batu, asal dan mitologi yang berkaitan dengan batu tersebut.
Seperti halnya Batu Lapis Lazuli ini. Dalam penjelasannya disebutkan bahwa batu yang berwarna biru  ini  terdiri dari unsur perpaduan antara  Sodium Aluminium dengan Sulfur, chlorine dan Hydroxil. Skala kekuatan  batu  5-6 dan berasal dari Pegunungan Kush yang berada di daerah Afganistan – Pakistan.
Sedangkan mitologinya, batu ini dalam ajaran agama Budha dipercaya bisa memberikan kedamaian hati, mengubah pikiran negative menjadi positif dan dapat menyembuhkan luka akibat digigit lular berbisa.  



Yang menarik, di wahana Gem Stone Gallery ini juga ditampilkan alat canggih Floor Luminescent Magnifier yang berguna untuk  melihat  batu dengan lebih jelas dan detai. 
 
Sayang sekali  peralatan itu tidak bisa digunakan oleh pengunjung dan juga tidak ditampilkan informasi tentang bagaimana cara penggunaannya.


Pada bagian etalase lainnya terdapat koleksi yang menampilkan bebatuan fosil dari berbagai benda seperti fosil ikan , fosil gigi satwa sepereti Mosasaur  dan sebagainya.
 
Menyimak koleksi  batu permata yang indah di wahana ini tentu bisa menambah wawasan dan pengetahuan untuk mengetahui tentang jenis  bebatuan. 
 
Siapa sangka , dari beberapa jenis bebatuan yang  bentuk luarnya tampak biasa dan sederhana itu ternyata memilki keindahan yang menawan dan luar biasa.

 

2 komentar: