Jumat, 22 Februari 2013

Mewaspadai Gelagat Aneh Pemasang Iklan ( Bagian Akhir )

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menjadi ide menulis artikel di blog. Diantaranya adalah dengan  berbagi pengalaman dan berdiskusi dengan blogger lainnya yang tertarik dengan menanggapi artikel kita.

Seperti halnya ide tulisan kali ini yang berasal dari tanggapan  rekan blogger pada  dua tulisan saya yang berjudul Mewaspadai Gelagat Aneh Pemasang Iklan.
_____________________________________ 
____________________________________

Dari berbagi kisah dan pengalaman itu, ternyata selain 6 tipe peasang iklan dengan karakter yang negatif yang telah saya tulis, ada juga tipe lainnya yang patut diwaspadai oleh blogger.

Penasaran dengan apa saja 3 karakter negatif pemasang iklan itu ? 
Yuk, langsung meluncur ke TKP :

1. Tipe INSOMNIA 

Insomnia adalah gejala yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk bisa tidur dengan nyenyak.Begitu pula dengan pemasang iklan tipe ini.

Mungkin karena faktor insomnianya itu, mereka biasanya menanggapi penawaran kerja sama dari blogger atau menghubungi blogger untuk memasang iklannya pada waktu diatas  pukul 10 malam - hingga dini hari  saat Blogger sedang istirahat dan tidur malam.

Hal itu tentu terasa menyebalkan dan mengganggu Blogger saja. Karena umunyakontak dari mereka  bisa dipastikan hanya sekedar basa-basi saja yang tak jelas dan tanpa ada realisasi pemasangan iklan.

Gelagat yang aneh itu juga bisa terasa karena tak ada itikad baik dari pemasang iklan untuk menghubungi blogger  atau menanggapi tawaran blogger pada waktu  yang normal diluar waktu untuk istirahat dan  tidur malam.


2. Tipe Tukang Gadai

Tak hanya Pegadaian dan jasa kredit saja yang menanyakan dan membutuhkan jaminan pada nasabahnya.Ternyata ada juga pemasang iklan yang karakternya ala Tukang Gadai.

Kalau jaminan itu berupa pemasangan dan penayangan iklan mereka blog tentu bisa dimaklumi karena pembayaran tarif  iklan juga baru dilakukan oleh pemasang iklan setelah iklan tayang di blog dan mereka sudah melihat dan mengeceknya.

Tentu dengan catatan Blogger akan segera menghapus iklan di blog itu dalam waktu maksimal 2 hari bila tidak ada kejelasan dan  informasi tentang pembayaran iklan dari pemasang iklan. 

Ini perlu dilakukan oleh blogger untuk mengantisipasi niat bulus dari pemasang iklan yang hendak  mengakali blogger dengan menayangkan iklannya tetapi tidak mau membayar tarif iklannya.

Tetapi jaminan yang mereka maksud itu bukan seperti itu. Mereka umumnya menanggapi penawaran kerja sama pemasangan iklan dari blogger dengan menanyakan dan meminta jaminan bahwa produk dan usaha mereka yang diiklankan di blog PASTI LAKU dan BISA TERJUAL.

Ini tentu terasa aneh karena portal layanan iklan dan penjualan online yang besar seperti Tokobagus, Berniaga dan sebagainya pun tidak memberikan jaminan barang yang diiklankan oleh pemasang iklan PASTI LAKU dan BISA TERJUAL.

Memang untuk memasang iklan di portal online itu ada yang gratis dan ada yang berbayar. Untuk iklan yang gratis tanpa ada update iklan yang aktif akan menyebabkan iklan dari pengguna segera tergeser dan terkubur oleh banyak iklan yang mengalir setiap harinya.

Semakin jauh iklan itu tergeser artinya semakin jarang pula iklan itu akan dilihat oleh pengunjung.
3. Tipe Pesimistis

Salah satu faktor utama yang penting bagi pelaku bisnis online adalah sikap yang optimis. Tetapi ternyata ada juga pelaku bisnis yang tidak yakin dan pesimistis pada usahanya.

Bila Anda menawari kerja sama pemasangan iklan mereka di blog, mereka umumnya akan memberikan tanggapan dengan mengatakan bahwa usaha mereka masih kecil dan masih belum membutuhkan mengiklankan produknya selain pada media iklan yang gratisan, tidak ada dana khusus untuk iklan dan promosi dan sebagainya.

Yang menarik dan ironis sekali, ada pelaku bisnis online yang menyediakan franchise usaha dengan nilai  jutaan rupiah, tetapi saat ditawari pemasangan iklan  dengan harga Rp 100.000 selama penayangan 30 hari saja mereka beralasan tak punya dana untuk memasang iklan dan mempromosikan usaha franchisenya itu.

Ada juga pemasang iklan  yang menanyakan apa manfaat yang bisa mereka peroleh dengan memasang iklan di blog. Dalam hal ini mungkin mereka tidak menyadari atau lupa tentang  fungsi iklan sebagai sarana publikasi/promosi produk dan usaha pada publik.
  
Nah, jika Blogger menjumpai pemasang iklan seperti berikut ini dengan sebutan tipe menurut bahasa penggambaran ala saya,  saran saya lebih baik abaikan Klien tersebut dan jangan tanggapi permintaan memasang iklannya.

Karena saya yakin mereka tak akan serius dan hanya akan mempermainkan Anda saja. Kalaupun iklan mereka sudah Anda tayangkan di blog, yakinlah mereka tak akan membayar tarif iklannya. Lebih baik tidak  usah menghiraukannya baik melalui sms, email, telepon dan sebagainya. Gunakan waktu Anda untuk mencari pemasang iklan yang baru  lainnya.


Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :






=======================================================================


Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :

Menambang Uang Melalui Facebook dan Blog

Tips Jitu Untuk Meningkatkan Traffic Situs atau Blog
  
OLeh-oleh Khas Tuban 


Patung Budha Yang Indah dan Unik Di Jawa Timur 
Kelenteng Dengan Lukisan Kuno Yang Indah  
Jejak Budaya Masa Lampau Di Makam Sunan Bonang

Gereja Yang Indah Dan Unik Di Jawa Timur

Bebatuan yang Indah Dan Bercahaya Di Lamongan
Monumen Pesawat Yang Legendaris Di Jawa Timur
Sensasi Memetik Teh Di Kebun Teh Kertowono
Kisah Batu Kodok Di Lamongan
Nasi Boran Yang Khas Dan Nikmat Di Lamongan


Merenda Kenangan Di Pantai Pasir Putih Situbondo
Budaya Minum Tuak Di Bumi Ronggolawe
Merajut Kenangan Indah Di Malioboro Yogyakarta

Busana Kerancang Betawi Yang Indah Dan Menawan 

Eksotisme Wisata Air Terjun Sri Gethuk



Swastika Ala Nazi Di Kelenteng Kwan Sing Bio 
Nuansa Seram Dalam Ritual Sumpah Pocong
Mengenang Gus Dur Di Kelenteng Boen Bio
Menikmati Surabaya Dengan Surabaya Heritage Track 
Legenda Kwan Kong Di Kelenteng Kwan Sing Bio

Suharto, Hercules Bergigi Baja Dari Tuban  
Masjid Aschabul Kahfie Di Dalam Gua Yang Unik 


Megahnya Istana Kaisar Di Kelenteng Kwan Sing Bio
Nostalgia Masa Kecil Di Museum Anak Kolong Tangga

Ovi, Gadis Hulk Yang Perkasa Dari Tuban 
Menguji Nyali Di Tebing Watu Ondo
Mengenang Fenomena Aneh Gadis Kristal Di Tuban
Camilan Ampo Yang Terbuat Dari Tanah 
Ongkek Yang Langka Di Museum Kambang Putih Tuban 

Dinding Jebol Jejak Pelarian Pangeran Diponegoro
Foto Rongten Korban Santet Di Surabaya
Mobil Rolls Royce Kuno Milik Dinasti Sampoerna






================================================================

4 komentar: