Kamis, 21 Maret 2013

Dua Makam Kuno Yang Terkenal Di Gresik

Dua makam ini sangat terkenal di kota Gresik - JawaTimur yang didatangi oleh banyak peziarah.Keduanya merupakan makam dari sosok yang berpengaruh pada masa lampau. Kharisma kedua tokoh itu seakan terwakili dari banyaknya peziarah yang datang kesana.

Walau lokasinya berdekatan dan berada dalam satu kawasan, ternyata ada beberapa perbedaan pada kedua makam itu.
_____________________________________




___________________________________
 
Perbedaan itu terlihat dari bentuk makam sebagai pengaruh dari budaya yang melingkupinya yaitu budaya Arab dan Jawa. Kedua makam itu adalah makam Maulana Malik Ibrahim dan makam Bupati Gresik yang pertama.


1. Makam Maulana Malik Ibrahim
Seperti halnya Kota Tuban, ada yang istimewa dengan Kota Gresik – Jawa timur. Di daerah yang berbatasan dengan Surabaya ini banyak terdapat makam para penyebar Ajaran Islam dan aulia lainnya.


Selain makam Sunan Giri, di Gresik juga terdapat makam Syekh Maulana Malik Ibrahim yang juga menjadi salah satu tujuan wisata Siarah Walisongo dan wisata religi lainnya.Syekh Maulana Malik Ibrahim yang juga disebut Sunan Gresik ini berada di desa Gapura Sukolilo, sekitar 200 meter arah timur dari alun-alun Kota Gresik.



Makam Maulana Malik Ibrahim berada di tepi jalan raya sehingga bisa terlihat ioleh siapa saja yang melintas di jalan itu.


 
Memasuki kompleks makam ini di bagian depannya terdapat sebuah gapura kuno yang berbentuk Paduraksa yang tidak begitu lebar pintu masuknya.


Kompleks Makam Sang Sunan tampak bersih dan terawatt dengan baik. Makam itu berada dalam naungan sebuah cungkup yang berbentuk Joglo dan terbuat dari kayu jati.



Cungkup itu cukup luas dan lega tanpa ada dinding penyekatnya sama sekali sehingga pengunjung bisa melihat makam itu dengan jelas dan dari jarak dekat.


Makam Maulana Malik Ibrahim berada di bagian tengah cungkup itu dengan diberi pagar besi yang sederhana.Ada tiga makam kuno di dalamnya yang batu nisannya berselbung kain putih berona hijau pastel dengan bahan dan warna yang hampir sama. Tetapi ketiga makam itu memiliki ornament dan ukuran yang sedikit berbeda.

 Makam Maulana Malik Ibrahim berada di sebelah kiri yang bersanding dengan makam sang isteri Syayyidah Siti Fatimah, dan makam putranya yaitu Syekh Maulana Maghfur.
Di sisi depan makam terdapat ornamen ayat-ayat al-Qur’an. Namun sayang karena untuk ornamen pada makam Syekh Maulana Maghfur tampak sudah terkelupas pada beberapa bagiannya.

Di sekitar makam Sang Sunan dikelilingi oleh banyak makam kuno lainnya. Beberapa diantaranya terdapat makam dengan batu nisan yang bertuliskan huruf Arab.Salah satu makam kuno itu adalah Makam Maulana Ishak, yaitu saudara Maulana Malik Ibrahim, dan ayah dari Sunan Giri. Di sebelah makam itu juga terdapat Makam Syekh Maulana Makhrubi.
2. Makam Bupati Gresik Ke-1
Gapura setinggi 7 meter itu berbentuk  Paduraksa yang khas.Pada bagian atas gapura terdapat hiasan bertuliskan dalam huruf Arab dan huruf Jawa . Tertulis juga disana bahwa gapura itu merupakan  penanda Makam Bupati Gresik yang pertama dan bernama  Kyai Toemenggoeng Poespo Negoro I.

Makam kuno ini berada di Desa Gapura Sukolilo Kecamatan  Kota – Gresik, sekitar 200 meter arah timur dari alun-alun kota.Berada dalam satu lokasi dengan kompleks makam Syekh Maulana Malik Ibrahim yang dipisahkan dengan adanya gapura itu.
Cukup menarik menyimak makam ini karena di sekitarnya  terdapat banyak makam kuno lainnya dengan naungan pohon-pohon kamboja. Setelah melewati gapura pertama yang berbentuk Paduraksa itu,  berjarak sekitar 100 meter terdapat gapura Paduraksa  dengan tulisan dalam huruf Arab dan huruf Jawa.
Di depan gapura Paduraksa ini pada sisi kanannya  terdapat sebuah tiang  setinggi 1,5 m dengan hiasan motif ukir-ukiran. Sedangkan pada sisi kirinya terdapat batu yang bentuknya menyerupai hewan kodok. 

Batu yang disebut Batu Kodok itu tampaknya dikeramatkan  karena banyak terdapat  tumpukan bunga setaman di sekitarnya.
  
Di belakang gapura itu terdapat cungkup makam  yang berbentuk Joglo.  Cungkup makam itu memiliki pintu masuk yang kecil dan rendah dengan bertirai kain putih sehingga pengunjung harus menundukkan tubuh dan kepalanya ketika memasukinya sebagai bentuk salam dan penghormatan kepada almarhum.


Pada bagian atas gapura terdapat hiasan tulisan Arab dan hiasan ukir-ukiran pada bagian kanan dan kiri pintu masuk.

Pada sisi kanan dinding bagian depan cungkup makam  terdapat ornament bermotif Surya Majapahit dengan tulisan  Arab berlafalz Allah dan Muhammad dan tulisan lainnya

Free Trial 41.000 Movies  + TV  Episode = Amazon Prime 

======================================================================

Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 


Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

======================================================================



 ====================


Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :












1 komentar: