Selasa, 01 Mei 2012

Harimau Di Kelenteng Kwan Sing Bio

Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban memang beda dengan Kelenteng lainnya.  Ada banyak hal yang Unik dan Istimewa di kelenteng yang berada di  menghadap Laut Jawa ini.


Selain karena bentuk dan ciri Khas bangunannya, juga karena di kelenteng ini terdapat seekor Harimau.


Harimau sepanjang sekitar 2 meter dan berbulu putih itu berada di Ruangan Altar Tri Nabi yang terletak di sebelah barat bangunan utama kelenteng Kwan Sing Bio.


Sayang, harimau sumbangan dari salah satu umat kelenteng Kwan Sing Bio  itu sudah tidak bisa bergerak lagi karena merupakan binatang yang sudah diawetkan dan disimpan dalam etalase kaca. Posisinya berada di tepat di sisi kanan  belakang Pintu masuk ruangan Altar Tiga Nabi yang berbentuk ruangan.


Ruangan Altar Tri  Nabi berukuran sekitar 5 x 10 meter dengan Dinding luar berwarna Merah dengan  Motif seperti  motif pada teka-teki silang. Pada dinding luarnya terdapat ornamen bergambar Naga.


Pintu masuk ruangan ini  berbentuk lingkaran yang tepinya berwarna putih.  Di kanan dan kiri pintu masuk terdapat Ciok Say yaitu ornamen berbentuk  sepasang  Singa yang terbuat dari batu.


Di bagian atas pintu masuk terdapat papan nama yang bertuliskan Altar Tri Nabi dengan Lambang Tri Dharma  yaitu Swastika, Yin Yang dan Genta Rohani dengan kaligrafi bertuliskan huruf China.


Di depan pintu masuk ini terdapat petugas yang membantu umat Tri Dharma ( Budha, Tao dan Khong Hucu ) yang hendak beribadah di altar Tri Nabi.


Selain harimau yang sudah diawetkan, di ruangan Tri Nabi terdapat altar dengan perlengkapan ibadahnya seperti lilin, dupa, hio, yuswa dan sebagainya. 


Juga terdapat arca dan foto Tri Nabi yaitu  arca Budha Gautama ( Budha ) , Nabi Khong Co  ( Khong Hu Cu ) dan Nabi Lao Zi atau Lao Tze ( Tao )



Ada juga hiasan sebuah lukisan kuno terpasang pada dinding ruangan yang sayangnya tidak begitu jelas bagaimana bentuk dan maksud lukisan kuno itu.Apalagi bagi pengunjung yang bukan umat Tri Dharma tidak diijinkan  memasuki ruangan ini.


Selain sebagai tempat beribadah umat Tri Dharma, Altar Tri Nabi di Kelenteng Kwan Sing Bio  ini juga  menambah wawasan  tentang  Tri Dharma bagi pengunjung kelenteng ini lainnya.

Free Trial 41.000 Movies  + TV  Episode = Amazon Prime 

======================================================================

Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 

Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

=====================================================================





 ====================

===============

Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :





3 komentar:

  1. wawwww... serem gan harimaunya, tapi bagus juga buat menjelajah indonesia

    By : Catatan Google

    BalasHapus
  2. Salam kenal,

    Info-nya bagus2 banget, thanks...
    Tukaran link yuk di :
    http://parkirgratis.com/get-in-touch/link-exchange

    BalasHapus