Minggu, 25 November 2012

Selaksa Kekaguman di Wisata Gunung Kelud


Mendengar nama Gunung Kelud itu terasa cukup menggetarkan dengan berbagai kisah dan berita ketika terjadi peristiwa letusannya dalam beberapa periode yang lampau.  Tetapi juga terasa menakjubkan ketika berkunjung ke gunung ini dalam keadaan tenang. Selaksa rasa kekaguman terasa  memenuhi benak saya ketika memasuki kawasan wisata ini.
Gunung Kelud  ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang . Untuk kesana diantanya bisa ditempuh dari Kecamatan Wates menuju ke desa Margomulyo  atau sekitar 27 km di sebelah timur kota Kediri

Sebuah gerbang seolah menyapa setiap pengunjung wisata ini untuk membayar tiket Rp 10.000 per orang belum termasuk tiket untuk kendaraannya.

Bagi pengunjung yang tidak membawa kendaraan , di wisata ini terdapat angkutan umum khusus wisatawan gunung Kelud dengan tiket Rp 15.000 untuk pergi dan pulang.Kendaraan jenis mikrolet yang telah dimodifikasi itulah yang akan membawa pengunjung menuju ke Gunung Kelud yang berjarak sekitar 8 km dari gerbang pertama itu.

Dalam perjalanan, medan pegunungan yang naik turun dengan beberapa lokasi tanjakan dan turunanya yang sangat ekstrem cukup menaikkan adrenalin kita. Sebuah peringatan bagi pengendara kendaraan bermotor yang belum begitu mahir dalam menguasai medan ekstrem tersebut  untuk tidak memaksakan diri membawa dan menggunakan kendaraannya disana.

Setelah dalam perjalanan yang seperti menaiki jet coaster itu, akhirnya sampai juga di Gunung Kelud ini. Wisatawan bisa beristirahat sejenak dengan menimati pemandangan sekitar gunung Kelud dengan berteduh di gazebo atau gardu pandangnya. 

Di bagian depan lokasi wisata ini juga terdapat fasilitas lainnya seperti arena permainan seperti ATV atau fliying fox yang tentu dikenai tiket tambahan untuk bisa menikmatinya.
Saat melangkahkan kaki menuju ke jalur utama ke Gunung Kelud itu ada papan nama yang menunjukkan ke lokasi wisata sumber air panas yang mengandung belerang. Artikel tentang sumber air panas di Gunung Kelud itu bisa segera Anda baca di blog ini juga.

Saya kemudian menjumpai sebuah bangunan dengan  pintu yang berbentuk lorong atau terowongan. Beberapa pengunjung tampak hilir mudik keluar dan masuk di terowongan itu.Ternyata bangunan itu dikenal sebagai Terowongan Ampera yang merupakan akses jalan yang aman menuju lokasi ke Gunung Kelud.

 
Setelah melewati Terowongan Ampera ini Anda bisa memilih tempat dan lokasi untuk menikmati Gunung Kelud. Baik yang berada di kawasan yang rendah dan datar atau di kawasan yang sangat tinggi di bagian atas puncak pegunungannya yang bernama Puncak Kelud, Puncak Sumbing, Puncak Gajah Mungkur dan Puncak Gedang.



 
Di sekitar lokasi Terowongan Ampera inilah pada setiap tahunnya di Bulan Sura diadakan ritual Larung Sesaji yang sangat eksotis.Ribuan anak tangga seolah akan menguji ketahanan dan ketangguhan stamina pengunjung ketika menaiki tangga-tangga disana.
 -----------------------------------------------------------------------------------------------------

Artikel tentang Ritual Larung Sesaji di Gunung Kelud itu  bisa Anda baca dengan Langsung Klik Link-link berikut ini : 


---------------------------------------------------------------- 



Ada juga tangga yang menuju ke Anak Gunung Kelud yang terjadi dan terbentuk akibat proses erupsi Gunung Kelud pada tahun 2007. Keberadaan Anak Gunung Kelud yang merupakan kubah lava yang terus berkembang dan membesar itu menjadi daya tarik tersendiri di kawasan ini.

Menuruni tangga menuju ke anak gunung Kelud itu juga terdapat beberapa gazebo untuk beristirahat dan menikmati panoramanya.


Disamping itu juga ada para pedagang yang menjual foto-foto dan VCD tentang proses terjadinya anak Gunung Kelud, Gunung Kelud saat diam atau saat meletus beberapa tahun yang lalu.



Harga VCD  Gunung Kelud itu berkisar Rp 10000 perbuahnya.Mereka juga melayani jasa pemotretan langsung jadi dan cetak di bagi wisatawan Gunung Kelud.

Bongkahan batu-batu besar berada di sekitar kawasan ini yang sayangnya banyak yang berhiaskan coretan tangan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Bongkahan batu besar itu juga menjadi lokasi favorit bagi pengunjung untuk berfoto ria.

Kekagumanku terasa mengalir tiada henti ketika menyimak wisata Gunung Kelud yang pada tebing dan hutan-hutannya tampak bergantian bersaput asap dan kabut.

 Begitu pula pada tebing-tebing batunya yang tinggi menjulang dengan kokohnya.

Sebuah kenangan yang indah dalam hidup ini dengan bisa mengunjungi wisata Gunung Kelud ini. Walau untuk itu membutuhkan ketahanan dan stamina yang cukup kuat untuk menaiki dan menuruni ribuan anak tangga yang ada disana.

Free Trial 41.000 Movies  + TV  Episode = Amazon Prime 

======================================================================

Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 


Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

======================================================================



 ====================

===============

Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :










 


 













Tidak ada komentar:

Posting Komentar