Senin, 18 Februari 2013

Indahnya Arca Emas Masa Kerajaan Majapahit


Arca itu sangat indah sekali. Detailnya begitu halus dan rapi.Menggambarkan sosok seorang raja yang mengenakan mahkota sedang bersila dalam singgasananya.

Begitu pula dengan arca yang menggambarkan sosok seorang ratu dalam keadaan yang serupa.


Yang lebih mengagumkan lagi, arca-arca itu terbuat dari emas.

Arca-arca itu merupakan arca pada masa Kerajaan Majapahit , sebuah kerajaan yang masyhur di Pulau Jawa pada masa lampau.

Sayang, jejak kebesaran Kerajaan Majapahit itu justru tidak berada di Indonesia karena sudah menjadi koleksi museum, Galeri dan kolektor di luar negeri. Diantara yang memiliki dan menyimpan arca-arca emas masa kerajaan Majaphit itu  adalah Barakat Gallery di USA dan Tropen Museum di Belanda.

 
Sungguh hal yang sangat ironis sekali karena benda yang sangat berharga itu tidak berada di negeri kita sendiri.
Untunglah Ada Deddy Endarto  yang dengan segala upayanya berusaha melacak dan mendokumentasikan beraneka arca emas itu dalam website Wilwatikta Online Museum. Melaui situsnya itu kita bisa menyimak arca-arca emas masa kerajaan Majapahit yang berada di mancanegara itu.

1. Arca Emas di Barakat Gallery - USA.


Di galeri ini  ditampilkan arca yang menggambarkan Pendarmaan Raja dan Pendarmaan Ratu  Era Kerajaan Mataram Kuno asal Jawa Tengah .

 Untuk arca emas Pendarmaan Raja itu berdimensi tinggi  4″  (10.2 cm)  x  lebar 2.25″ (5.7cm).
Untuk arca emas Pendarmaan Ratu ada dua macam yaitu arca Sang Ratu dalam posisi duduk dan posisi berdiri. Untuk arca emas Pendarmaan Ratu dalam posisi duduk bersila berdimensi tinggi 4.125″ (10.5cm)  x lebar  2″ (5.1)cm. 

Sedangkan untuk arca emas Pendarmaan Sang Ratu dalam posisi berdiri berdimensi tinggi 7.25″ (18.4cm)  x lebar 2″ (5.1cm).
 
Galeri ini juga memiliki arca emas pada era Kerajaan Singhasasri yang diperkirakan berasal pada era abad  ke 9 - abad ke 13. Arca itu menggambarkan sosok Dewa Syiwa yang  memiliki empat tangan dan  dalam posisi berdiri.Arca ini berdimensi tinggi 8.75″ (22.2cm)  x lebar  2.5″ (6.4cm).

Arca emas lainnya berupa Budha Gautama Sakyamuni dari Jawa Timur  abad ke 11-14 juga menjadi koleksi galeri ini. Arca Sang Budha yang terbuat dari emas, perak dan batu Ruby ini berdimensi tinggi 13.25″ (33.7cm)  x lebar  5.25″ (13.3cm).

Pada arca ini kilau warna emasnya tampak kontras yang berpadu indah  dengan warna gelap ornamen bermotif ukiran di belakangnya.

Sayang tidak dijelaskan bagaimana Barakat Gallery yang beralamat di 421 North Rodeo Drive, Beverly Hills, CA – USA  ini bisa mendapatkan benda-benda yang sangat indah, berharga dan langka itu.




Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :


2. Arca Emas di TROPENMUSEUM - Belanda 
Museum di Amsterdam ini selain menyimpan foto-foto lama tentang kiprah kolonialnya di nusantara,  sejarah dan perjuangan bangsa Indonesia, ternyata juga menyimpan arca emas yang bernama Sutasoma. Arca yang disimpan di  museum yang berlokasi di Linnaeusstraat 2, 1092 CK Amsterdam itu menggambarkan sosok seorang bagsawan yang sedang dipanggul oleh Kalmasapada,  sosok yang berwajah raksasa yang menyeramkan


4. Arca Emas Di The Metropolitan Museum Of Art - USA.

Di museum ini menyimpan Arca emas Bhairawa yang berasal dari Jawa Timur dan diperkirakan dibuat  pada abad ke 11 - abad ke 14.Arca ini berdimensi tinggi. 3 1/2 in. (9 cm). Tak banyak informasi penjelasan tentang arca ini selain arca itu tidak ditempatkan dalam pajangan.

5. Arca Emas Hapsari Dan Betari Durga

Selain arca emas era masa kerajaan Majapahit yang jelas keberadaannya dan  sudah menjadi koleksi Museum, ternyata ada juga arca emas lainnya yang tidak jelas keberadadaannya yaitu arca emas Hapsari dari Jawa Timur dan diperkirakan dibuat pada abad ke 14.

Arca emas yang berupa sosok wanita cantik ini menurut catatan Deddy Endarto ada yang bilang sudah berhasil dipulangkan ke Indonesia di Museum Nasional Jakarta. Tapi ada juga rekan yang bilang pernah melihat arca ini ada di museum Berlin atau Amsterdam.
 
Sedangkan untuk arca emas Betari Durga yang diperkirakan dibuat pada abad ke 8 - abad ke 9 konon disimpan di sebuah museum di Eropa. Arca yang berasal dari Jawa tengah  ini memiliki dimensi tinggi 3 1/4 inches. Dalam sebuah acara pelelangan, konon arca ini terjual dengan harga $26,400 pada kisaran awal 2012.


Mengetahui dan menyimak banyaknya arca emas jejak kebesaran kerajaan Majapahit yang berada di luar negeri itu tentu membuat banyak pihak merasa sedih dan prihatin. Tetapi melalui situsnya, Deddy Endarto berpesan agar : 

 " Janganlah ditangisi bila artefak sejarah kita dimiliki Kolektor dan Museum ASING, mungkin itu dijarah saat masa penjajahan atau dijual orang kita sendiri atau bahkan anak keturunan yang sedang membutuhkan uang."


“Amati dengan seksama,  tangkap auranya dan ciptakan yang lebih indah dari itu. Mereka tidak akan pernah bisa menjarah bakat dan keluhuran yang diwariskan leluhur kita”.



Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :








5 komentar:

  1. Mau nanya dong pak, bagaimana cara agar arca2 asli milik negara RI dpt kembali ke tanah air. thx

    BalasHapus
  2. Sebenarnya sudah ada aturan bahwa benda-benda bersejarah tersebut harus dikembalikan ke negara asalnya

    BalasHapus
  3. bENDA-BENDA TSB SEHARUSNYA RESMI MILIK INDONESIA,
    BAGAIMANA BISA ADA DI TANGAN NEGARA LAIN YAAA??
    MIRIS GAN..!!!
    ANAK CUCU KITA JADI BUTA SEJARAH TENTANG NEGRINYA SENDIRI.

    BalasHapus