Minggu, 24 Maret 2013

Tips Mudah Untuk Menulis Di Blog

Menulis itu sangat mudah untuk dilakukan. Karena pada dasarnya menulis adalah memberikan gambaran tentang apa yang ingin kita sampaikan tentang suatu hal, peristiwa atau kejadian. Tetapi ternyata bagi sebagaian orang, menulis ternyata menjadi hal yang sangat sulit untuk dilakukan.

Berbagai alasan bisa menjadi kendala bagi mereka. Begitu pula untuk menulis di blog.
_____________________________________ 
 
___________________________________

Seperti alasan yang saya jumpai pada  suatu ketika, saya membaca sebuah status di facebook milik seorang rekan blogger. Di statusnya itu dia mengeluh betapa sulitnya untuk memulai menulis di blog. 

Dia beralasan ketika hendak menulis suatu hal tentang A, ternyata sudah blogger lainnya yang menulis tentang A itu.




Begitu pula ketika dia hendak menulis tentang B, ternyata sudah  ada banyak artikel tentang B yang di buat oleh blogger lainnya.


Benarkah menulis di blog atau blogging itu sangat sulit untuk dilakukan? Berikut adalah tips agar mudah untuk menulis di blog.

1. Tak Ada Tulisan Yang Sama.

Seperti ungkapan Beda orang beda masakannya, begitu juga dengan tulisan ini karena beda orang tentu beda tulisannya.
______________________________________________ 
 Dapatkan Poin Gratis Di Surfactif 
   



_______________________________________________

Kecuali bila tulisan itu merupakan hasil jiplakan ( copy paste ) 100% dari tulisan karya orang lain. Praktek curang semacam ini biasa dilakukan oleh sebagian oknum blogger yang tak kreatif.


Penggambaran mudahnya seperti ini, selama ini sudah ada ribuan atau bahkan  blogger yang berkunjung ke Candi Borobudur dan menulis tentang pesona kisah dan keindahannya.




Tetapi nyatanya sampai dengan saat ini ternyata masih ada blogger lainnya yang juga menulis tentang Candi Borobudur itu.


Tentu banyak perbedaan pada tulisan blogger itu baik dari segi bahasa, ide dan gagasan atau foto-foto penunjangnya. Bahkan untuk foto-foto itu sendiri pun tak mungkin ada yang sama antara foto yang satu dengan foto lainnya.

2.  Sederhana Tapi Menarik
 
Diantara blogger mungkin ada yang beranggapan untuk menulis di blog itu harus sesuatu yang Wah dan Wow, banget. Dalam arti harus yang serba canggih, intelek, ilmiah dan hal-hal yang diatas standard lainnya. 
Anggapan seperti ini tentu keliru karena blogging memberi banyak kebebasan untuk berekspresi baik dalam hal bahasa, ide, tata letak dan sebagainya sesuai dengan minat dan karakter blogger.
 

Banyak hal yang sederhana dan dijumpai di sekitar kita menarik untuk menjadi bahan tulisan di blog. Apa yang sepertinya sederhana dan tak menarik di sekitar Anda, bisa jadi hal yang menarik bagi yang lainnya. 

Misalnya saja ada tradisi dan budaya yang merupakan hal biasa  dan sering dilakukan  di daerah Anda sehingga Anda tak menganggapnya sebagai hal yang menarik.

Tetapi karena tradisi dan budaya itu tak ada di daerah lainnya, tentu hal itu bisa menjadi hal yang menarik bagi pengunjung blog dari lainnya untuk bisa mengetahui tentang tradisi dan budaya itu. Begitu pula dengan pengunjung blog dari mancanegara yang tentu mereka tak bisa menjumpai hal seperti itu di negaranya.

3.Niat
 
Untuk memulai menulis, teguhkan niat Anda itu memang untuk menulis. Tak perlu berpikiran sudah ada blogger lainnya yang menulis hal yang sama, ada yang akan membaca atau tidak dan sebagainya.

Pengalaman saya ketika menjelajah di suatu kota atau daerah dan menjumpai tentang suatu hal yang bisa menjadi bahan tulisan di blog, saya tak pernah berpikir dan berpusing ria apakah hal itu sudah ditulis oleh blogger lainnya.


Saya segera mengambil foto-foto yang menarik,mengumpulkan data baik dari wawancara dengan nara sumber, googling , buku dan sebagainya. Setelah semuanya siap kemudian  segera saya buat tulisannya.

Tak jarang dari artikel blog itu yang sebelumnya tidak ada di indeks pencarian google, setelah saya share di Vivalog dan dibaca oleh banyak pengunjung blog, akhirnya artikel itu justru berada di tingkat pertama dalam indeks pencarian Google hanya dalam waktu beberapa jam saja. 

4.Kronologis 

Agar lebih mudah untuk menulis, usahakan untuk membuat tulisan secara kronologis dengan memberikan penggambaran yang berurutan dari awal sampai akhir. Sebagai kalimat pembuka, Anda bisa memulainya dari menuliskan apa yang menarik dari ide tulisan Anda itu baru kemudian masuk ke ide utama dan selanjutnya secara berurutan.

5. Ringkas dan Padat 

Untuk blogging, tak perlu membuat tulisan yang sangat panjang seperti buku atau  makalah yang justru malah akan menjemukan bagi pembacana. Satu halaman saja untuk tulisan sudah cukup. Biar menarik, usahakan melengkapinya  dengan foto-foto atau gambar yang berkaitan.
Bila hal yang sedang Anda tulis itu terlalu banyak dan panjang materinya yang juga sangat menarik untuk ditulis, ada baiknya untuk menulisnya dalam artikel yang berbeda.Dalam  satu lokasi wisata yang saya kunjungi, saya sering menuliskannya dalam beberapa artikel yang berbeda dengan sudut pandang, foto dan ide yang berbeda pula.
 
Tak masalah sejauh ide itu memang menarik dan bisa menjadi artikel berbeda dan berdiri sendiri. Misalnya saja di suatu kawasan  wisata terdapat  Candi, air terjun, benda-benda purbakala dan sebagainya, tentu sangat menarik bila dibuat artikel tersendiri tentang Candi, air terjun dan benda-benda purbakala. Sayang jika posting blognya  hanya menggambarkan wisata candi, air terjun dan benda-benda purbakala itu dalam 1 artikel saja. 

6. Deskriptif 
 

Ini bisa Anda lakukan dengan memberikan gambaran yang sedetail mungkin tentang apa yang Anda lihat, anda rasakan atau hal lainnya yang ingin Anda sampaikan. Bisa berupa kritik, saran, dan sebagainya.

                Mudahnya Transaksi ONline Dengan IPAYMU 


Pada intinya deskriptif ini berorientasi pada prinsip utama menulis yaitu 5 Wh + H ( What, Why, Where, Who, When + How ).Anda bisa merangkai kalimat-kalimatnya dengan  mengutak-atik  prinsip itu sehingga membentuk paragraf demi paragraf.
Nah, begitulah tips dari saya agar mudah untuk menulis di blog atau blogging. Yakinlah dengan menerapkannya dan tetap tekun berlatih, saya rasa tak ada alasan susah lagi untuk menulis di blog.

Tentu hal ini tak berlaku bagi blogger yang hanya mengandalkan untuk menjiplak dan copy paste tulisan orang lain. Mungkin mereka lupa bahwa esensi dari blogging adalah berlatih untuk menulis dan menyampaikan ide/gagasan dalam gaya bahasa dan bertutur ala personal.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar