Selasa, 29 Mei 2012

Batu-batu dan Relung Unik di Gua Akbar

Gua Akbar Tuban memang cukup menarik untuk dikunjungi karena  memiliki lorong dan relung gua yang cukup luas dan panjang.


 Berbagai bentuk stalakmit dan stalakit, pendar sinar dan cahaya di dalam gua ini juga menjadi panorama yang mengesankan.


Di Gua ini juga terdapat sebuah mushola yang unik karena berada di dalam gua.
Tak hanya itu keunikannya.Di Gua Akbar ini juga terdapat beberapa batu alami yang bentuknya mirip seperti satwa dan bentuk lainnya. Batu-batu itu memiliki nama tersendiri sesuai dengan bentuknya.


Diantaranya adalah Sela Sardula yang berarti Batu Anjing karena bentuknya menyerupai satwa anjing.Batu yang bentuk hewan anjingnya tampak dari moncong, kepala dan kaki anjing  ini berada di tepi jalur berpagar besi yang dilintasi oleh pengunjung Gua Akbar. 


Karena letaknya yang berada di bagian atas dengan cahaya yang remang-remang, seringkali keberadaan Sela Sardula tidak diketahui oleh pengunjung dan dilewatkan begitu saja. 


Selain itu juga terdapat Sela Turangga ( Batu Kuda ) yaitu sebuah batu yang berbentuk seperti kuda.Namun ketika mengamati batu ini ada juga pengunjung yang berimpresi dengan mengatakan bentuknya seperti buaya. Batu ini juga berada di tepi jalur lintasan pengunjung dan mudah dijumpai keberadaannya karena lokasinya yang cukup terang.


Tentu hal ini adalah kembali pada kebebasan para pengunjung gua untuk berimpresi sesuai dengan fantasi dan imajinasinya.
 --------------------------------------------------------------------------------------------------
Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :

Jenazah Utuh Walau Sudah Dimakamkan Puluhan Tahun 
Sisi lain Keindahan Di Gunung Bromo

Jejak Panser Yang legendaris Di Surabaya 

Kupat Ketheg yang Unik Dan Khas Di  Gresik 

Koleksi Keramik Kuno masa Dinasti Ming di  Di House of Sampoerna

 

 
 

=================================================================
Ada juga Sela Prapen Mpu Supa ( Batu Perapian Mpu Supa ). Mpu Supa adalah ahli pembuat keris yang hidup pada masa lampau era kerajaan-kerajaan di Tanah Jawa. Entah apa hubungannya Mpu Supa dengan Gua Akbar, yang jelas pemberian nama Prapen Mpu Supa itu karena bentuk batu dengan beberapa lubang besar di sisi-sisinya itu diimajinasikan sebagai tempat perapian untuk membuat dan membakar bilah keris.


Yang paling menarik adalah Pertapan Kori Sinandi yang berarti Pertapaan dengan Ruangan Rahasia.Banyak pengunjung yang tidak menyangka di balik batu-batuan gua yang terletak  sekitar 3 meter dari jalur lintasan  Gua ternyata terdapat lubang dengan ukuran sekitar 50 x 50 cm.
 

Karena begitu sempitnya lubang masuk itu ,  hanya pengunjung yang berbadan kurus atau ramping saja yang bisa melewati lubang itu dan memasuki ruangannya. Untuk memasukinya harus dengan menunduk dan berhati agar tidak terbentur dengan batu-batu  yang ada di atasnya.Di balik lubang itu ternyata juga terdapat ruangan yang luasnya hanya bisa menampung 3 orang dewasa. 

  
Konon, menurut legenda yang berkembang di warga Tuban,  ini pada masa Gua Akbar ini belum dibersihkan, dibangun  dan dikembangkan sebagai tempat wisata, Pertapan Kori Sinandi ini digunakan sebagai tempat tinggal dan tempat besembunyi seorang bandit kelas kakap di Tuban.


Bandit itu sendiri konon saat ini masih hidup namun kehidupannya sudah berubah dengan tidak  lagi menggeluti dunia hitam dan kelamnya.
 

Adanya batu-batu yang bebentuk unik dan relung yang unik  dengan berbagai kisahnya itu  semakin menambah pesona kisah dan keindahan Gua Akbar .









Tidak ada komentar:

Posting Komentar