BEJAGUNG adalah nama sebuah Desa di kecamatan Semanding,
Kabupaten Tuban – Jawa Timur. Sekitar 5 km arah selatan dari Pusat kota Tuban.
Entah ada keistimewaan apa dengan daerah ini karena disana
banyak terdapat Makam para ulama dan aulia penyebar syiar agama Islam yang
dikeramatkan oleh Warga setempat. Makam-makam itu semuanya dalam bentuk Kuno
dengan memancarkan nuansa sakral dan mistisnya.
Salah satunya adalah Makam Sunan Bejagung. Makam Sunan Bejagung ini sendiri ada dua yaitu makam Sunan Bejagung Lor ( Utara ) dan makam Sunan Bejagung Kidul ( Selatan ) yang masing-masing dipisahkan oleh ruas jalan Kampung.
Entah apa pula sebabnya di desa ini bisa terdapat dua makam Sunan Bejagung. Diantara dua makam Sunan Bejagung itu, makam Sunan Bejagung Lor lebih populer dengan dikunjungi para peziarah dan pegiat Wisata Religi.
Cukup mudah untuk menuju ke makam Sunan Bejagung ini karena lokasinya yang tak jauh dari jalan raya Semanding dan berada di depan pemakaman Ningrat Tjitrosoman . Dari jalan raya ini sudah tampak gapura atau Gerbang di jalan kampung menuju kompleks makam Sunan Bejagung Lor.
Memasuki kompleks makam Sunan Bejagung Lor ini terdapat
gapura Supit Urang ( Capit Udang ) dengan bentuknya yang khas. Di bagian atas
gapura terdapat tulisan angka tahun 1826 dan tulisan dalam huruf Arab.
Setelah itu terdapat masjid Sunan Bejagung yang sudah dipugar dan direnovasi.Tak jauh dari masjid ini di bagian selatannya terdapat bangunan pendapa yang sudah repesentatif dan berlantai keramik untuk tempat berkumpul para jamaah masjid atau peziarah. Di belakang pendapa ini terdapat gapura kecil dengan bentuknya yang kuno.
Setelah itu terdapat masjid Sunan Bejagung yang sudah dipugar dan direnovasi.Tak jauh dari masjid ini di bagian selatannya terdapat bangunan pendapa yang sudah repesentatif dan berlantai keramik untuk tempat berkumpul para jamaah masjid atau peziarah. Di belakang pendapa ini terdapat gapura kecil dengan bentuknya yang kuno.
Di belakang dan sekitar gapura ini terdapat tumpukan batu bata merah yang disusun dengan formasi tertentu. Selain itu juga terdapat dua bangunan pendapa di kanan kirinya dengan beratapkan daun rumbia dan berlantai pasir. Pendapa dengan arstitektur tradisional ini juga berfungsi sebagai tempat berkumpul dan beristirahat para peziarah.
Melewati bagian ini
terdapat gapura lagi yang berbentuk cukup unik dan rendah. Bagi peziarah yang
berpostur tubuh yang jangkung tentu harus dengan merunduk ketika melewatinya.
Di sekitar gapura ini terdapat pepohonan yang besar dan
rindang yang seolah semakin menambah nuansa sakral dan magis kawasan ini.Ada juga sebuah sumur
tua yang disebut Sumur Gemuling karena untuk menimba airnya dengan dasar
sumur yang sangat dalam sekitar 40 meter harus dengan menggulingkan roda kayu
yang sudah dilengkapi dengan tali dan timba.
Air dari sumur ini dipercaya oleh warga setempat dan
peziarah berkhasiat bisa menyembuhkan berragam jenis penyakit, utamanya
penyakit kulit. Karena itu banyak warga yang menggunakan air sumur itu untuk berbagai keperluan.
Bahkan pada hari-hari tertentu ada juga warga yang mengadakan selamatan dengan menggelar tikar di sekitar sumur tua yang selalu ditutup rapat bila sedang tidak digunakan ini. Untuk mengambil air sumur itu ada petugas yang mengambilkannya. Mereka yang berminat dengan air itu cukup mengisi kotak amalnya saja sebagai ganti jasa menimba.
====================
di Link berikut ini :
Melewati gapura ini terdapat beberapa gentong berisi air.
Banyak peziarah yang mengambil dan langsung meminum air mentah dalam gentong itu.Di sekitarnya terdapat pemakaman warga dengan beberapa makam
kuno yang diberi cungkup dan batu nisannya berselubung kain kafan.
Sedangkan di bagian tengah terdapat gapura yang kecil dan
rendah yang terbuat dari batu bata yang disemen. Sekitar 10 meter berikutnya
terdapat gapura berbentuk Paduraksa seperti yang biasa terdapat di makam
Walisongo.
Sekitar 10 meter di belakangnya juga terdapat gapura lagi dengan terbuat dari kayu dan berhiaskan ukiran pada beberapa bagiannya.
Setelah melewati beberapa gapura yang di kanan kirinya
terdapat banyak makam dengan batu nisannya itu barulah sampai di makam Sunan
Bejagung Lor yang bentuk cungkup makamnya cukup modern eperti bangunan rumah
biasa yang sekilas tak menampakkan nuansa sakral dan mistisnya.
Nuansa sakral dan mistis itu justru terasa dari adanya makam-makam kuno dengan batu nisan yang berselubung kain kafan di sekitarnya. Di antara makam-makam kuno itulah peziarah memanjatkan doa dan bacaan kitab Al Quran .
Makam Sunan Bejagung Lor itu berada dalam ruangan dengan pintu yang biasanya tertutup rapat. Makam ini memiliki panjang sekitar 3 meter dengan bercat
warna emas dan berselubung kain beludru berwarna kuning. Batu nisannya berselubung kain beludru berwarna hitam dengan
hiasan tulisan Arab. Tumpukan bunga setaman dari peziarah terlihat di nampan
yang berada di sekitarnya.
Menurut sejarahnya, Sunan Bejagung Lor merupakan aulia penyebar agama Islam yang berasal dari Palembang dan bernama Muhdin Asy’ari. Wara setempat biasa menyebutnya dengan nama Mbah Modin Ashari.
Aulia ini begitu merakyat dengan segala kisah dan karomahnya. Bahkan karena kekeramatan dan kesakralannya, di makam Sunan Bejagung ini sering digunakan sebagai lokasi ritual Sumpah Pocong sebagai solusi penyelesaian terakhir bagi warga yang bersengketa.
Ritual sumpah pocong itu biasanya dilakukan di dalam masjid Sunan Bejagung dengan dipimpin oleh ulama setempat dengan membacakan sumpah dan doa bagi mereka yang bersengketa. Konon, ritual ini juga dilakukan dengan memercikkan air yang diambil dari sumur Gemuling.
Bagi mereka yang berdusta atau memberi keterangan dan
kesaksian palsu bisa dipastikan segera mendapatkan musibah bila mereka berani
melakukan ritual sumpah Pocong ini.
Berkunjung ke makam Sunan Bejagung Lor ini selain bisa merasakan nuansa sakral dan mistisnya, juga bisa mengetahui situs dan jejak peradaban Desa Bejagung di masa lampau.
zzzzzttttttttt... menyeramkan...
BalasHapustakut...takut...
xixixixixi.....
BalasHapus( Tawa Kuntilanak : Mode ON )