Selasa, 26 Juni 2012

Jejak Sekolah Presiden Soekarno Di Surabaya


Melintas di Jalan Kebon Rojo di Kota Surabaya ada sebuah bangunan yang mencolok. Bangunan yang didominasi warna oranye itu berukuran cukup besar dengan bentuk dan gaya bangunannya yang kuno. 


Siapa sangka, di bangunan gedung itulah, Presiden Republik Indonesia  yang pertama  yaitu   DR.  Ir. Soekarno pernah mengenyam pendidikan dengan sekolah disana.


Begitulah informasi yang tertulis di prasasti yang terdapat di pilar di bagian depan bangunan gedung yang saat ini dikenal sebagai Kantor Pos Besar Surabaya dan berada di Jalan Kebon Rojo no 10 .


Pada prasasti yang ditanda tangani pada tgl  6  Juni 2011 oleh Walikota Surabaya Ir Tri Rismaharini, MT itu disebutkan bahwa Proklamator RI dan penggali Pancasila itu bersekolah disana ketika di Hogere Burger School (HBS ) pada tahun 1915 - 1920.


Hogere Burger School yang berada di lokasi  sejak tahun 1881-1923 ini merupakan sekolah Lanjutan Tinggi Pertama  atau semacamgabungan Sekolah Mengengah Pertama  dan Sekolah Menengah Atas . HBS itu sendiri  sebenarnya dikhususkan bagi warga Negara Belanda.


Pada prasasti itu juga terdapat salinan foto Presiden Soekarno ketika masih muda dan berstatus sebagai pelajar. 


 Bangunan gedung ini sendiri masih berdiri dengan kokoh dan terawat dengan baik.


Memasuki ke dalam bangunannya terdapat langit-langit yang cukup tinggi dengan kerangkanya yang bentuknya seperti melengkung. Langit-langit gedung utamanya terdiri dari 6 kuda-kuda besar, 10 kuda-kuda berukuran sedang dan 19 sekat plafon.


Ada 16 pilar di dalam gedung, serta ventilasinya berbahan kaca yang terletak di sisi utara dan selatan masing-masing berjumlah 13 baris. Ventilasi itu  membujur dari atas ke bawah, dengan bentuk setengah lingkaran



Di dalam ruangan utama seluas 25 meter x 18 meter ini terdapat  26  loket layanan public yang berkiatn dengan pos . Loket-loket itu  melingkar setengah bagian dari sebelah timur ke barat.

Di dekat pintu masuk ini terdapat etalase yang memajang dan menjual benda-benda filatelis seperti perangko, amplop, lembaran uang dan koin kuno dan sebagainya.


di sudut etalase toko juga tampak pajangan selembar foto lama dengan gambar sebuah masjid di Surabaya pada masa lampau. Sayang di foto itu tidak disebutkan sama sekali  informasi tentang masjid itu.  


Di bagian luar gedung utama yang masih termasuk  dalam kompleks Kantor  Pos Besar Surabaya ini juga terdapat bangunan gedung  lainnya yang bentuk dan gaya bangunannya kuno.


Di Kantor  Pos Besar Surabaya inilah segala aktifitas dan kegiatan tentang Pos di Surabaya dan Jawa Timur dipusatkan







3 komentar:

  1. Indonesia selalu menyimpan kenangan indah di hati setiap masyarakatnya ... Saya memfavoritkan bung Karno :)

    BalasHapus
  2. artikelnya sangat bagus gan, makasih banget dah,

    BalasHapus