Rabu, 04 April 2012

Buah Siwalan Yang Nikmat dan Eksotis



Siwalan atau Ental, begitulah Tanaman jenis Palem ini biasa disebut di daerah Tuban, Jawa Timur.

Dengan tipologi daerahnya yang cenderung gersang dan tandus, di  Bumi Ronggolawe ini banyak terdapat  tanaman itu. 
Ada nuansa Eksotis mengenai  tanaman  yang memiliki nama umum Lontar dan nama latin Borassus Flabellifer itu. Pohon nya yang menjulang  tinggi  dengan bentuk  daunnya seperti kipas yang membuka.
 

 Seperti halnya kelapa, Pohon siwalan ini juga memiliki aneka manfaat dan guna. Daunnya yang kering biasa digunakan sebagai  media untuk Menulis atau menggambar seperti pada naskah-naskah kuno. Bisa juga sebagai pembungkus kue  Tradisional atau gula Merah dan bisa digunakan  untuk beraneka  wadah dan keperluan dengan menganyam lembaran daunnya. 

Dari bunganya bisa disadap air niranya menjadi minuman Legen yang nikmat dan menyegarkan atau menjadi minuman tuak yang memabukkan. Apabila nira itu diolah lebih lanjut dengan merebusnya bisa menjadi gula merah.
 

Batang pohon Siwalan  yang lurus  dan berserat kuat bisa digunakan sebagai pengganti Kayu untuk bahan  Bangunan.

Begitu juga dengan buah siwalan yang berbentuk bulat dengan ukuran sekepalan tangan orang dewasa. Buahnya bergerombol  pada tiap tandannya dengan berwarna coklat dan  hitam mengkilat  dengan rona kuning atau hijau muda yang cukup keras di bagian luarnya.




Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :

  
 Setiap buah Siwalan biasanya terdiri berisi dua atau tiga daging buah. Perlu ketrampilan dan kehati-hatian tersendiri untuk mengiris buah itu agar bisa tepat menjadi dua atau tiga bagian  dengan  tidak  mengenai  penampang dan daging buahnya.
 
Karena bila penampang buah dan daging buahnya  itu teriris, akibatnya  sedikit Air yang ada di dalam  daging buah bisa keluar.  Air dari dalam buah siwalan itu sendiri rasanya  cukup segar dengan bercampur manis dan asam.

Daging buah siwalan bentuknya cukup menarik karena menyerupai  Pantat. Warnanya putih dan terasa kenyal seperti kolang-kaling untuk buah yang masih Muda dan terasa seperti daging buah kelapa bila buahnya sudah tua.

Buah siwalan ini bisa langsung dimakan setelah mengupas  kulitnya. Bisa juga diolah menjadi Es Dawet Siwalan yang nikmat dengan memberinya pemanis  yang kental dari gula pasir atau gula merah plus  santan kelapa.
 

Untuk kulit buah siwalan itu juga ada penggemarnya yaitu Hewan-hewan ternak . Para Pedagang buah siwalan itu biasanya memberikan irisan kulit buah siwalan itu sebagai pakan ternak  karena kandungan nutrisinya cukup baik untuk penggemukan ternak.
 

Buah siwalan ini banyak dijual di kawasan  Wisata di Tuban seperti Gua Akbar, Makam Sunan Bonang, Pantai Boom, Kelenteng Kwan Sing Bio, Masjid Agung , kawasan Jalan Manunggal   dan sebagainya. Harganya berkisar Rp 2000-Rp 5000 untuk satu kantong plastik  berisi 5- 10  buah siwalan yang sudah dikupas.

Berkunjung ke Tuban, jangan lupa untuk mengincipi rasa segar dan eksotisnya  buah Siwalan ini.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar