Jumat, 16 November 2012

Kelenteng Hok Liong Kiong Yang Indah Di Jombang


Selain Kelenteng Boo Hway Bio di kecamatan Mojoagung dan Kelenteng Hong San Kiong di kecamatan Gudo, di Kabupaten  Jombang – Jawa Timur juga ada kelenteng lainnya. Kelenteng itu bernama Hok Liong Kiong Kelenteng ini berada di pusat kota tepatnya di Jalan R.E.Martadinata no 72  - Jombang.



Berada di tepi jalan raya, bangunan gerbang kelenteng ini cukup menarik perhatian. Pada bagian tengah gerbang di sisi depannya terdapat ornamen bergambar Yin Yang, Swatika dan genta Rohani sebagai  Lambang Tri Dharma.

Sebaliknya  pada papan kayu di bagian tengah di sisi belakangnya  terdapat ornamen bergambar kisah Delapan Dewa. Sedangkan pada bagian atas gerbang  terdapat ornamen berupa sepasang burung Hong ( phoenix ).


Memasuki halaman kelenteng terdapat sebuah panggung mini untuk mementaskan wayang Potehi. Di sebelah kiri  bangunan kelenteng terdapat menara untuk membakar hio, yuswa dan kertas doa. Menara itu setinggi sekitar 3 meter dengan warna dan ornament yang menarik.

Pada halaman luar di bagian depan kelenteng  terdapat dua ornamen berbentuk patung singa Kilin yang berwarna abu-abu. Sebenarnya di samping kanan halaman luar kelenteng ini juga ada ronamen patung lainnya yang saya tidak diijinkan untuk memotretnya.
 
Di belakangnya tampak hiolo yang terbuat dari kuningan dan digunakan oleh umat kelenteng untuk meletakkan hio dan yuswa yang telah dinyalakan
  

Dua buah ornamen berbentuk arca Wee Tie Kiong  berada di samping kanan dan Tjin Siok Poo di samping kiri pintu masuk kelenteng.

Kedua arca itu mengingatkan saya pada arca dengan sosok yang serupa di kelenteng Poo An Kiong di Blitar.


Selain itu pada dinding depannya juga terdapat lukisan klasik kuno yang berwarna . 

Lukisan itu mengingatkan saya pada gaya dan bentuk lukisan yang serupa di kelenteng Tjoe Tik Kiong di Pasuruan  

  ---------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================



Sebuah ornamen berupa relief yang bergambar naga menghiasi dinding pada  sisi kanan.



Sedangkan pada sisi kiri ruangan tengah ini terdapat meja petugas kelenteng untuk menerima tamu dan memberikan informasi tentang kegiatan kelenteng. Di atas  meja petugas itu terdapat papan kayu yang berukuran cukup besar dan  berwarna hitam dengan bingkai dan tulisan dalam huruf Tiongkok yang berwarna emas.

Sayang, walau telah ditemani oleh salah seorang petugas kelenteng, demi menjaga kesakralan ,  saya juga tidak dijinkan untuk memotret ruangan utama dalam kelenteng ini.

Dalam ruangan utama  kelenteng terdapat banyak altar Dewa sesembahan di kelenteng ini. Diantaranya adalah altar Dewa Kwan Sing Tee Koen, Makco Thian Shang Sen Mu, Thian Shan Sen Boo dan sebagainya.

Kelenteng yang terdapat ornamen sepasang naga dan bola api di puncak atapnya ini memiliki bangunan dan lahan yang cukup luas. Ini tampak dari adanya tempat untuk berolahraga di bagian belakang samping kiri kelenteng . 
 

Yang menarik di kelenteng  Hok Liong Kiong ini adalah berbaurnya warga di sekitar kelenteng dengan umat kelenteng. Mereka tampak  antusias menyaksikan pertunjukan wayang potehi di depan kelenteng yang biasanya diadakan pada sore hari. 

Warga  menganggap pentas Wayang Potehi yang merupakan  tradisi dan budaya Tionghoa itu cukup menghibur seperti halnya wayang kulit. Apalagi pertunjukkannya dengan menggunakan bahasa Indonesia sehingga lebih mudah memahami jalan ceritanya. 
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar