Minggu, 20 Mei 2012

Mushola Unik Di Dalam Gua Akbar

 Gua Akbar adalah salah satu gua yang berada di Kabupaten Tuban - Jawa Timur. 


 Gua yang menjadi salah satu  destinasi  wisata unggulan di Bumi Ronggolawe ini cukup menarik untuk dikunjungi karena memiliki  banyak lorong dan relung gua yang panjang dan luas.


 Berbagai bentuk Stalaktit,  stalakmit dan ornamen khas gua lainnya bisa dijumpai di gua ini.
 

 Yang menarik, di Gua Akbar terdapat sebuah mushola yang cukup unik karena lokasinya yang berada di dalam gua.  


Tempat ibadah umat Muslim  yang diberi nama Mushola Akbar ini letaknya di lorong  sebelum  keluar dari dalam gua Akbar. Karena itu, banyak pengunjung  Gua Akbar yang setelah mengelilingi Gua ini kemudian menyempatkan diri beribadah di mushola Akbar. 
 Seolah untuk  merasakan dan melengkapi nikmatnya pengalaman berwisata di Gua Akbar.


Karena berada di dalam gua, mushola ini pun dindingnya masih Alami  berupa stalaktit dan stalakmit dalam berbagai bentuk yang beberapa diantaranya senantiasa meneteskan Air. Pada beberapa bagian dalam mushola ini dilengkapi dengan lampu penerang dengan pendar sinar dan cahayanya yang artistik.

 

Untuk kenyamanan pengunjung yang beribadah, pada Lantai mushola telah dikeramik dan pada langit-langitnya juga diberi atap tambahan.
 --------------------------------------------------------------------------------------------------
Break Session :
 
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
 

 
 
 

=================================================================
Di depan mushola Akbar terdapat relung gua yang sangat  luas dengan terdapat 1 set meja kursi terbuat dari akar Kayu jati. Di relung gua itu biasanya digunakan untuk beristirahat para pengunjung gua atau untuk  menanti rekan dan keluarganya yang sedang beribadah di dalam mushola.


Mushola Akbar ini sendiri cukup luas juga. Bila sedang berkunjung ke sana dan tidak cermat melihat Papan Nama nya atau menolehkan pandangan ke sebelah kiri saat melintasi lorong gua yang terakhir sebelum keluar dari dalam gua,  bisa jadi  pesona unik dan keindahan Mushola Akbar ini  akan terlewatkan begitu saja.


Pasalnya, selain papan namanya yang terbuat dari papan kayu berukuran kecil, juga karena lokasinya yang seolah tersembunyi di lorong di balik Gerbang ' batu ' alami gua.


Mushola Akbar ini laksana menjadi duet unik yang bisa dijumpai di Tuban di samping Pesona Masjid Unik Aschabul Kahfie di Dalam Gua yang juga berada di Kecamatan Semanding, sekitar 2 km arah timur dari Gua Akbar.














3 komentar: