Senin, 08 Juli 2013

Jejak Tank PT-76 Milik Marinir di Museum Probolinggo

Tank itu tampak cukup bersih dan terawat dengan baik. bagi yang tidak mungkin menganggap tank itu masih cukup baru kondisinya. 

Begitulah kesan yang saya jumpai pada koleksi kendaraan tempur ini di Museum Kota Probolinggo - Jawa Timur.Di museum yang berada di Jalan Raya Suroyo ini kita bisa menjumpai sebuah tank milik Marinir - TNI Angkatan Laut  yang ditempatkan di halaman depan museum.

Tank marinir itu merupakan salah satu koleksi museum ini yg ditempatan dalam halaman terbuka bersama dengan pesawat NOMAD TNI Angkatan Laut dan lokomotif kuno .


Karena keistimewaan dari koleksi museum yang tidak biasa itu, tank marinir ini sering menjadi obyek favorit untuk berfoto ria.

Tank itu bertype  Plavayushchiy Tank-76 (PT-76),yang  merupakan jenis tank amfibi ringan buatan Rusia. Angka 76 yang melekat pada namanya bukan menunjukkan tahun pembuatannya. Tetapi itu  menandakan ukuran meriam asli tank tersebut, yakni 76,2 mm. Tank ini sudah diproduksi massal pada dasawarsa 50-an.


Indonesia  mulai mendatangkan alat utama sistem persenjataan ini sejak tahun 1962 dan dioperasikan oleh Batalion Panser Amfibi Korps Komando Angkatan Laut (KKO AL), atau yang sekarang dikenal sebagai Batalion Kendaraan Pendarat Amfibi Korps Marinir TNI Angkatan Laut.


Kala itu, dipakai untuk memperkuat angkatan perang Indonesia yang sedang berkonfrontasi di wilayah Papua dalam rangka operasi Trikora.

Pada perkembangan selanjutnya, PT-76 secara aktif dilibatkan dalam berbagai kegiatan operasi keamanan di dalam negeri dan operasi militer.Diantaranya adalah Operasi Dwikora (1964–1965) di perbatasan Indonesia–Malaysia dan Operasi Seroja (1975– 1979) di Timor Timur.





Dengan mulai berdatangannya tank amphibi BMP-3F dari Russia pada beberapa bulan yang lalu,  maka masa pengabdian sang legenda di Korps Marinir ini pun  berakhir. 


Tank ringan yang mulai di datangkan oleh pemerintah menjelang digelarnya Operasi Trikora ini memang sangat identik dengan Korps Marinir.



Hal ini karena di semua operasi militernya Marinir memang hampir selalu membawa serta tank  PT-76



 Melalui museum Kota Probolinggo ini kita bisa mengetahui dan menyimak  sebuah jejak 
 dari kendaraan tempur yang legendaris ini.









Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 



di Link berikut ini :





Break Session :



Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
 
 
 

Eksotisme Wisata Air Terjun Sri Gethuk


Swastika Ala Nazi Di Kelenteng Kwan Sing Bio 
Nuansa Seram Dalam Ritual Sumpah Pocong
Mengenang Gus Dur Di Kelenteng Boen Bio
Menikmati Surabaya Dengan Surabaya Heritage Track 
Legenda Kwan Kong Di Kelenteng Kwan Sing Bio

Suharto, Hercules Bergigi Baja Dari Tuban  
Masjid Aschabul Kahfie Di Dalam Gua Yang Unik 

Megahnya Istana Kaisar Di Kelenteng Kwan Sing Bio
Nostalgia Masa Kecil Di Museum Anak Kolong Tangga

Ovi, Gadis Hulk Yang Perkasa Dari Tuban 
Menguji Nyali Di Tebing Watu Ondo
Mengenang Fenomena Aneh Gadis Kristal Di Tuban
Camilan Ampo Yang Terbuat Dari Tanah 
Ongkek Yang Langka Di Museum Kambang Putih Tuban 

Dinding Jebol Jejak Pelarian Pangeran Diponegoro
Foto Rongten Korban Santet Di Surabaya
Mobil Rolls Royce Kuno Milik Dinasti Sampoerna








Tidak ada komentar:

Posting Komentar