Kamis, 14 Februari 2013

Dua Patung Budha Yang Unik Di Jawa Timur

Patung yang berwarna kuning emas itu cukup unik dan menarik. Selain menggambarkan sosok sang Budha, ukuran patung tersebut juga sangat besar.Patung itu adalah Patung Budha Sedang Tidur dan patung Budha Empat Wajah.
Karena keindahan dan keunikannya itulah yang menjadikan patung itu menjadi tujuan wisata religi bagi umat Budha dan wisata yang eksotis bagi pengunjung lainnya.
 
1. Patung Budha Sedang Tidur Di Mojokerto 
 
Budha Sedang Tidur atau Sleeping Budha , begitulah patung Sang Budha itu biasa disebut. Sesuai dengan namanya, patung itu menggambarkan Sang Budha sedang tidur dengan posisi tubuh yang menyamping. Patung seperti itu biasa dijumpai  dalam beberapa tempat yang berkaitan dengan agama Budha.
Salah satunya adalah di MahaVihara Mojopahit yang berada di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto – Jawa Timur. Di tempat peribadatan umat Budha ini, Patung Budha tersebut berada di halaman bagian samping di dalam kawasan wihara.
Patung atau rupang  Sang Budha itu cukup menarik.
Selain tubuh dan pakaiannya yang berwarna emas, ukuran patung itu juga monumental karena  merupakan yang terbesar di Indonesia dan terbesar ketiga didunia, setelah Thailand dan Nepal. 

Dengan ukuran panjang 22 m, lebar 6 m dan tinggi 4,5 m, Rupang ini telah mendapatkan penghargaan dari MURI ( museum rekor Indonesia ). Dibawah rupang terdapat relief-relief yang menggambarkan kehidupan Buddha Gotama, hukum Karmaphala dan hukum Tumimbal Lahir.
 
Banyak pengunjung wihara ini baik yang beragama Budha atau yang non Budha berfoto ria dengan menggunakan Patung Budha itu sebagai latar belakangnya. Di sekitar patung ini terdapat pagar pembatas dari besi dan kolam air untuk menjaga jarak dan melindungi patung tersebut dari pengunjung.Pada bagian depan pintu masuk patung Budha ini  terdapat sepasang arca Dwarapala yang biasanya terdapat di candi-candi.
Tak jauh dari patung Budha terdapat kolam air yang ditumbuhi oleh tanaman Teratai dengan bunganya yang berwarna merah muda. Teratai adalah tanaman yang berhubungan dengan kehidupan Sang Budha dan ajaran dalam agama Budha.

=======================================================================

Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :

Menambang Uang Melalui Facebook dan Blog
Tips Jitu Untuk Meningkatkan Traffic Situs atau Blog
OLeh-oleh Khas Tuban 

Bebatuan yang Indah Dan Bercahaya Di Lamongan

Monumen Pesawat Yang Legendaris Di Jawa Timur

Sensasi Memetik Teh Di Kebun Teh Kertowono

Kisah Batu Kodok Di Lamongan

Nasi Boran Yang Khas Dan Nikmat Di Lamongan



Merenda Kenangan Di Pantai Pasir Putih Situbondo
Budaya Minum Tuak Di Bumi Ronggolawe

Merajut Kenangan Indah Di Malioboro Yogyakarta


Busana Kerancang Betawi Yang Indah Dan Menawan 


Eksotisme Wisata Air Terjun Sri Gethuk



Swastika Ala Nazi Di Kelenteng Kwan Sing Bio 

Nuansa Seram Dalam Ritual Sumpah Pocong

Mengenang Gus Dur Di Kelenteng Boen Bio

Menikmati Surabaya Dengan Surabaya Heritage Track 

Legenda Kwan Kong Di Kelenteng Kwan Sing Bio


Suharto, Hercules Bergigi Baja Dari Tuban  

Masjid Aschabul Kahfie Di Dalam Gua Yang Unik 


Megahnya Istana Kaisar Di Kelenteng Kwan Sing Bio
Nostalgia Masa Kecil Di Museum Anak Kolong Tangga


Ovi, Gadis Hulk Yang Perkasa Dari Tuban 

Menguji Nyali Di Tebing Watu Ondo

Mengenang Fenomena Aneh Gadis Kristal Di Tuban

Camilan Ampo Yang Terbuat Dari Tanah 

Ongkek Yang Langka Di Museum Kambang Putih Tuban 


Dinding Jebol Jejak Pelarian Pangeran Diponegoro

Foto Rongten Korban Santet Di Surabaya

Mobil Rolls Royce Kuno Milik Dinasti Sampoerna







================================================================

2. Patung Budha Empat Wajah Di Surabaya

Patung Budha itu tampak unik dan berbeda dengan patung Budha pada umumnya. Selain memiliki empat wajah, patung itu juga memiliki delapan tangan. Ukuran patung Budha yang berwarna emas itu juga sangat besar dengan bentuk dan ornamennya yang artistik.
Begitulah pesona keunikan Patung Budha Empat  Wajah ( Four Faced Budha ) yang berada di kawasan Wisata KenPark – Surabaya. Lokasi patung ini berhadapan dengan Kelenteng Sanggar Agung.
Sosok patung Budha Empat Wajah itu menyerupai patung Phra Phrom (Four Faced Buddha) yang terdapat di Kuil Erawan, Bangkok, Thailand. Karena itu, Anda tak perlu datang jauh-jauh ke Bangkok bila ingin mengetahui dan melihat patung Budha tersebut.
Cukup menarik ketika saya menyimak Patung Budha Empat Wajah itu.Patung ini memiliki 4 wajah yang menghadap ke seluruh penjuru mata angin yang  melambangkan 4 sifat baik sang Buddha yaitu welas asih, murah hati, adil, dan meditasi. 
Patung ini digambarkan memiliki 8 tangan  yang melambangkan kehadiran dan kekuatan Sang Buddha.
 Salah satu dari tangan kanan memegang dada, sedangkan di 3 tangan kanan yang lain memegang cupu berisi air suci, tongkat kebesaran dan cakram (sejenis senjata berbentuk piringan). Air suci merupakan perlambang energi penciptaan semesta. 
Sedangkan  tangan kiri patung memegang tasbih, bunga teratai, kitab suci dan kerang. Teratai merupakan lambang kekuatan yang memunculkan alam semesta.
  
Patung dengan panjang sisi alas 9 meter dan tinggi 9 meter tersebut diletakkan di dalam bangunan yang disangga 4 pilar berwarna hijau emas, dengan panjang sisi alas 15 meter dan total tinggi 36 meter.
Ukuran-ukuran itu ternyata  banyak mengandung angka 9. Selain mengacu pada patung serupa di Thailand, angka 9 itu juga memiliki makna khusus karena  merupakan angka tunggal tertinggi, sekaligus sebagai lambang kesempurnaan.
Konon,patung Budha Empat Wajah ini berlapis emas.Dan untuk menyempurnakan lapisan emasnya, digunakan kertas kimpo atau kertas emas dari Thailand.Patung Budha ini berada pada lahan yang sangat luas. Di empat sudutnya  terdapat empat patung gajah yang berwarna putih.


Sosok dan keindahan Patung Budha Empat Wajah dengan berbagai kisahnya yang menarik ini patut Anda kunjungi jika sedang berada di wisata KenPark .

2 komentar: