Senin, 19 November 2012

Arca_arca Yang Indah Di Candi Penataran


Arca itu tampak menyeramkan. Sosoknya tergambarkan memiliki rambut yang panjang dan  bergelombang.

Pada wajahnya tampak sepasang mata yang mendelik dan menyeringai dengan giginya yang bertaring tajam.


Pada tangan kanan arca itu memegang gada  yang cukup besar dan panjang. Sedangkan pada kakinya menginjak alas yang berhias deretan tengkorak manusia yang semakin menambah seram penampilannya.
 
 
 Arca yang menyeramkan itu merupakan salah satu diantara sekian banyak arca yang terdapat di Candi penataran di Kota Blitar - Jawa Timur.


Keberadaan arca-arca itu menjadi pelengkap dan daya tarik candi ini selain keindahan lainnya seperti Relief yang Erotis, Relief Suku Indian -  Maya, Relief Satwa dan Keindahan pada bangunan Candi Penataran.
Melangkahkan kaki memasuki candi Penataran ini saya menjumpai dua buah Arca Dwarapala setinggi sekitar 2,5 meter. Arca juga berwajah menyeramkan dan memegang gada di tangannya dengan posisi jongkok seakan menjadi penjaga pintu masuk kawasan Candi Penataran.

Di sudut kanan di depan kompleks Candi ini juga terdapat bangunan candi pendamping yang hanya tampak bagian kaki Candi saja. Tak jelas kenapa bagian tengah dan atas candi itu tak ada bekasnya lagi atau memang hanya berupa bagian kaki saja.Di bagian candi itulah terdapat arca yang berrambut panjang dan bergelombang dengan wujudnya yang menyeramkan itu.

Arca dengan bentuk seperti itu tak hanya satu, tetapi ada beberapa arca serupa lainnya. Arca itu umumnya berupa sepasang arca yang sama dengan menghiasi sisi kanan dan kiri pintu masuk ke candi.Pada bagian sudut candi itu juga terdapat arca lainnya yang berupa kepala ular kobra yang mengenakan mahkota.

Dari candi ini saya kemudian menuju ke bangunan candi utama. Di halaman tengah kompleks candi ini jga terdapat dua Arca Dwarapala namun berukuran lebih kecil yaitu sekitar 1 meter. Arca Dwarapala inilah yang cukup unik dan menarik perhatian karena bentuknya yang mirip dengan arca serupa di Mexico City.

Di bangunan utama candi Penataran banyak terdapat arca-arca yang sangat indah. Arca-arca itu berada  di samping kanan dan kiri pintu masuk candi.
 ---------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :







================================================================
Berbentuk sosok pria dan wanita dari kalangan bangsawan ningrat atau kerajaan yang tampak dari pakaian dan aksesories yang mereka kenakan. 

Beberapa diantara arca itu membawa gada dan disampingnya terdapat arca yang berukuran lebih kecil yang tampak seperti anaknya.

Sangat mengagumkan menyimak arca-arca itu dengan tatahannya yang halus dan rapi. Selain itu juga cukup detail dan ekspresif.

Tampak begitu agungnya peradaban pada masa itu yang terlihat dari bentuk pakaian dengan perlengkapan dan  aksesoriesnya yang  detail , indah dan artistik.

Sayang banyak dari arca itu yang keadaannya sudah tidak utuh lagi karena patah, retak atau terpotong dan hilang pada bagian tubuhnya.

 Bahkan ada arca yang hanya tinggal bagian telapak kakinya saja.

Sebuah peradaban yang mengagumkan di Candi penataran ini yang membuat perasaan dan decak kagum saya seolah tiada hentinya.




























Tidak ada komentar:

Posting Komentar