Kamis, 22 November 2012

Indahnya Ornamen Klasik Di Gereja Puh Sarang


Gereja Santa Maria di Puhsarang , Kediri - Jawa Timur sangat unik dan menarik. Bentuk dan arsitektur bangunan dengan berbagai ornamennya yang klasik itu membuatnya menjadi salah satu  gereja dengan bangunan yang unik dan khas di nusantara. 

Selain formasi susunan bebatuan sungai  yang menjadi unsur bangunannya, di gereja ini kita bisa mneyimak berbagai ornamennya yang juga tak kalah menariknya.

  -----------------------------------------------------------------------------------------------------
Artikel menarik  Lainnya tentang Gereja Puhsarang ini bisa Anda baca dengan Langsung KLIK LINk-LINK berikut ini :


Wisata Religi Di Gua Maria Lourdes Puhsarang
Jalan Salib Bukit Golgota Di Puhsarang
Makam Katolik Mausoleum Pieta Di Puhsarang
Gereja Batu Yang Unik Di Puhsarang

------------------------------------------------------------------------------------------------------

Gereja ini memiliki bentuk atap yang serba melengkung. Atap yang menggunakan genteng dari tanah liat itu  itu  pada bagian puncaknya  terdapat ornamen yang berbentuk empat kerucut yang menghadap ke empat arah mata angin.

 Di bagian tengah puncak itu tedapat ornamen berbentuk Salib yang berwarna emas.

Di bagian bawah bangunan terdapat bagian jendela dan penopang bangunan yang pada awalnya dulu menggunakan bambu dan kayu tapi saat ini telah diganti dengan menggunakan besi yang kokoh.Bentuk jendela dan penopang itu juga cukup unik.

Pada halaman luar di sisi kanannya terdapat susunan bebatuan sungai yang mebentuk seperti ruangan di dalam gua. Ruangan itu merupakan ruangan khususyang terdapat altar di dalamnya. 



Di sisi kanan gereja ini juga terdapat bangunan serupa.Di dalam ruangan semacam gua ini terdapat ornamen berupa Patung Bunda Maria yang berhias rangkaian tulisan yang mebentuk lingkaran. Rangkaian bunga juga ikut menghiasinya.
 

Tulisan di atas kuningan dengan menggunakan bahasa Jawa ejaan lama: Iboe Maria ingkang pinoerba tanpa dosa asal, moegi mangestonana kawoela ingkang ngoengsi ing Panjenenengan Dalem.  

atau dalam bahasa Indonesia berarti : Bunda Maria yang terkandung tanpa dosa asal, semoga berkenan merestui aku yang datang berlindung kepada Engkau

Masih di halaman luar gereja terdapat tiga pintu masuk yang gerbangnya juga terbuat dari susunan batu sungai yang berbentuk bulat dan berwarna hitam.

Sedangkan pada dinding-dinding pagar yang mengelilinginya terdapat ornamen berupa relief-relief dari tanah liat yang menggambarkan kisah tentang Yesus Kristus.
 ---------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================
 Memasuki ruangan daslam gereja terdapat hamparan karpet merah dan meja yang berhiaskan rangkain bunga segar. Rupanya selain untuk kebaktian, di gereja ini juga digunakan untuk pemberkatan pasangan pengantin yang menikah.

Pada dinding depan gereja ini berhias ornamen-ornamen yang juga terbuat dari tanah liat berupa susunan batu-bata dan relief-relief yang menggambarkan kisah Yesus Kristus dan ornamen-ornamen berbentuk motif ukir-ukiran.

Ornamen berbentuk patung yesus Kristus berada pada sisi kanan dan patung Maria sedang menggendong anak kecil berada dfi sisi kirinya. Alat musik tradisional dalam budaya Jawa yaitu Gong juga ada disana.

Di gereja inilah diadakan kebaktian yang dilakukan secara lesehan namun tetap heninhg, khusyuk dan khidmat.

Yang menarik adalah adanya ornamen berbentuk salib di bagian atas ruangan gereja ini. Ornamen itu terbentuk dari susunan genting kaca bening yang tembus cahaya dan memberi kesan cukup indah.dan dramatis.

Bagi umat Kristiani, berkunjung ke gereja Santa Maria dengan berbagai keunikannya  ini bisa menjadi alternatif wisata religi dan rohani yang bisa meningkatkan iman mereka.


Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :


 















Tidak ada komentar:

Posting Komentar