Selasa, 08 Januari 2013

Wisata Pantai Yang Indah Di Bumi Ronggolawe


Panorama senja di pantai Panyuran itu tampak sangat menawan. Semburat warna tembaga yang berpadu dengan warna hitam benda-benda di sekitarnya menjadikan pemandangannya laksana lukisan alam yang tak bertepi.

Begitulah gambaran keindahan Pantai Panyuran yang berada di Kabupaten Tuban - Jawa Timur.Pantai itu merupakan salah satu pantai yang indah di daerah yang berjulukan sebagai Bumi Ronggolawe.

Sesuai dengan namanya, pantai Panyuran berada di Desa Panyuran - Kecamatan Palang, sekitar 5 km arah timur dari pusat kota Tuban. Di pantai ini kita bisa menikmati pemandangan pantai dengan deretan pohon kelapa. Selain itu juga bisa mencari kerang-kerang yang ada di bebatuan karang di tepi pantai.
Wisata pantai ini juga biasa digunakan sebagai tempat perkemahan bagi pelajar , mahasiswa dan umum dengan mendirikan tenda di hamparan pasir dan diantara pohon kelapa. Plus nuansa seram ala Dunia lain pada waktu malam hari karena tak jauh dari sana terdapat makam kuno.

Melanjutkan perjalanan ke arah barat tepatnya di pusat kota Tuban terdapat wisata pantai Boom yang juga tak kalah indahnya. 

Wisata ini berjarak sekitar 200 meter arah utara dari alun-alun kota Tuban. Tiket masuk wisata ini Rp 1500 per orang.

Di wisata ini terdapat taman dengan berbagai jenis tanaman. Selain itu juga terdapat aktifitas para nelayan dengan perahu-perahu tradisionalnya. Fasilitias penunjang seperti deretan gazebo bisa dinikmati oleh pengunjung sambil menikmati semilirnya hembusan angin laut.   

 
Yang menarik, di Pantai Boom juga terdapat sumber air  yang unik karena berasa airnya berasa tawar walau berada di tepi laut.

Wisata pantai berikutnya adalah Pantai Gerdu Laut yang berada di kawasan jalan RE. Martadinata atau sekitar 1 km arah barat dari alun-alun kota Tuban. Tak banyak ornamen dan bangunan yang terdapat di wisata pantai Gerdu laut yang gratis ini, selain hamparan pantai yang tenang dengan pasirnya yang berwarna abu-abu.

Berseberangan dengan pantai Gerdu Laut ini terdapat kompleks Kelenteng Kwan Sing Bio dengan berbagai kisah dan keindahan bangunannya.
 
  ---------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  
OLeh-oleh Khas Tuban 


Swastika Ala Nazi Di Kelenteng Kwan Sing Bio 
Nuansa Seram Dalam Ritual Sumpah Pocong
Mengenang Gus Dur Di Kelenteng Boen Bio
Menikmati Surabaya Dengan Surabaya Heritage Track 
Legenda Kwan Kong Di Kelenteng Kwan Sing Bio


Suharto, Hercules Bergigi Baja Dari Tuban  
Masjid Aschabul Kahfie Di Dalam Gua Yang Unik 
Megahnya Istana Kaisar Di Kelenteng Kwan Sing Bio
Nostalgia Masa Kecil Di Museum Anak Kolong Tangga

Ovi, Gadis Hulk Yang Perkasa Dari Tuban 
Menguji Nyali Di Tebing Watu Ondo
Mengenang Fenomena Aneh Gadis Kristal Di Tuban
Camilan Ampo Yang Terbuat Dari Tanah 
Ongkek Yang Langka Di Museum Kambang Putih Tuban 

Dinding Jebol Jejak Pelarian Pangeran Diponegoro
Foto Rongten Korban Santet Di Surabaya
Mobil Rolls Royce Kuno Milik Dinasti Sampoerna










================================================================

Sekitar 5 km ke arah barat dari Pantai Gerdu laut terdapat Wisata Laut Tuban yang untuk memasukinya dikenakan tiket Rp 5000 per orang yang belum termasuk karxis parkir kendaraan dan tarikan Rp 1000 yang tak jelas peruntukannya  di portal depan wisata.

Bagi saya sangat menyesal mengunjungi wisata pantai yang ada di kawasan Terminal Baru Tuban  ini. Selain tiket masuknya yang cukup mahal, tak banyak fasilitas yang bisa dinikmati. Kolam renang yang ada pun lebih banyak tanpa airnya. Sedangkan gazebo-gazebo yang ada juga tampak tak terawat dengan semak-semak dan tanaman liar.
  
Belum lagi dengan banyaknya pasangan kekasih yang bercumbu ria dengan mencari tempat-tempat yang sepi disana membuat suasana terasa sangat tidak nyaman , terutama bagi pengunjung yang datang bersama anak kecil.

Justru wisata pantai yang berdekatan  di sebelahnya yaitu wisata Pantai Tasikharjo lah yang menarik untuk dikunjungi. Selain gratis bagi pengunjung, disana kita bisa bermain pasir sambil berbasah ria dengan air pantainya.

 
Di kawasan wisata ini terdapat deretan pohon cemara udang yang daunnnya melambai-lambai laksana  mengundung pengunjung untuk datang dan menikmati pesona keindahannya.

Wisata pantai berikutnya adalah Pantai Sowan yang memiliki panorama pantai yang masih asri dan sangat indah. Pantai Sowan ini berada di kecamatan Bancar, sekitar 30 km ke arah barat dari pusat Kota Tuban.Untuk memasukinya dikenakan tiket masuk Rp 3000 per orang.

Selain tampak asri dengan beraneka jenis pepohonannya, pantai Sowan ini juga sangat indah karena memiliki kontur tanah yang berbukit-bukit. Bongkahan batu besar yang berwarna oranye di tepi pantai ini juga semakin menambah keindahannya.

Walau pantai Sowan ini tampak tenang dan bersahabat, tetapi bagi pengunjungnya tetap harus waspada ketika berada disana. Karena di pantai ini sudah beberapa kali  menelan korban pengunjungnya yang tenggelam di sana.
 
Entah karena faktor kelengahan atau karena faktor mistik akibat adanya nuansa misteri yang sangat kental disana plus beberapa makam lama.
 
Berkunjung ke Tuban, sempatkanlah diri Anda untuk berkunjung ke wisata pantai-pantai tersebut dan rajutlah kenangan yang indah disana bersama pasangan,  kekasih dan keluarga Anda.



2 komentar:

  1. Memang kalau berbicara masalah keindahhan pariwisata pantai tidak akan pernah ada habisnya sebab basti ciri khas antara daerah satu dengan yang yainnya akan berbeda - beda lihat aja pantai bulurejo dengan ciri pemandangan para nelayannya.

    BalasHapus