Sabtu, 02 Februari 2013

Patung Dewa Dan Dewi Tiongkok Di Jawa Timur

Ada banyak kisah tentang Dewa dan Dewi dalam kepercayaan dan legenda yang berasal dari Tiongkok dan diyakini oleh umat Tionghoa. Diantaranya adalah kisah tentang Dewi Kwan Im dan Makco Thian Shang Sen Mu.

Kita bisa menjumpai sosok tentang Dewi Kwan Im dan Makco Thian Shang Sen Mu itu dalam bentuk patung yang sangat mengagumkan karena ukurannya yang sangat besar.
 
1. Patung Dewi Kwan Im Di Surabaya

Dewi Kwan Im merupakan seorang Dewi dalam ajaran Tri Dharma yang dikenal sebagai Dewi Penyayang dengan ajaran  Welas Asih. Ada berbagai bentuk penampilan dari Dewi Kwan Im ini. Salah satunya adalah berupa patung  Dewi Kwan Im yang terdapat di  kompleks Sanggar Agung di kawasan wisata Pantai KenPark - Surabaya.Lokasinya juga berdekatan dengan Patung Budha Empat Wajah.
Patung yang berada di belakang sanggar agung itu tampak berdiri megah di tepi pantai kenjeran. Bentuk dan ukurannya juga cukup menakjubkan karena memiliki tinggi sekitar 20 meter dengan jubahnya yang  berwarna putih kebiruan.
Patung Dewi Kwan Im berada diatas gerbang sepasang naga yang juga berukuran cukup besar dan megah. Kedua naga yang berwarna hitam kebiruan  itu tampak sedang bermain bola api kecil yang ada di atasnya.
Patung itu diapit oleh sepasang anak kecil dengan posisi tangan yang menyembah dan mata yang terpejam. Selain itu juga diapit oleh empat Dewa Penjaga Langit dengan formasi dua dewa di bagian kanan dan dua dewa di bagian kirinya. Pada Dewa yang terdapat di bagian kanan mengenakan jubah berwarna merah dan kuning dengan membawa payung. Sedangkan Dewa yang ada di sampingnya mengenakan jubah berwarna hitam dan kuning dengan kulit wajah dan tubuhnya yang berwarna hijau.
Untuk Dewa yang berada di  bagian kiri mengenakan jubah yang berana hijau dan kuning dengan membawa dua pedang. Pada Dewa yang ada di sampingnya mengenakan jubah berwarna merah dan biru dengan membawa alat musik kecapi. 

2. Patung Makco Thian Shang Sen Mu Di Kediri

Patung itu masih tampak polos dan berwarna abu-abu yang menggambarkan sosok seorang dewa yang bermahkota dan mengenakan jubah. Walau tampak sederhana, namun patung itu sangat menarik karena bukan patung biasa.Ukuran patung itu  konon  merupakan yang terbesar di Indonesia untuk patung dengan sosok dewa yang sama.
Patung itu adalah patung Makco Thian Shang Sen Mu yang merupakan Dewa Laut. Patung itu berada di dalam Kelenteng Tjoe Hwie Kiong (THK) di Kota Kediri - Jawa Timur.
Patung Makco itu berada di sebelah timur kelenteng dan menghadap ke arah sungai Brantas yang beraada di sebelah barat.
Di dekat patung terdapat sebuah tiang yang berwarna merah yang berisi panji-panji kebesaran Makco Thian Shang Sen Mu .
Dalam tradisi, budaya dan keyakinan Umat Tri Dharma,  patung makco merupakan  dewi penolong atau dewi penyelamat. Karena itu keberadaan patung yang terbuat dari batuan asli Tiongkok itu diharapkan bisa membawa keselamatan di Kota Kediri.
Berat patung itu mencapai 18,7 ton dengan tinggi 5 meter dan diameter 2 meter.Berat patung itu mencapai 18,7 ton dengan tinggi 5 meter dan diameter 2 meter. 
Umat Tri Dharma sengaja mendatangkan patung makco dari Buthien, Tiongkok karena dari situlah makco Thian Shang Sen Mu yang menjadi dewa utama mereka berasal.
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar