Rabu, 11 Juli 2012

dr. Haryadi Soeprapto, Sosok Perintis Museum ' SANTET '

Walau masih cukup sepi pengunjung yang hanya berkisar 15-30 pengunjung dalam setiap harinya, keberadaan Museum Kesehatan dr. Adhyatma  MPH  atau yang lebih dikenal dengan Museum Santet di jalan Indrapura – Surabaya patut diapresiasi. 



Selain karena benda-benda koleksinya yang khas dan menarik,  koleksi  itu merupakan benda-benda kuno  yang  beberapa diantaranya berasal dari berbagai penjuru Nusantara.


Adalah dr. Haryadi Soeprapto , DOR, MSc .( 70 ), sosok yang sangat berperan dan berjasa sebagai perintis berdirinya Museum Kesehatan. 

Pria yang merupakan suami dari  Latifah Djauhari inilah yang dengan kesadarannya telah bersusah-payah mewujudkan berdirinya museum ini.

Museum yang telah digagasnya sejak tahun 1990 itu berawal dari banyaknya benda  yang menganggur sia-sia dan ditempatkan di sebuah gudang yang ada di kantornya, sementara benda-benda itu masih cukup baik dan bisa difungsikan.

Saat itu, kakek yang telah pensiun itu bekerja sebagai peneliti di Pusat  Humaniora Kebijakan Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat – Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Atas pengetahuan dan seijin dari pimpinannya, benda-benda yang berkaitan dengan dunia kesehatan dan tradisi budaya masyarakat di nusantara  itu kemudian ditempatkan dan ditata  dalam etalase kaca.

Benda-benda itu kemudian  menempati  beberapa ruangan yang kosong  dan  tidak ditempati selama puluhan taun  yang ada  di kompleks kantor.
  
 Benda-benda yang ditempatkan dalam beberapa ruangan Sasana itu  dia klasifikasikan mengikuti jenis koleksi dan standard museum pada umumnya.

Selama itu pula, dr Haryadi Soeprapto secara perlahan tapi pasti  juga berusaha menambah   koleksi benda-benda museum  baik dengan  mendapatkannya secara  pribadi atau pemberian dari kenalan atau relasinya.
=================================================================
Diantaranya adalah benda-benda yang berkaitan dengan dunia santet dan  sebagainya yang bernuansa mistis dan magis yang menjadikan museum ini sangat fenomenal. Karena tertarik dengan dunia persantetan itulah, Beliau dengan timnya mengadakan penelitian tentang santet di daerah Banyuwangi  sejak tahun 1998-2005.

Selama penelitian itu , beliau juga belajar ilmu dan meditasi dengan bertempat di lokasi hutan Baluran selama beberapa hari sampai akhirnya dr. Haryadi Suprapto juga bisa menguasai ilmu tentang perdukunan dan persantetan itu.


Beliau yang saat ini masih aktif membuka praktik sebagai dokter umum di kliniknya itu juga tidak keberatan  dikenal dan dijuluki sebagai Dukun Santet , dengan catatan  sebagai Dukun Santet yang baik.Karena  berkebalikan dengan dukun Santet pada umumnya , dr. Haryadi Soeprapto justru   berupaya membantu mengobati dan menyembuhkan  orang-orang yang terkena santet.
Selain sebagai dokter  dan akademisi, dr. Haryadi Soeprapto juga dikenal sebagai seseorang yang mempunyai ‘ daya linuwih ‘  dengan kemampuan spiritual  dan indera keenamnya  yang  sangat tinggi.

Setidaknya hal itu bisa terlihat dari adanya sebuah foto dirinya yang dipajang di salah satu ruangan museum. Pada foto aura itu tampak sinar yang berwarna-warni tampak bersinar kuat melingkupi diri sang dokter.  

Dokter yang ramah dan bersahaja yang telah menyelesaikan gelar master di London University ini pula yang mengetahui dan mengatakan adanya nuansa horror ala Dunia lain pada salah satu ruangan dalam museum . 
Ruangan itu sendiri selama ini sering digunakan sebagai tempat syuting berbagai acara yang bertema mistik dan spiritual beberapa media televise nasional.  

Free Trial 41.000 Movies  + TV  Episode = Amazon Prime 

======================================================================

Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 

Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

=====================================================================





 ====================

===============

Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :













1 komentar: