Jumat, 28 Juni 2013

Lukisan Cangkang Telur Yang Indah Dan Unik


Lukisan yang menggunakan media cat dalam berbagai bentuknya tentu merupakan hal yang biasa saja. Ada banyak seniman yang sudah membuat lukisan seperti itu. Tetapi jika lukisan itu dibuat dengan menggunakan pecahan cangkang telur, tentu bukan lukisan yang biasa saja.

Lukisan cangkang telur itu sangat menarik. Detail dan ekpresifnya pada tiap lukisannya sangat kuat dan begitu hidup.



Tentu tak mudah untuk membuat lukisan seperti ini. Butuh ketekunan dan ketelitian tersendiri untuk menyusun mozaik-mozaik cangkang telur menjadi sebuah lukisan yang utuh

Menyimak lukisan-lukisan itu sungguh mengagumkan. Tak jarang kita bisa langsung mengetahui siapa sosok yang menjadi model lukisannya. 
 


Seperti halnya lukisan dengan model Yuni Shara, Sandra dan tamara Blezynky.Melihat gaya senyuman dan rambut mereka  saja, dari kejauhan sudah dapat tertebak siapa sosok  artis yang ada dalam lukisan itu.


Saya menjumpai lukisan yang indah dan tak biasa itu ketika berkunjung ke Pameran EnvironmenTalk di Galeri Seni di House Of Sampoerna - Surabaya yang berlangsung saat ini hingga tgl 21 Juli 2013.Dalam pameran itu menampilkan karya dari tiga seniman yaitu Haris Fadhilah ( Bandung ) Edi Dolan ( Bandung ) dan Asep Nugraha ( Surabaya).


Adalah Haris Fadhilah, seniman yang membuat karya lukisan ala cangkang telur itu. Dalam perbincangan dengannya di galeri itu, Haris menuturkan bahwa memang tidak mudah untuk membuat lukisan dengan cara yang digelutinya itu. 



Selain membutuhkan ketekunan dan  kesabaran, juga harus memilah-milah ukuran dan bentuk pecahan cangkang telur yang sesuai untuk ditempelkan pada lukisan.


Haris sendiri sebelumnya berprofesi sebagai fashion desainer. Karena merasa jenuh dengan profesi sebelumnya itu dan tertantang oleh dua orang guru seninya itu, pria ini kemudian mencoba membuat sesuatu karya seni yang baru. 


Setelah beberapa kali membuat karya seni yang baru tetapi belum memuaskan tantangan guru seninya itu,Haris akhirnya mendapatkan ide untuk membuat lukisan dengan menggunakan media cangkang telur.

Ide itu dia dapatkan ketika dia sedang memasak nasi goreng bersama istrinya  di dapur rumahnya. Saat itu, tanpa sengaja dia menginjak cangkang telur yang dibuang di letakkan di lantai oleh sang istri. 
______________________________


Layanan untuk Web Hosting dan Domain Anda :






 _____________________________

Ketika menginjak cangkang itulah, Haris akhirnya mendapatkan ide yang dia rasa brilian yaitu memanfaatkan cangkang telur itu untuk media melukis. 

Dia lalu segera mewujudkan ide seninya itu dengan membuat lukisan cangkang telur dengan memilih artis Tamara Blezynky sebagai model lukisan pertamanya. Butuh waktu lama sekitar 3 tahun untuk melakukan eksperimentasi karyanya itu. 


Akhirnya, lukisan perdananya itu kemudian ia tunjukkan pada dua guru seninya yang membuat mereka terperanjat dan kagum atas karyanya itu.

Atensi yang positif dari guru seninya itu menjadi semangat dan motivasi bagi Haris. Dia lalu memutuskan untuk menerjuni melukis  khusus dengan cangkang telur itu. Sambutan yang positif pun dia peroleh dalam berbagai pameran lukisan yang dia gelar di dalam atau luar negeri.Banyak karyanya yang dibeli oleh para kolektor dengan harga sekian  juta rupiah untuk setiap lukisannya.



Melalui pameran EnvironmenTalk ini, Haris juga berharap bisa menyuarakan kepedulian kepada publik agar memiliki kearifan untuk memelihara lingkungan serta memanfaatkannya sebagai media ekspresi seni.

Haris telah menunjukkan bahwa karya seni yang indah ternyata  bisa dibuat dengan menggunakan media yang tampak sederhana saja. Dari cangkang telur yang bagi banyak orang merupakan limbah dan akhirnya menjadi penghuni tempat sampah, oleh Haris ternyata bisa digunakan menjadi media karya seni yang indah dan mengagumkan. 

Free Trial 41.000 Movies  + TV  Episode = Amazon Prime 

======================================================================

Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 

Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

=====================================================================




 ====================

===============

Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :













1 komentar: