Jumat, 19 Juli 2013

Mengenang Sang Maestro dalam Festival Damar Kurung 2013

Festival Damar Kurung itu cukup unik dan berbeda. Selain hanya diadakan setahun sekali pada bulan Ramdhan di Kota Gresik - Jawa Timur, benda yang ditampilkan dalam festival itu juga unik dan khas.




Sesuai dengan namanya yaitu Festival Damar Kurung, festival ini menampilkan Damar Kurung, sebuah tradisi sekaligus  budaya dan  karya seni yang berkembang di daerah Gresik.


 
 Damar Kurung adalah semacam lampion atau lampu gantung yang khas. Bentuknya kotak dengan kerangka terbuat dari bambu atau kayu. 



Pada keempat sisi kotak Damar Kurung itu diberi pelapis kertas. Yang menarik, pada kertas itu ada motif gambarnya.
 
Di bagian dalam Damar Kurung diberi sumber cahaya yang bisa berupa lilin, lampu minyak tanah, bohlam dan sebagainya.


Ketika sumber cahaya  itu dinyalakan, keindahan Damar Kurung pun terpancar melalui gambar-gambar yang berlatar belakang pendar cahayanya.



Tema gambar dalam Damar Kurung pun beragam. Mulai dari gambar ala anak-anak, kegiatan sehari-hari ,  abstrak dan sebagainya dengan perpaduan warna dan gambarnya yang khas. 

Konon, tradisi Damar Kurung yang menjadi ikon kota Gresik itu sudah ada sejak masa Sunan Giri.



Tradisi Damar Kurung ini sendiri tak bisa lepas dari sosok Sang Maestro Damar Kurung yaitu  Mbah Masmundari yang telah meninggal dunia pada tahun 2009.

Sosok Mbah Masmundari itulah yang semasa hidupnya senantiasa melestarikan tradisi membuat dan melukis Damar kurung.
    Click : Mudahnya Transaksi ONLine Dengan IPAYMU

Dengan ketekunan dan kepedulian Mbah Masmundari pada Damar Kurung itulah yang kemudian menjadikan nama dan tradisi Damar Kurung populer dan dikenal oleh publik.

Banyak  lukisan dan Damar Kurung karya Mbah Masmundari yang telah dikoleksi oleh tokoh-tokoh terkenal.Bahkan salah satu lukisan Damar Kurung karya Mbah Masmundari itu telah menjadi koleksi di Museum Louvre - Perancis.


Berangkat dari semangat untuk melestarikan Tradisi Damar Kurung dan  mengenang Mbah Masmundari itulah sejak tahun 2012 , Festival Damar Kurung ini diadakan setiap tahunnya. Untuk tahun ini , Festival Damar Kurung 2013 diadakan pada tanggal 19-21 di Parkir Timur WEP - Gresik.

Menurut Keris Adji , Panitia Festival Damar Kurung 2013, dalam even yang bertema “ Eksplorasi Damar Kurung dan Keragaman Seni Lampion Nusantara”  ini menampilkan sekitar 400 lebih Damar Kurung Gresik dan lampion dari beberapa daerah di Pulau Jawa.

Selain itu juga ada penampilan kesenian Pencak Macan dan tari Budaya Gresik, Pameran Foto Gresik Djaman Doeloe, Pameran Lukisan Damar Kurung, serta dialog budaya mengenai sejarah asal-usul tradisi Damar kurung dengan narasumber terkait.

Ada juga kegiatan lainnya berupa mural on the spot, permainan tradisional, parade kostum carnival Gresik dengan tema Damar Kurung dan pemutaran video dokumenter tentang pelukis Damar kurung yang legendaris yaitu Mbah  Masmundari. 


Adanya Festival Damar Kurung 2013 ini patut diapresiasi sebagai upaya untuk melestarikan keberadaan Damar Kurung sebagai sebuah tradisi nusantara yang mengagumkan. 

Pesona keindahan Damar Kurung itu seolah bisa terwakili dengan indahnya ratusan Damar Kumur yang bergantungan dan menyala pada malam hari serta antusiasme warga dalam kegiatan Festival Damar Kurung 2013.


Free Trial 41.000 Movies  + TV  Episode = Amazon Prime 

======================================================================

Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 

Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

=====================================================================





 ====================

===============

Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar