Selasa, 15 Mei 2012

Pesona Keindahan Pantai Sowan di Tuban

Kabupaten Tuban memiliki banyak kawasan pantai dengan panorama yang indah dan menawan.

Salah satunya adalah Pantai Sowan yang berada di Desa Bogorejo ,  Kecamatan bancar, sekitar 35 km arah barat dari pusat kota.


Pantai  yang menjadi salah  satu destinasi wisata di Tuban ini berada di areal yang sangat luas milik Perhutani daerah setempat.


Untuk menuju ke Pantai Sowan cukup mudah karena berada tak jauh dari jalur Pantura yaitu Jalan Raya Semarang – Surabaya dengan banyak angkutan umum yang melewatinya.


Untuk memasuki wisata ini dikenakan tiket masuk Rp 3000/orang.


Berada di Pantai Sowan, pengunjung bisa menikmati panorama ala pantai dengan banyak perahu dan aktifitas nelayannya.



Kontur tanah di sekitar pantai bergelombang seperti bukit. Banyak terdapat pohon dengan jenis tertentu yang oleh warga setempat disebut dengan Tapis. 
Banyak warga yang  memetik buah Tapis yang  berbentuk seperti asam itu dengan galah  karena  ternyata bisa bermanfaat sebagai campuran untuk sayuran. 

Caranya dengan  mengumpulkan dan mengecambahkan biji Tapis yang telah kering. Kecambah biji Tapis yang  disebut Ale itu kemudian dimasukkan ke dalam sayuran untuk memberi sensasi rasa tertentu yang nikmat.Ale itu sendiri biasa jual dengan harga Rp 8000/kg.




Pada bulan-bulan tertentu, di sekitar pantai Sowan banyak terdapat warga yang turun ke pantai untuk memanen semacam ganggang berwana hijau untuk   digunakan sebagai lalapan atau keperluan lainnya.


Suasana di sekitar pantai tampak hijau dan asri. Di tengah semilirnya hembusan angin dan di bawah naungan pepohonan, sungguh terasa sangat mengasyikan menikmati wisata pantai dengan ombaknya yang tenang ini.


Apalagi di pantai ini   juga terdapat  pasir putih dan banyak bongkahan batu besar berwarna orange yang semakin menambah pesona  keindahannya. 


 Walau tampak tenang,  pengunjung diharapkan tetap berhati-hati dalam bertindak dan berbicara ketika berada di Pantai Sowan ini. Terlebih pada bulan Januari 2012 yang lalu di Pantai Sowan ini menelan korban yang meninggal dunia ketika berada di  sana.

Selain itu, di wisata Pantai Sowan yang juga menjadi Bumi Perkemahan ini  juga banyak terjadi kasus kesurupan atau kerasukan yang dialami oleh pengunjung. 


 Entah itu karena faktor kelalaian  pada diri korban, lingkungannya yang masih bernuansa mistis dan magis, faktor adanya dua makam  ( entah makam siapa ) di sekitar lokasi atau faktor lainnya.

Karena pesona alam dan lingkungannya yang indah dan masih alami itu menjadikan Pantai Sowan ini tampak berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Tuban.











Tidak ada komentar:

Poskan Komentar