Senin, 26 Maret 2012

Gudeg Jogjakarta Selayang Pandang


Setiap Daerah di nusantara biasanya memiliki makanan Khas. Begitu juga dengan Jogjakarta. Berkunjung ke daerah ini rasanya belum lengkap bila belum mencoba dan merasakan nikmatnya makanan  khas Jogja., yaitu Gudeg.


Gudeg sebenarnya merupakan sayuran yang berbahan santan dan  bumbu-bumbu lainnya. Tak hanya berupa kuah saja, Gudeg ini juga ada isinya berupa irisan kecil  ‘ Tewel ‘  yaitu Buah nangka yang masih muda. 
Saat mengolah dan memasak Gudeg itu dicampur dengan Pewarna alami dari Daun jati yang masih muda sehingga bisa memberi rona dan warna merah pada Gudeg.


 
Saat menyajikan Gudeg ini biasanya ditambahi dengan sayuran Hijau  lainnya seperti Daun Pepaya, singkong, kangkung dan sebagainya.
 -----------------------------------------------------------------------------------------------------
Break Session :
 
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :

 
=================================================================
 
Seperti halnya karakteristik makanan dan masakan Jogjakarta yang cenderung Manis karena umumnya memakai gula Merah  atau gula Pasir, begitu pula halnya dengan Gudeg ini juga berasa manis.



Rasa Gudeg itu cukup gurih dan Nikmat. Tetapi juga terasa cukup  Eneg  bagi mereka yang  kurang suka makanan bercitra rasa manis ini. Bagi mereka yang suka makanan pedas, bisa dipastikan akan menambahinya  dengan  banyak sambal atau menyelinginya  dengan memakan cabe  jika menyantap Gudeg ini.


Sebagai teman menyantap dan menikmati Gudeg ini bisa memilih berbagai jenis lauk-pauk yang disediakan. Harganya cukup murah yaitu berkisar Rp 5000-Rp 15.000  tergantung lauknya.


 


Sebagai gambaran, ketika menikmati gudeg ini di Jalan Malioboro dengan uang Rp 10.000 bisa menyantap seporsi Gudeg dengan lauk telur ayam rebus dan beberapa potong  ‘ Cecek ‘  atau ' Krecek '  yaitu  kulit Sapi yang direbus dan empuk menyerupai daging plus segelas minuman teh.


Di berbagai penjuru Jogjakarta, Gudeg ini bisa mudah didapatkan. Menjadi salah satu khazanah kekayaan kuliner di Nusantara.


1 komentar: