Minggu, 25 Maret 2012

Kisah 9 Gada Suci Di Kelenteng Kwan Sing Bio

-->

  Ruangan Sembilan Gada  Suci, begitulah nama salah satu ruangan dan bangunan  yang ada di kelenteng Kwan Sing BioTuban, Jawa Timur.

 

Ruangan yang berbentuk khas ala bangunan  Kelenteng  ini  berada di belakang bangunan utama kelenteng.
 
 Ruangan ini memiliki dua Taman yaitu   Taman Dua Naga  di bagian depan yang sering digunakan sebagai spot  oleh pengunjung kelenteng  untuk Berfoto ria. Sedangkan di sebelah kirinya  terdapat taman dengan banyak ornamen  patung berbentuk satwa seperti kelinci, Kuda,  Sapi, dan sebagainya.


 Di halaman depan ruangan tampak ornament   ‘ Penjaga ‘  berbentuk patung sepasang  harimau  dengan hiasan Relief Burung di bagian bawahnya.
 

Ruangan Gada Suci berada di dalam etalase kaca. Di dalamnya  tersimpan Patung Dewa Kwan Kong  yang terbuat dari berbagai bahan dan  ukuran. Selain itu juga disimpan Panji-Panji Kebesaran Dewa Kwan Kong dan Panji-panji Kelenteng Kwan Sing Bio serta  peralatan Barongsai dan Liong.

Di bagian tengah  di depan ruangan  terdapat patung Dewa Kwan Kong  dengan  membawa panji-panji kebesaran  dan mengendarai kuda sedang menghunus   Tombak panjangnya .
 Kwan Kong adalah Dewa yang dipuja dan dihormati di Kelenteng Kwan Sing Bio.

Disamping dipuja sebagai lambang kesetiaan dan kejujuran, Kwan Kong dipuja sebagai Dewa Perang, Pelindung Perdagangan, Dewa Pelindung Kesusastraan dan Dewa Pelindung rakyat dari malapetaka peperangan yang mengerikan. 
 
Ruangan ini dikelilingi dan dijaga oleh  ornamen  berbentuk patung para  Pembesar dan pengikut setia Kwan Kong. 
 
   Di sebelah barat  tampak pembesar  yang menilik dari  bentuk  Pakaiannya sepertinya mereka adalah sesepuh dan penasehat Kwan Kong. Mereka itu  adalah :
Tju Kat Liang



 Bang Thong

 Hoat Tjeng
  
Kho Tjing
Sedangkan di sebelah timur terdapat patung yang dari menilik dari bentuk pakaian yang dikenakannya menunjukkan mereka bertugas dalam bidang pertahanan, pertempuran  dan keprajuritan. 
Mereka adalah :
 
Thio Hwie

 
 
Tio Tju Liong
 

Oei Tiong

  Ma Tjauw
 
Yang menarik dan mengagumkan, ornament berbentuk patung dan satwa itu sangat ekspresif dengan detail dan ukuran yang realis dan  seperti aslinya. Permainan warnanya juga serasi yang menunjukkan  begitu ahlinya para  pembuat patung , Relief dan ornamen-ornamen itu.
 
  Bagi pengunjung kelenteng yang paham tentang Sejarah Legenda Tiongkok, tentu  bisa tahu tentang sosok Kwan Kong dan tokoh-tokoh pembesar yang menyertainya.  Tapi tidak demikian halnya dengan pengunjung yang masih awam , tentu merasa bingung apa, siapa  dan bagaimana tentang mereka. 
  

Sayangnya ,  di ruangan ini  tidak terdapat tulisan dan penjelasan tentang Kwan Kong dan para Tokoh pembesarnya itu.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar