Senin, 12 November 2012

Semaraknya Parade Juang 2012 Di Surabaya


Suara rentetan senapan dan teriakan-teriakan yang menggelorakan semangat perjuangan dan perlawanan terdengar  pada sore itu. Beberapa pria yang merupakan pasukan dari tentara Sekutu dan tentara Gurka tampak  berbaku tembak dengan pejuang Indonesia yang berada di atas bangunan viaduk di kawasan Monumen Tugu Pahlawan Surabaya – Jawa Timur.

Banyak pasukan sekutu dan pejuang yang akhirnya gugur dalam pertempuran itu. Temasuk juga Bridaer jenderal AWS. Mallaby yang menjadi pimpinan tentara Sekutu.
 
Adegan pertempuran dalam drama kolosal yang melibatkan pemain dari komunitas Roodebrug Soerabaia, Komunitas Surabaya Juang, Komunitas Komuter Surabaya dan sukarelawan lainnya  itu merupakan barisan pembuka dalam acara  Parade Juang 2012  pada hari Minggu tanggal 11 November 2012. 


 Acara ini merupakan puncak dari rangkaian peringatan Hari Pahlawan di Surabaya.

Parade Juang 2012 ini berlangung sangat semarak yang diikuti oleh banyak elemen dari para Veteran.  pelajar, mahasiswa dan komunitas-komunitas dari elemen warga lainnya. 

 
Mereka umumnya mengenakan pakaian yang bernuansa masa perjuangan dengan berbagai atribut dan persenjataannya.

Selain itu juga ada peserta parade dari militer seperti TNI Angkatan Darat yang menampilkan armada Panser . Begitu juga dengan pertunjukan drum band dari korps militer dan Departemen Perhubungan yang sangat rancak dan dinamis tampil sangat memukau.

Parade Juang ini berangkat dari depan kantor Gubernur Jawa Timur dan berakhir di Taman Surya Balai Kota Surabaya. Dalam routenya melewati Hotel Majapahit yang pada masa perjuangan dulu merupakan  lokasi perobekan Bendera Belanda oleh para pejuang di Surabaya.

Di kawasan hotel ini pula juga dilakukan pertunjukan teatrikal yang menggambarkan suasana pada insiden perobekan bendera Belanda yang dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih dan lagu-lagu bernuansa perjuangan.

---------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================
  
Setelah bendera Merah Putih berkibar di atas Hotel Majapahit, tampak artis Ine Febrianti tampil di bawah tiang bendera itu dengan membacakan puisi-puisi bertema perjuangan. Ada juga Mantan Menpora yaitu Adhyaksa Dault juga membacakan puisi disana.

 
Kedua publik  figur itu setelah membaca puisi kemudian ikut bergabung dalam parade juang dengan menaiki kendaraan panser.

 
Dengan bertempat di depan hotel Majaphit itu juga dilakukan pemberian piagam penghargaan dari komunitas Surabaya Juang kepada Walikota Surabaya Ibu Risma Triharini dan juru kunci Makam Dr. Soetomo atas perhatian dan dedikasinya kepada Sekolah Kebangsaan di Surabaya.
Berragam aksi  dan pertunjukan dalam Parade Juang 2012 yang berlangsung semarak itu cukup menghanyutkan para penontonnya yang ada juga yang berasal dari luar negeri.

 
Diantara penonton yang bule itu terdapat dua wanita yang menarik perhatian karena membawa senjata tradisional berupa bambu  runcing. Ada juga dua wanita yang berusia paruh baya yang tergetar bibir dan wajahnya ketika menyaksikan parade juang. 

Para veteran yang umurnya telah berusia lain dan menjadi tamu undangan kehormatan pun banyak yang menagis terharu karena hanyut dalam nuansa nostalgia tentang kisah  perjuangan mereka di Surabaya pada masa lampau.

Sebuah parade juang dengan nuansa heroik dan nostalgia  ala pejuang kemerdekaan yang ditampilkan secara indah dan menawan oleh Arek-Arek Suroboyo.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar