Selasa, 05 Maret 2013

Inspirasi Untuk Blogging Dari Penulis Terkenal

Ada banyak penulis terkenal di nusantara dengan karya-karya tulisannya yang bagus dan berkualitas. Membaca karya mereka dalam bentuk artikel di buku, media cetak dan sebagainya teryata bisa menjadi inspirasi  untuk menulis.

Banyak hal yang bisa kita pelajari melalui tulisan mereka, Baik dalam hal ide, gaya bertutur, cara merangkai kalimat dan yang lainnya.

_____________________________________ 
____________________________________

Selain bisa menambah wawasan, juga membantu  dalam membuat tulisan yang dituangkan dalam blog. Tentu sesuai dengan bidang dan selera yang diminati oleh Blogger.

Tentu tak mudah untuk menjadi penulis besar dengan karya tulisan yang mencapai berlermbar-lembar halaman. Bagi blogger, khususnya bagi blogger pemula, dengan menuliskan hal-hal yang sederhana tapi menarik dalam satu-dua halaman saja dengan dilengkapi foto-foto atau ilustrasi yang berkaitan plus meniru cara bertutur dan bahasa mereka, saya rasa itu sudah cukup .

 Diantara para penulis terkenal, berikut ini adalah penulis yang selama ini menjadi inspirasi saya dalam menulis di Blog. Salut dan kagum saya senantiasa mengalir untuk mereka.

1. Andrea Hirata

Sebelumnya saya tidak tahu siapa sosok yang bernama Andrea Hirata ini. Tetapi sejak Booming dan mengorbitnya Novelnya yang berjudul Laskar Pelangi, saya tertarik untuk membaca dan mengetahui apa sih yang menarik dalam novel itu sehingga ada banyak pujian untuk sang penulisnya.

Setelah membaca novel itu dan novel-novel lainnya yaitu Sang Pemimpi, Edensor, Maryamah Karpov dan sebagainya, saya kemudian juga mengacungkan dua jempol padanya. Menyimak tulisannnya itu saya terkesan dengan gaya bahasanya yang mengalir ringan dengan deskriptif. Tak jarang dia menyelipkan cerita jenaka dalam kisahnya.

Membaca berbagai kisah dalam novelnya itu seakan membaca pembacanya larut cerita dan merasakan menjadi bagian dalam cerita itu sendiri. Betapa tidak, seolah pembaca bisa ikut merasakan keriangan yang dialami oleh Ical dan kawan-kawan bermainnnya di Pulau Belitung nan indah.

Atau bisa juga merasakan saat Ical, Lintang  dan yang lainnya sedang dirundung duka dan nestapa. Semuanya seakan bisa melarutkan dalam suasana yang mengharu biru saat membaca novel itu. Begitu piawainya Andera Hirata dalam merangkai kalimat-kalimatnya sehingga kisah novelnya seakan  hidup dan  begitu nyata 

Tak hanya novel-novelnya saja yang menarik, cerita pendek yang ditulisnya di media cetak seperti surat kabar dan majalah juga tak luput menjadi target bacaan saya.

2. Gola Gong 
 

Untuk nama yang sau ini mungkin masih banyak yang merasa asing pada saat ini. Tetapi pada era tahun 1990an, nama Gola Gong sangat populer sebagai penulis produktif. Karya tulisannya banyak bertebaran di media cetak, utamanya yang berbasis pembaca dari kalangan remaja seperti Majalah HAI, GADIS,  Anita Cemerlang  dan sebagainya.

Puluhan novelnya banyak yang menjadi best seller. Diantaranya yang fenomenal adalah novel serial balada Si Roy.

 Novel itu berisi kisah nyata yag dialami oleh pemuda yang bernama asli Herry Hendra Haris itu. Tentu saja ada beberapa bumbu tambahan agar kisahnya menjadi lebih menarik.

Saya sangat terkesan sekali dengan tulisannya. Bahkan saya dan kakak perempuan saya saat itu bahkan sering patungan uang untuk bisa membeli serial novel balada Si Roy itu di toko buku yang ada di kota saya.

Ada juga serial tulisannya yang dimuat di majalah Anita Cemerlang. Tulisan itu berisi kisah dan perjalan Gola Gong dalam menjelajah dan melintasi negara-negara di kawasan ASEAN dengan bersepeda.
  
Menariknya, biaya dalam perjalanan dan liputan itu berasal dari honor tulisannya yang dimuat di Majalah Anita Cemerlang. Hebatnya lagi, semua itu dilakukan oleh Gola Gong dalam keterbatasan fisiknya karena tidak memiliki tangan yang sempurna pada tangan kirinya.

Ada hal yang mengesankan lainnya. Pernah dalam kisah nyata perjalanannya  itu , Gola Gong  berpetualang dan menjelajah berbagai daerah di nusantara dan mancanegara ala Back Packer dengan menikmati apa yang ada. 

Tidur menginap bersama di rumah warga, masjid, mushola dan sebagainya biasa dia lakukan. Begitu juga ketika naik kendaraan dengan menumpang truck dan  kendaraan lainnya yang melintas juga hal yang sering dia lakukan. Baginya segala suka dan duka yang dia alami itu  justru menjadi bagian kisah yang menarik dalam tulisan dan kisah perjalanannya.  
 

Kisah tentang Gola Gong dan si Roy itu bisa Anda baca lebih lanjut di www.baladasiroy.wordpress.com
 


=======================================================================

Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :

Menambang Uang Melalui Facebook dan Blog
Bisnis Online Modal Rp 10 Ribu
OLeh-oleh Khas Tuban 

Misteri Masjid Jin Yang Indah dan Megah

Wisata Religi Ke Pura Di Jawa Timur  

Masjid Muhammad Cheng Hoo Yang Berhias Lampion 

Keunggulan Bergabung dan Menulis di Vlog - Vivanews   

Jejak Tragedi Gerbong Maut Di Museum Brawijaya

 
Jejak Kebesaran Sunan Giri Di Gresik
Mahkota Emas Kerajaan Dan Kesultanan Di Nusantara





Patung Budha Yang Indah dan Unik Di Jawa Timur 
Kelenteng Dengan Lukisan Kuno Yang Indah  
Jejak Budaya Masa Lampau Di Makam Sunan Bonang


Gereja Yang Indah Dan Unik Di Jawa Timur 

Eksotisme Wisata Air Terjun Sri Gethuk



Swastika Ala Nazi Di Kelenteng Kwan Sing Bio 
Nuansa Seram Dalam Ritual Sumpah Pocong
Mengenang Gus Dur Di Kelenteng Boen Bio
Menikmati Surabaya Dengan Surabaya Heritage Track 
Legenda Kwan Kong Di Kelenteng Kwan Sing Bio

Suharto, Hercules Bergigi Baja Dari Tuban  
Masjid Aschabul Kahfie Di Dalam Gua Yang Unik 


Megahnya Istana Kaisar Di Kelenteng Kwan Sing Bio
Nostalgia Masa Kecil Di Museum Anak Kolong Tangga

Ovi, Gadis Hulk Yang Perkasa Dari Tuban 
Menguji Nyali Di Tebing Watu Ondo
Mengenang Fenomena Aneh Gadis Kristal Di Tuban
Camilan Ampo Yang Terbuat Dari Tanah 
Ongkek Yang Langka Di Museum Kambang Putih Tuban 

Dinding Jebol Jejak Pelarian Pangeran Diponegoro
Foto Rongten Korban Santet Di Surabaya
Mobil Rolls Royce Kuno Milik Dinasti Sampoerna







================================================================
  















Tidak ada komentar:

Posting Komentar