Rabu, 24 Juli 2013

Kisah Kwan Kong Di Kelenteng Kwan Sing BIo


Ruangan Sembilan Gada  Suci, begitulah nama salah satu ruangan dan bangunan yang ada di kelenteng Kwan Sing Bio – Tuban, Jawa Timur.




Ruangan yang berbentuk khas ala bangunan  Kelenteng  ini  berada di belakang bangunan utama kelenteng.
  
 

Ruangan ini memiliki dua Taman yaitu   Taman Dua Naga  di bagian depan yangsering digunakan sebagai spot  oleh pengunjung kelenteng  untuk Berfoto ria



Sedangkan di sebelah kirinya  terdapat taman dengan banyak ornamen  patung berbentuk Shio dalam budaya Tiongkok berupa satwa seperti harimau, ular , babi, kelinci, Kuda,  Sapi, dan sebagainya.



Di halaman depan ruangan tampak ornament   ‘ Penjaga ‘  berbentuk patung sepasang  harimau  dengan hiasan Relief Burung di bagian bawahnya.
 

Ruangan Gada Suci berada di dalam etalase kaca. Di dalamnya  tersimpan PatungDewa Kwan Kong  yang terbuat dari berbagai bahan dan  ukuran.


Selain itu juga disimpan Panji-Panji Kebesaran Dewa Kwan Kong dan Panji-panji Kelenteng Kwan Sing Bio serta  peralatan Barongsai dan Liong.

Di bagian tengah  di depan ruangan  terdapat patung Dewa Kwan Kong  dengan  membawa panji-panji kebesaran  dan mengendarai kuda sedang menghunus  Tombak panjangnya .



Kwan Kong atau Kwan Sing Tee Koen adalah sosok Dewa yang dipuja dan dihormati di Kelenteng Kwan Sing Bio.

    Click : Mudahnya Transaksi ONLine Dengan IPAYMU

Disamping dipuja sebagai lambang kesetiaan dan kejujuran, Kwan Kong dipuja sebagai Dewa Perang, Pelindung Perdagangan, Dewa Pelindung Kesusastraan dan Dewa Pelindung rakyat darimalapetaka peperangan yang mengerikan. 

 


Ruangan ini dikelilingi dan dijaga oleh  ornamen  berbentuk patung para  Pembesardan pengikut setia Kwan Kong. 
 
Di sebelah barat  tampak pembesar  yang menilik dari  bentuk  Pakaiannya sepertinya mereka adalah sesepuh dan penasehat Kwan Kong. Mereka itu  adalah :
Tju Kat Liang


 Bang Thong
 Hoat Tjeng
  
Kho Tjing
Sedangkan di sebelah timur terdapat patung yang dari menilik dari bentuk pakaian yang dikenakannya menunjukkan mereka bertugas dalam bidang pertahanan, pertempuran  dan keprajuritan. 
Mereka adalah :
Thio Hwie

 
Tio Tju Liong
  

Oei Tiong

  Ma Tjauw
  
Yang menarik dan mengagumkan, ornament berbentuk patung dan satwa itu sangat ekspresif dengan detail dan ukuran yang realis dan  seperti aslinya. Permainan warnanya juga serasi yang menunjukkan  begitu ahlinya para  pembuat patung ,Relief dan ornamen-ornamen itu.
  
Bagi pengunjung kelenteng yang paham tentang Sejarah Legenda Tiongkok, tentu  bisa tahu tentang sosok Kwan Kong dan tokoh-tokoh pembesar yang menyertainya.


Tapi tidak demikian halnya dengan pengunjung yang masih awam , tentu merasa bingung apa, siapa  dan bagaimana tentang mereka. 
  

Sayangnya ,  di ruangan ini  tidak terdapat tulisan dan penjelasan tentang Kwan Kong dan para Tokoh pembesarnya itu.




==================================================================


Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :
  

Swastika Ala Nazi Di Kelenteng Kwan Sing Bio 
Nuansa Seram Dalam Ritual Sumpah Pocong
Mengenang Gus Dur Di Kelenteng Boen Bio 
Menikmati Surabaya Dengan Surabaya Heritage Track 
Legenda Kwan Kong Di Kelenteng Kwan Sing Bio

Suharto, Hercules Bergigi Baja Dari Tuban  
Masjid Aschabul Kahfie Di Dalam Gua Yang Unik 










1 komentar:

  1. Aah jadi inget di banten lama juga ada Klenteng tua, dari abad ke 16. belom posting di blog tapi saya :D

    BalasHapus