Minggu, 10 Maret 2013

Indahnya Bangunan Masjid Jin Di Malang

Beberapa pengunjung saat itu  tampak kebingungan. Mereka seperti hendak mencari jalan untuk naik ke lantai atas gedung berlantai 11 itu. Begitu pula dengan pengunjung lainnya yang hendak turun. 

Walau ada petunjuk jalan yang terpasang pada beberapa titik tanpa disertai pemandu, tetap saja kebingungan itu melingkupi pengunjungnya. 


Pasalnya disana ada banyak banyak tangga yang naik atau turun dengan tiga kemungkinan.

Kemungkinan itu adalah akan membawa pengunjung menuju ke lantai berikutnya, menuju ke ruangan buntu atau kembali pada lokasi semula. 

Begitulah suasana yang biasa terjadi dan bisa dijumpai saat berkunjung ke Masjid Jin atau Masjid Tiban yang berlokasi did aerah Turen - Malang, Jawa Timur.

Sesuai dengan namanya yang unik, kebingungan itu terasa menjadi pengalaman unik bagi pengunjung disamping pengalaman menikmati pesona keindahan bangunannya.  
Memasuki satu dari dua pintu utama itu saja sudah membuat saya juga merasa bingung mau mengawali penyusuran ruangan-ruangan disana karena hendak memulainya dari mana terlebih dahulu.
Akhirnya saya menyusuri lantai yang paling bawah terlebih dulu. Rasa decak kagum saya senantiasa mengalir tiada henti menyimak keindahan pada ornamen, interior dan eksterior  bangunan. 

Ornamen yang umumnya  berupa kaligrafi itu tampak indah dan harmonis dalam perpaduan warna emas, biru dan putih. Belum lagi dengan adanya akuarium dan  lampu hias yang berwarna-warni yang tentu bila menyala pada malam hari akan semakin menambah keindahannya.

Dari  di tengah perjalanan pada lantai 1 bisa dijumpai halaman yang luas dengan bangunan di sekitarnya yang beberapa diantaranya banyak yang masih belum selesai pengerjaan dan pembangunannya.
_______________________________

Layanan untuk Web Hosting dan Domain Anda :








Lantai paving stone dan pilar-pilar  yang dicat dengan pola warna tertentu menjadi pelengkap keindahannya.

Pada ujung lantai 1 itu ternyata bersambung pada Halte 2  sebagai tempat bagi pengunjung untuk laporan pada petugas jika hendak meninggalkan kawasan ini dan menukarkan tiket masuknya yang tidak dipungut biaya alias gratis itu.

Setelah menikmati panorama di lantai dasar, saya kemudian menuju ke lantai berikutnya yang juga banyak terdapat tangga naik dan turun. Sebenarnya disana juga terdapat lift. Tetapi menurut informasi dari seorang santri yang saya konfirmasi menjelaskan bahwa lift itu hanya digunakan untuk tamu yang khusus dan istimewa saja.

Pada lantai kedua hingga selanjutnya itu juga terdapat banyak ruangan dengan ornamen yang indah dan artistik. Diantaranya adalah ruangan Ndalem Lama dan Ruangan Ndalem Baru sebagai ruangan keluarga pemilik bangunan pondok ini. 
Tetapi disana  saya tidak menjumpai satupun anggota keluarga pemilik pondok ini , selain para pengunjung yang asyik  menikmati keindahan ruangan dan berfoto ria. Ruangan Ndalem Baru  itu sangat indah dan megah laksana istana dengan kursi-kursi berukir yang bentuknya seperti singgasana raja. 

Sedangkan di ruangan Ndalem Lama terdapat semacam ruangan tamu yang dihiasi dengan pepohonan dan tanaman plastik yang beraneka warna plus kolam ikan. Di bagian atas lorong jalan menuju kedua Ruangan Ndalem itu berhias lampu gantung yang bergaya klasik.
 
Selain menjumpai ruangan yang sudah jadi dan tampak indah dengan penerangannya, ada juga ruangan-ruangannya yang masih belum jadi dan tampak gelap gulita.

 
Yang menarik, pada ruangan di lantai paling atas terdapat ornamen yang bentuknya seperti bebatuan yang menggantung di dalam gua. Di dinding ruangan ini berhiaskan ornamen kaligrafi yang terbuat dari kuningan.

Tak hanya itu saja, disana juga terdapat semacam tempat untuk beristirahat bagi pengunjung lengkap dengan kafetaria yang menjual camilan ringan dan minuman segar. Ada juga deretan stand yang menjual produk souvenir , pakaian dan sebagainya.

 Di dekat tempat beristirahat yang cukup luas itu ada kolam ikan dengan ornamen beberapa bongkahan batu yang besar.Adanya tempat beristirahat itu terasa menghibur juga mengingat begitu tinggi dan luasnya bangunan ini.
Sambil beristirahat , saya menikmati camilan gorengan berupa tempe goreng, onde-onde, gemblong goreng dan tahu goreng yang harganya cukup murah Rp 1000/ per satuan. Sedangkan segelas minuman segarnya dibandrol Rp 2.500 dengan pilihan Es Buah Segar atau Es Bubur Kacang Hijau.  Ah, nikmatnya ...!


Artikel  menarik lainnya tentang Masjid Jin ini bisa Anda baca dengan Langsung KLIK  Link berikut ini :



1 komentar:

  1. melayani jasa jasa pasang dan perbaikan sebagai berikut..


    CCTV bisa dipantau dg hp.

    AC pendingin ruangan.

    bel panggil perawat atau pegawai.

    running text LED.

    GPS tracker buat kendaraan.

    ALARM gedung.

    PABX telephone lokal.

    Panel listrik dan instalasi.

    design alat sesuai kebutuhan.

    bel jam otomatis.

    alat elektronik mesincuci dll

    Speaker gedung.

    untuk info lebih lanjut mohon hub saya.
    0822 315 625 89
    Atau
    tsabitataya@gmail.com

    Saya siap brkunjung ke tempat anda.




    ac tidak dingin , servis cctv di malang , tukang cctv , cctv paket berapa , harga cctv , dvr tidak bisa merekam , jasa cctv di malang , cctv di gondanglegi ,. cctv di turen ; beli cctv dimana , cctv mati , pasang cctv, telepon rusak , pbx , kediri , blitar , , pabx , interkom mati , setting pabx di kediri , cctv di kediri, nganjuk , madiun , cctv rusak , dengan , di , pabx , ngadiluwih , pare , dampit , rumah aman , turen , kepanjen , makanan , rejoso , kepanjen , ac rusak , ac dengung , cctv mati , telepon tidak bunyi , tulungagung , malang, madiun , jombang , tidak bisa online , cctv indoor , harga murah , cctv indoor, cctv di turen , servis cctv di malang ,
    rusak ? hub kami. cctv di nganjuk, jual cctv di turen, cctv murah di nganjuk, cctv rusak, cctv tidak bisa onlen, cctv android, jasa cctv di kepanjen, tukang cctv di dampit, ahli pasang cctv, pasang cctv di kediri, jual cctv malang, fungsi cctv adalah, beli cctv dimana, cctv dome, cctv buat rumah, cctv kena petir, pengaman rumah, alarm rumah, cctv yang murah, rekaman cctv, bisa dilihat dg hape, cctv mati, cctv di nganjuk, jasa cctv di kediri, cctv di tulungagung, cctv di batu malang, dvr tidak merekam, cctv tahan cuaca, spycam, hidden kamera, cctv kecil, cctv analog, ac tidak dingin, ac tambah freon, r22, ac mati hidup, pabx rusak, telepon mati, ada kerusakan, ac di turen, ac di malang, nambah freon, ac di malang, service ac, pabx, telepon putus, dering telepon, kenapa telepon mati,

    BalasHapus