Selasa, 05 Maret 2013

Jejak Perjuangan Di Benteng Kedung Cowek


Kawasan itu seperti hutan dengan pepohonan dan semak-belukar yang lebat. Tak sembarang pengunjung bisa masuk kesana. Apalagi kawasan itu dalam pengawasan militer yang setiap harinya dijaga oleh personel dari militer.

Siapa sangka jika di sana terdapat jejak perjuangan bangsa pada masa lampau yang berupa bangunan benteng. Konon, disana ada banyak peninggalan peralatan perang yang menjadikan kawasan itu tertutup untuk umum.
_____________________________________ 
____________________________________
Benarkah disana banyak terdapat ranjau yang masih aktif ?

Bangunan  itu bernama Benteng Kedung Cowek. Lokasinya berada di daerah Tambak Wedi, Kedung Cowek - Surabaya.
______________________________________________ 
 Dapatkan Poin Gratis Di Surfactif 
  
____________________________________________________________________

 Di daerah ini ada dua bangunan benteng kuno yang biasa disebut dengan nama Benteng Sekolah dan benteng Gudang Peluru.

Benteng Gudang Peluru adalah nama lain dari benteng Kedung Cowek. Benteng ini berada di tepi pesisir Surabaya yang bila berada disana kita pada sisi timurnya kita  bisa menyaksikan megahnya Jembatan Suramadu.
 
Mendekati kawasan ini di bagian depan terdapat sebuah pos jaga dengan personel militer yang siaga mengawasi dan menjaga kawasan Benteng Kedung Cowek.
_______________________________
Layanan untuk Web Hosting dan Domain Anda :



 
 Click here : Pasar Hosting 
   ______________________________
  
Dari pos ini harus berjalan kaki sejauh sekitar 100 meter untuk menuju ke bangunan benteng dengan menyusuri bibir pantai di sisi timur Jembatan Suramadu. 
 
Sebuah papan kayu yang betuliskan Stop - Dilarang Masuk menjadi peringatan bagi siapa saja yang memasuki kawasan ini tanpa izin.

Dari kejauhan, sosok benteng itu mulai terlihat.Bangunan yang tampak  kusam dengan jamur dan kerak yang menghitam pada dinding bangunannya menegaskan kekunoan bangunan itu.Sepintas terasa ada nuansa Dunia Lain disana mengingat bangunannya yang lama , kosong, tak terawat dan tak berpenghuni.


Di kawasan ini ada setidaknya 5 blok bangunan benteng. Sebagian tampak tak terawat dengan dirambati semak belukar. Sedangkan sebagian lainnya pada beberapa waktu yang lalu sudah dibersihkan oleh pasukan dari Arhanudse 8 Gedangan - Sidoarjo dengan dibantu oleh personel Roode Brug Soerabaia.

  benteng kedung cowek

Keterlibatan militer dengan benteng Kedung Cowek ini  tak bisa lepas dari latar belakang benteng ini yang menyimpan kisah heroisme cikal bakal berdirinya Batalion Artileri TNI AD.

=======================================================================

Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :

Menambang Uang Melalui Facebook dan Blog
Bisnis Online Modal Rp 10 Ribu
OLeh-oleh Khas Tuban 

Misteri Masjid Jin Yang Indah dan Megah
Wisata Religi Ke Pura Di Jawa Timur  
Masjid Muhammad Cheng Hoo Yang Berhias Lampion 
Keunggulan Bergabung dan Menulis di Vlog - Vivanews   
Jejak Tragedi Gerbong Maut Di Museum Brawijaya
 
Jejak Kebesaran Sunan Giri Di Gresik
Mahkota Emas Kerajaan Dan Kesultanan Di Nusantara



Patung Budha Yang Indah dan Unik Di Jawa Timur 
Kelenteng Dengan Lukisan Kuno Yang Indah  
Jejak Budaya Masa Lampau Di Makam Sunan Bonang

Gereja Yang Indah Dan Unik Di Jawa Timur 

Eksotisme Wisata Air Terjun Sri Gethuk


Swastika Ala Nazi Di Kelenteng Kwan Sing Bio 
Nuansa Seram Dalam Ritual Sumpah Pocong
Mengenang Gus Dur Di Kelenteng Boen Bio
Menikmati Surabaya Dengan Surabaya Heritage Track 
Legenda Kwan Kong Di Kelenteng Kwan Sing Bio

Suharto, Hercules Bergigi Baja Dari Tuban  
Masjid Aschabul Kahfie Di Dalam Gua Yang Unik 

Megahnya Istana Kaisar Di Kelenteng Kwan Sing Bio
Nostalgia Masa Kecil Di Museum Anak Kolong Tangga

Ovi, Gadis Hulk Yang Perkasa Dari Tuban 
Menguji Nyali Di Tebing Watu Ondo
Mengenang Fenomena Aneh Gadis Kristal Di Tuban
Camilan Ampo Yang Terbuat Dari Tanah 
Ongkek Yang Langka Di Museum Kambang Putih Tuban 

Dinding Jebol Jejak Pelarian Pangeran Diponegoro
Foto Rongten Korban Santet Di Surabaya
Mobil Rolls Royce Kuno Milik Dinasti Sampoerna








================================================================

Benteng tersebut didirikan oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda untuk mengantisipasi serangan militer dari wilayah utara laut Surabaya. Pada beberapa bloknya terdapat bangunan semacam tower sebagai tempat meriam. Tower itu menghadap langsung ke arah laut utara Surabaya
benteng kedung cowek
Pada pertempuran Surabaya 1945, diperkirakan lebih dari 200 pejuang gugur dibenteng ini ketika meriam meriam pantai yang mereka operasikan harus beradu nyawa dengan moncong-moncong meriam dari kapal perang Inggris.

Dalam pertempuran 10 November 1945 sampai penghujung bulan Oktober 1945, dengan menggunakan Benteng Kedung Cowek ini sebagai basis, Pasukan yang dikenal dengan nama Pasukan  Sriwijaya menggempur pasukan Inggris dengan menggunakan berbagai jenis meriam dan senjata artileri peninggalan Belanda dan Jepang. 

Tetapi setelah dibombardir tentara Inggris, Pasukan Sriwijaya pun terpaksa meninggalkan Benteng Kedung Cowek dan mundur ke arah Selatan, dengan lebih dari sepertiga pasukannya gugur.

Tertutupnya kawasan ini pada publik tentu sangat disayangkan. Tetapi hal itu bisa dimaklumi jika demi keselamatan para pengunjungnya karena kono ditempat in masih banyak terdapat peralatan perang seperti ranjau yang masih aktif.

Banyak pihak yang berharap semoga kelak Benteng ini bisa dibuka untuk umum dan menjadi obyek wisata sejarah berupa bangunan Benteng.

Diantaranya adalah Ady Setyawan, S.T. dari komunitas Roode Brug Soerabaia yang berharap agar benteng Kedung Cowek ini kelak bisa menjadi destinasi wisata sejarah seperti Benteng Vredeburg di Yogjakarta dan benteng-benteng lainnya di nusantara.

Tentu perjalanan Benteng Kedung Cowek ini bisa terbuka untuk umum masih sangat panjang karena membutuhkan koordinasi dari pihak militer dan pemerintah.







 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar