Rabu, 19 Juni 2013

Pilihan Berwisata Yang Mengesankan Di Lamongan

Kabupaten Lamongan - Jawa Timur sangat beruntung dengan letak geografinya.Karena disana terdapat banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. 
Diantara destinasi wisata itu adalah Gua Maharani, Wisata Bahari Lamongan dan Makam Sunan Drajat.  


 
Selain menjadi wisata unggulan di Lamongan, letak wisata itu juga cukup berdekatan dan dalam satu lintasan. Karena itu, banyak yang menjadikannya sebagai satu paket wisata saat berkunjung ke Lamongan.
_____________________________________ 


 
___________________________________
 
1.Gua Maharani
Nama Maharani  identik dengan sosok dan nama seorang putri atau wanita yang cantik dan menawan. Begitu halnya dengan Maharani yang berada di Kabupaten Lamongan – Jawa Timur. 

Namun Maharani yang satu ini bukanlah nama sosok wanita atau perempuan. Melainkan nama sebuah gua alami.
Seperti halnya nama Maharani yang berarti cantik, gua yang berada di kecamatan Paciran dalam kompleks wisata Maharani Zoo dan Goa  ini memang benar-benar sangat cantik dan menawan. 
Lokasinya berada di bagian tengah kawasan wisata Maharani yang  berdekatan dengan  wahana White Lion dan  Gallery Gem Stone.
MENGAGUMKAN ! 
 
Begitulah impresi atau kesan pertama yang terucap ketika melangkahkan kaki memasuki  gerbang Goa Maharani yang berhias ornament  sepasang Naga yang bermahkota  di sebelah kanan dan kirinya.
Betapa tidak, di belakang berbang masuk itu membentang hamparan berbagai stalaktit dan stalakmit yang menarik.




Pendaran  bearneka warna cahaya  lampu penerang  dengan penataan yang artistik dan sangat kuat  semakin  memperindah tampilan  dan suasana di dalam gua.


 Lorong dan relung dalam Gua Maharani cukup luas. Di antara bebatuan stalaktit dan stalakmitnya itu tampak rembesan air yang menetes tiada henti.

Di kawasan wisata Gua Mahari ini juga terdapat Maharani Zoo dengan berbagai koleksi satwanya yang menarik.    

2. Wisata Bahari Lamongan 




Tepat di seberang jalan dari wisata Zoo dan Gua Maharani terdapat  destinasi Wisata yang cukup Megah yaitu Wisata Bahari Lamongan. 
Wisata dengan ikon Gerbang berbentuk Kepiting Raksasa ini berada di pesisir utara Laut  Jawa, tepatnya di  Jalan Raya Paciran. 
______________________________

 

Layanan untuk Web Hosting dan Domain Anda :










 _____________________________
Berdiri sejak tahun 2004 sebagai hasil pengembangan wisata yang telah ada sebelumnya yaitu Pantai Tanjung Kodok.
Wisata ini memadukan konsep wisata bahari dan wisata fantasi dalam areal seluas 17 hektar yang dilengkapi dengan berbagai jenis wahana dan Permainan.
 Selain itu juga tersedia pula fasilitas pendukung lainnya seperti Pasar Hidangan, Pasar Wisata, Pasar Buah dan Ikan serta fasilitas umum lainnya.
Tiket masuknya cukup mahal  yaitu untuk weekday Rp 50.000 dan untuk weekend Rp 60.000. 



Tiket itu merupakan Tiket Terusan yang bisa digunakan untuk menikmati segala jenis permainan yang ada dan tak perlu membayar lagi, kecuali untuk jenis wahana dan permainan tertentu.
Berkunjung ke Wisata Bahari Lamongan ini rasanya tak cukup menikmatinya dalam sehari saja karena begitu banyaknya jenis wahana dan permainan.

3.Makam Sunan Drajat

Bagi mereka yang suka dengan kegiatan wisata religi dan spiritual, di Lamongan juga terdapat destinasi wisata religi Makam Sunan Drajat.


Setiap harinya, kawasan wisata  ini senantiasa didatangi oleh banyak wisatawan. Baik yang sekedar untuk wisata pengetahuan, wisata religi, atau wisata minat khusus. 



Tak jarang, banyak diantara wisatawan ini yang datang kesana dengan harapan memperoleh berkah dari Sang Sunan.




Selain terdapat makam, disana juga terdapat museum yang menyimpan benda-benda yang berkaitan dengan sejarah Sunan Drajat.









 Makam Sunan Drajat berada di Desa Drajat, Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan dan menjadi salah satu tujuan kegiatan Wisata religi.





Sunan Drajat adalah putra dari Sunan Ampel dan diperkirakan lahir pada tahun 1470 masehi. Nama kecilnya adalah Raden Qasim, yang mendapat gelar Raden Syarifudin. 




Sunan Drajat mendirikan pesantren Dalem Duwur di desa Drajat, Paciran, Kabupaten Lamongan. 





Daerah ini diberikan oleh kerajaan Demak. Beliau juga diberi gelar sebagai Sunan Mayang Madu oleh Raden Patah pada tahun saka 1442/1520 masehi



Dalam hidupnya, Sunan Drajat dikenal dengan filosofi dan jiwa kepedulian sosialnya pada warga yang tidak mampu. 
______________________________________________ 


   


 

_______________________________________________

 
Filosofi Sunan Drajat dalam pengentasan kemiskinan itu terabadikan dalam sap Tangga ke tujuh dari tataran kompleks  Makam Sunan Drajat dan Relief kayu yang di cungkup Makam.




Sunan Drajat juga dikenal sebagai seorang Wali yang membuat tembang ( lagu Jawa ) Mocopat yakni Pangkur yang dimainkan dengan seperangkat Gamelan yang disebut Singo Meng­kok


Seperangkat gamelan Kuno Sunan Drajat itu kini tersimpan di Museum Sunan Drajat yang berada di kompleks makam Sunan Drajat.






Pada tahun 1992 dilakukan pemugaran Cungkup makam dan pembangu­nan Gapura Paduraksa serta pembangunan kembali Masjid Sunan Drajat .
 

Sedangkan pada tahun 1993-1994 dilakukan pembenahan dan pembangunan Situs Makam Sunan Drajat yang dilanjutkan dengan pembangunan pagar kayu berukir, renovasi paseban, bale rante serta Cungkup Sitinggil.


Sayang Pemugaran dan pembangunan kembali di kompleks makam Sunan Drajat ini justru terkesan merusak Keindahan dan keaslian situs bersejarah makam Sunan Drajat.

Nah jika Anda sedang berkunjung ke Lamongan, ketiga destinasi wisata unggulan itu rasanya sayang untuk Anda lewati begitu saja.






=======================================================================




Break Session :


 
 
 

Eksotisme Wisata Air Terjun Sri Gethuk


Swastika Ala Nazi Di Kelenteng Kwan Sing Bio 
Nuansa Seram Dalam Ritual Sumpah Pocong
Mengenang Gus Dur Di Kelenteng Boen Bio
Menikmati Surabaya Dengan Surabaya Heritage Track 
Legenda Kwan Kong Di Kelenteng Kwan Sing Bio

Suharto, Hercules Bergigi Baja Dari Tuban  
Masjid Aschabul Kahfie Di Dalam Gua Yang Unik 

Megahnya Istana Kaisar Di Kelenteng Kwan Sing Bio
Nostalgia Masa Kecil Di Museum Anak Kolong Tangga

Ovi, Gadis Hulk Yang Perkasa Dari Tuban 
Menguji Nyali Di Tebing Watu Ondo
Mengenang Fenomena Aneh Gadis Kristal Di Tuban
Camilan Ampo Yang Terbuat Dari Tanah 
Ongkek Yang Langka Di Museum Kambang Putih Tuban 

Dinding Jebol Jejak Pelarian Pangeran Diponegoro
Foto Rongten Korban Santet Di Surabaya
Mobil Rolls Royce Kuno Milik Dinasti Sampoerna








1 komentar: