Senin, 19 Maret 2012

Makna Ornamen Satwa Di Kelenteng Kwan Sing Bio


Kelenteng Kwan Sing Bio adalah merupakan tempat peribadatan umat Tri Darma  yaitu Budha, Konghucu dan Tao.  Sesuai dengan namanya, Kelenteng ini digunakan untuk menghormati dan memuja Dewa Kwan Kong.


Disamping dipuja sebagai lambang kesetiaan dan kejujuran, Kwan Kong dipuja sebagai Dewa Pelindung Perdagangan, Dewa Pelindung Kesusastraan dan Dewa Pelindung rakyat dari malapetaka peperangan yang mengerikan. Julukan Dewa Perang sebagai umumnya dikenal dan dialamatkan kepada Kwan Kong, harus diartikan sebagai Dewa untuk menghindarkan peperangan dan segala akibatnya yang menyengsarakan rakyat, sesuai dengan watak Kwan Kong yang budiman.

Kelenteng  Kwan Sing Bio ini berada di Jl. Raya  R.E. Martadinata  - Tuban, Jawa Timur. Tepat di tepi jalan raya utama Semarang – Surabaya dengan Pantai utara Jawa  di seberangnya.
Tak beda dengan kelenteng lainnya di nusantara, kelenteng ini juga didominasi warna merah, kuning dan hijau yang mencolok. Asap dan bau dupa senantiasa menguar dari dalam kelenteng.

Ada banyak hal yang menarik pada kelenteng ini.  Selain dikenal sebagai kelenteng terindah dengan lahan yang terluas di Indonesia, juga karena kelenteng inilah satu-satunya kelenteng yang menggunakan  ornamen berbentuk kepiting di gerbang dan puncak bangunan sebagai ciri khasnya. Menajdi salah satu destinasi wisata di Tuban.
Tak hanya ada ornament berwujud kepiting saja yang bisa dijumpai di kelenteng Kwan Sing Bio ini. Tetapi juga ada ornamen-ornamen  berwujud satwa lainnya dalam bentuk patung dan relief yang terdapat pada beberapa bagian bangunan kelenteng.

Tak hanya befungsi sebagai penghias bangunan saja, ornament-ornamen itu ternyata dipercaya oleh umat kelenteng tersebut memiliki makna simbolis tersendiri  tentang nilai-nilai kehidupan dalam budaya dan warga Cina.


Ornamen-ornamen satwa di kelenteng Kwan Sing Bio  itu antara lain :




1.       Kepiting :
Selain untuk mengenang asal muasal lokasi kelenteng Kwan Sing Bio ini yang dulunya merupakan daerah tambak dengan banyak terdapat kepiting, ornament kepiting ini ternyata bermakna melindungi kelenteng dari roh-roh jahat.






2.      Naga ( Lung ), menggambarkan kemakmuran , keperkasan dan dan kekuatan yang menajaga dan mengawasi manusia serta jagad raya.Naga itu sendiri ada tiga macam yaitu Naga Langit, Naga Bumi dan Naga Air.  Dipercaya, naga-naga utama itulah yang menjaga empat laut yang mengelilingi bumi.



 

3.       Singa melambangan keberuntungan serta pelindung dari berbagai pengaruh jahat.


4.       Kuda ( Ma ), melambangkan kecepatan, kekuatan, keberanian dan perjalan kehidupan manusia dari kehidupan yang lama menuju kehidupan yang baru.



5.       Kelelawar, melambangkan keberuntungan, kebahagiaan dan panjang umur.



6.       Rusa, melambangkan keabadian dan kesucian, panjang umur dan melambangkan Dewa Kehidupan.

7.       Burung  Phoenix ( Feng ) , melambangkan kemakmuran, membawa nasib baik dan melawan kejahatan.


8.       Burung Bangau, melambangkan panjang umur.
 


9.    Kuda Bertanduk atau Kili ( Unicorn ) , melambangkan kebaikan dan kebijakan yang seharusnya terpancar antara manusia dan penciptanya.



10. Ikan , melambangkan Rezeki dan Berkah

  

Ternyata, ornamen-ornamen satwa di kelenteng Kwan Sing Bio Tuban ini tak hanya sekedar  penghias bangunan  semata.


Di satu sisi ada banyak  makna  di dalamnya yang melambangkan nilai-nilai  kehidupan. Di sisi lain adanya ornamen-ornamen satwa itu tentu semakin menambah indah dan semaraknya Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban.

2 komentar: