Rabu, 14 November 2012

Ragam Souvenir Bernuansa Gus Dur Di Jombang



Keberadaan makam Gus Dur Di kawasan Pondok Pesantren Tebu Ireng selain menjadi alternatif wisata ziarah dan religi, ternyata juga  menjadi berkah dan rezeki tersendiri bagi warga yang berada di sekitarnya.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------

Anda bisa membaca artikel tentang Makam Gus Dur itu dengan Langsung Klik LINK berikut ini  :   

 ---------------------------------------------------------------------------------------------------------
 
Mereka banyak yang menjual berbagai jenis dagangan dengan mendirikan kios-kios disana. Ada juga yang berjualan dengan cara mengasong pada pengunjung makam.

Diantara barang dagangan itu ada yang berupa buku, VCD, baju, poster, foto, lukisan dan sebagainya. Kesemuanya bernuansa Gus Dur dalam berbagai bentuknya yang menarik.



Simak saja  souvenir yang berupa kaos dengan gambar Gus Dur.  Tertulis di kaos itu Gus Dur bapak Pluralisme;  Damai bersama Gus Dur; Saya Mendengar Indonesia Kita Menyanyi  dan sebagainya.

 
Ada yang desainnya menggunakan  foto Gus Dur yang diolah dalam bentuk dan warna-warna yang menarik. 

Tentu saja dengan kata-kata atau kalimat yang tak kalah menariknya.Harga kaos itu cukup murah sekitar Rp 15 ribu – Rp 50 ribu yang bergantung pada ukuran dan bahan kaosnya.

Pada deretan kios itu juga ada yang menjual poster-poster yang bergambar Gus Dur yang ditempatkan dalam pigura dengan bingkai kaca. Selain dalam bentuk foto tunggal, ada juga poster yang bergambar Gus Dur bersama dengan KH. Hasyim Asy’ari. 

---------------------------------------------------------------------------------------------------

Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  






================================================================

Jenis souvenir lainnya berupa kisah dan ceramah tentang Gus Dur dalam bentuk VCD. Souvenir yang satu ini banyak dijajakan oleh pedagang yang umumnya wanita dan berseragam di depan bangunan masuk ke Pondok Pesantren yang tampak megah itu.

Diantara VCD yang mereka bawa itu  itu ada yang menawarkan VCD  tentang kisah amblesnya makam Gus Dur yang cukup menghebohkan pada beberapa bulan yang lalu.
Di kios di dekat pintu masuk atau keluar ada poster yang tak kalah menariknya. Poster itu bergambar Gus Dur dengan petikan  ucapannya yang bijaksana.

Tertulis disana : 

" Bimbingan Allah Sering Muncul Saat cakrawala Dalam keadaan paling gelap .."

Atau Poster bergambar Gus Dur dengan kata-kata kenangan yang berbunyi :

" Sejuta kenangan Bersamamu...Guru Sejati adalah pengalaman hidup... Memahami makna lahir , tumbuh dan mati... "
Selain itu juga ada poster Gus Dur yang bertuliskan ucapan selamat jalan kepada sosok kharismatik yang juga pernah menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia itu.

Banyak pengunjung wisata makam Gus Dur ini yang membeli oleh-oleh bernuansa Gus Dur itu. Sebuah cara yang cukup kreatif dalam mengenang sosok Gus Dur dalam bentuk souvenir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar