Jumat, 30 Maret 2012

Selaksa Tanya Di Taman Budaya Jogjakarta


Ketika berkunjung ke Jogjakarta dan melintasi Jalan Sri Wedari, ada sebuah Bangunan bertingkat yang cukup besar dan Megah
  Bangunan itu bercat putih dengan kombinasi Warna abu-abu dan coklat. Sekilas Arsitekturbangunannya mengingatkan pada gaya ala bangunan Kolonial.  Terasa  nuansa dingin,  dan sunyi.
 
Namun ketika melangkahkan kaki memasuki Gedung  itu, baru terasa  nuansa  hangat dan tenang.  
 Karena ternyata di dalam ruangan pada bangunan ini  terdapat Pajangan benda-benda seni karya para seniman di Jogjakarta. Bangunan itu bernama Taman Budaya Yogyakarta.
   Taman Budaya Jogjakarta ini memiliki  misi  untuk memberikan ruang kreatif bagi seniman dan budayawan untuk mempresentasikan karya kreatif dan pemikiran mereka.  



 

 Selain itu juga menjadi suatu Pusat laboratorium pengembangan dan pengolahan seni, dokumentasi dan informasi seni budaya. 
  
Dalam salah satu eventnya, tampak  di Ruangan tanpa sekat itu terpajang karya-Karya Seni dengan  mengeksplorasi  media Kayu , kawat , tali atau perpaduan diantaranya  dengan  menggunakan permainan  warna atau natural. 
 
  Bagi orang awam  parade karya seni itu terasa  cukup susah untuk membaca makna yang ditampilkan dari setiap karya seni itu.
 
  Seolah memberi Selaksa Tanya dan penasaran ketika melihat dan menyimaknya.
  
Namun di sisi lain, justru di situlah letak kebebasan  untuk memaknai dan mengapresiasinya. 
  Hal ini selaras dengan salah satu tujuan Taman Budaya ini untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan masyarakat dalam mengapresiasi seni  dan budaya.
 
  Pada lantai dua bangunan Taman Budaya ini terdapat Museum Anak Kolong Tangga  yang menyimpan beragam permainan anak-anak baik yang Kuno maupun Modern.
Mengingat koleksi museum itu cukup mengagumkan, tentunya sangat sayang sekali ketika  berkunjung  ke Jogjakarta tidak menyempatkan diri untuk mengunjungi Museum Anak Kolong Tangga ini.
Di bagian belakang Museum Anak Kolong Tangga terdapat Ruangan  yang cukup representative  untuk berlatih dan pentas kesenian bagi Warga Jogjakarta.
 
Terwujudnya Taman Budaya Yogyakarta ini sebagai  salah satu jendela Jogjakarta menuju pusat budaya terkemuka di tingkat nasional dan internasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar