Rabu, 18 April 2012

Nikmat dan Segarnya Es Dawet Siwalan


Dawet adalah makanan yang terbuat dari tepung beras, tepung terigu, tepung kanji ( Patioka) dan sebagainya. Beberapa diantaranya menggunakan tambahan bahan peWarna sebagai pemanis tampilannya.


Dawet biasanya digunakan sebagai pelengkap untuk berbagai sajian minuman segar. Bahkan beebrapa daerah di nusantara menggunakan Dawet sebagai pelengkap minuman Khas daerahnya seperti Dawet Ayu Banjarnegara, Dawet Blitar, Dawet Ponorogo, Dawet Jabung, dan sebagainya.



Begitu juga halnya di  Kabupaten Tuban - Jawa Timur. Di Kota Ronggolawe ini juga terdapat Minuman khas menggunakan Dawet yaitu Es Dawet Siwalan.


 Namun berbeda dengan es dawet lainnya, dawet yang digunakan dalam membuat es ini bukan dawet yang terbuat dari bahan tepung. Namun dengan menggunakan buah Siwalan atau Ental yang nama umumnya adalah buah Lontar.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------
Break Session :
Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :

 
 
=================================================================

Buah yang sudah dikupas dengan daging yang kenyal,  berwarna putih dan seperti kolang-kaling  itu kemudian diiris kecil-kecil. Irisan daging buah siwalan itu kemudian di tuangi dengan Juruh  atau pemanis cair yang terbuat dari Gula Merah atau Gula Jawa dan Santan.



Perpaduan buah siwalan, pemanis dari gula merah,  santan  dan es batu  yang sudah pakem untuk Es Dawet Siwalan itu sebenarnya sudah mempunyai rasa yang enak, nikmat dan segar. Namun untuk memberi sensasi rasa buah yang Segar, beberapa Pedagang es dawet siwalan memberi tambahan dengan irisan buah nangka atau melon dengan tambahan sedikit irisan cincau.


Es dawet siwalan ini rata-rata dijual Rp 2500 per gelas. Sedangkan pedagang es buah siwalan itu selain ada yang Berkeliling menjajakan dagangannya di kota Tuban, juga ada yang mangkal di tempat-tempat wisata di Tuban seperti Gua Akbar, Makam Sunan Bonang, Masjid Agung, Pantai Boom, Kelenteng Kwan Sing Bio dan sebagainya.

  Berkunjung ke Tuban rasanya kurang lengkap bila tak menyempatkan diri menikmati nikmat dan segarnya es dawet siwalan.












2 komentar:

  1. Artikel ini sudah naik, tp masih tertahan di editornya, sabar ya :)
    salam vloggers

    BalasHapus