Jumat, 13 April 2012

Gemerlap Cahaya Jembatan Merah Di Malam Hari

Jembatan Merah  adalah nama kawasan yang sangat  Legendaris di Kota Surabaya .
Di kawasan inilah yang  pada masa Perjuangan  menjadi salah satu  Medan pertempuran Pejuang Arek-arek Surabaya dalam melawan tentara Sekutu.
 

 Sesuai dengan namanya, Jembatan yang satu ini memang berwarna Merah. Bentuk bangunannya biasa dan sederhana saja. Tak ada keistimewaan apapun selain dari segi sejarahnya  yang menjadi saksi bisu betapa heroiknya perlawanan para pejuang.
 


Pada pagi hingga  sore hari  suasana  di  sekitar Jembatan Merah ini tampak sangat sibuk dengan banyak Kendaraan , Becak dan orang yang lalu -  lalang.  Sampai terkadang menimbulkan kesan  yang  ruwet dan kumuh.  


Namun kesan itu seakan pupus ketika menjelang Malam hari . Gemerlap sinar dan cahaya lampu yang meneranginya menjadikan kawasan ini tampak begitu Indah dan menawan.


Sampai saat ini di sekitar kawasan ini masih banyak terdapat  Bangunan dan Gedung -gedung kuno  yang bersejarah.
 
Ada yang ber Arsitektur   ala Kolonial, Tiongkok, Jawa  maupun perpaduan diantaranya.



Di sebelah timur Jembatan Merah terdapat Jalan Kembang Jepun yang lebih dikenal sebagai  Kya-Kya.  Merupakan kawasan bisnis dan niaga dengan Gerbang masuknya yang bergaya Tiongkok dengan Ornament  berbentuk Naga di bagian atasnya. 


Di bagian selatan terdapat ruas jalan menuju ke kawasan Tugu Pahlawan yang  juga legendaris  dan menjadi Ikon Kota Surabaya.


Untuk  bagian barat terdapat ruas Jalan dengan banyak bangunan dan gedung Kuno yang Megah di kanan kirinya.
  Kawasan ini juga menjadi terminal bayangan bis kota yang biasa mangkal di tepi jalan dan angkutan kota  yang mangkal di depan Jembatan Merah Plaza.


  Kawasan Jembatan Merah ini juga dikenal  sebagai tempat mangkal   para penjahat yang  umumnya pencopet  dan biasa  melakukan aksinya  di angkutan-angkutan  umum yang ada disana.

Karena itu perlu bersikap waspada dan hati-hati ketika mengunjungi kawasan ini.

2 komentar:

  1. Salam Kenal Arek Surabaya....
    MERDEKA..!!! hehe...

    BalasHapus
  2. Merdeka juga ya, Sist !

    xixixixix.....

    BalasHapus