Senin, 25 Februari 2013

Indahnya Perhiasan Kalung Emas Pada Masa Lampau

Perhiasan berupa kalung emas itu sangat indah sekali. Pada bagian tengahnya terdapat semacam liontin yang bertahtakan batu mulia.

Desainnya sangat artistik dengan nuansa klasiknya. Ada yang istimewa dengan perhiasan itu karena merupakan jejak perhiasan dari  kerajaan dan peradaban  pada masa lampau.

Tetapi sayang, seperti nasib banyak arca dan mahkota emas dari kerajaan dan kesultanan di nusantara, kalung emas itu merupakan salah satu perhiasan yang menjadi koleksi museum di luar negeri. Selain itu ada juga perhiasan emas yang menjadi koleksi di museum di nusantara.
  
Melalui situs Wilwatikta Online Museum kita bisa menyimak beberapa perhiasan emas yang yangat berharga itu.
 

1. THE METROPOLITAN MUSEUM OF ART

Museum yang berlokasi di 1000 5th Avenue, New York, NY – USA inilah yang memiliki koleksi kalung klasik dari daerah Jawa Timur dan diperkirakan dibuat pada masa abad Ke-8 itu.

Kalung itu memiliki dimensi desain  pada bagian tengah  5/8 in. (1.6 cm) dan lebar desain bagian tenganya  1 3/4 in. (4.4 cm). Panjang kalung secara keseluruhan 16 in. (40.6 cm). Tentu bisa Anda bayangkan betapa cukup panjangnya kalung emas ini.

Museum ini juga memiliki koleksi perhiasan emas berupa kalung kebesaran kerajaan dari Jawa Tengah yang diperkirakan berasal dari masa abd ke-9. Kalung itu berdimensi  tinggi  1 1/8 in. (2.9 cm), lebar  5 in. (12.7 cm) dan panjang  15 1/4 in. (38.7 cm) Koleksi ini di pajang pada Galeri 247.

 

Ada juga koleksi perhiasan emas lainnya berupa liontin Kebesaran Kerajaan dari Jawa Tengah pada abad ke-8 - abad ke-10. Perhiasan ini sangat  indah dengan bertahtakan tiga batu mulia yang disusun secara bertingkat. Untuk koleksi yang satu ini tidak dipajang di galeri.
 


2.  Barakat Gallery

Galeri Seni yang berlokasi di 421 North Rodeo Drive, Beverly Hills, CA – USA ini menyimpan kalung emas dari Kerajaan Bali. Kalung itu memiliki hiasan di bagian tengah dengan motif ornamen khas bali dengan ukuran yang cukup besar.

Sayang tak ada banyak informasi yang disampaikan tentang kalung emas itu.
 
3. The Museum of Fine Arts Houston 
  
Seolah tak mau kalah , museum yang berada di  1001 Bissonet, Houston, Texas 77005 ini juga menyimpan koleksi perhiasan emas berupa kalung  dari Indonesia yang bentuk dan ukurannya cukup besar dengan hiasan batu permata dan batu mulia menghiasi bagian permukaan kalung.

Kalung untuk Raja itu berasal dari Kerajaan Singaraja di bali dan. diperkirakan dibuat pada masa tahun 1890an. Dimensi kalung  itu adalah  31,75 cm x 25,08 cm x 0,95 cm.

Pada masanya,  Kalung Kebesaran Kerajaan ini dibuat oleh Istana Singaraja untuk suatu peristiwa perkawinan penting dalam kerajaan untuk menunjukkan bahwa pada saat itu kerajaan sedang dalam keadaan makmur yang ditunjukkan dalam upacara adat dan keagamaan.

Yang menarik, perhiasan yang dibuat pada masa Raja Gusti Agung Gede Agung itu pada hampir semua bagiannya menggunakan bahan emas murni.  
=======================================================================

Break Session :

OLeh-oleh Khas Tuban 

Jejak Kebesaran Sunan Giri Di Gresik
Mahkota Emas Kerajaan Dan Kesultanan Di Nusantara 


Patung Budha Yang Indah dan Unik Di Jawa Timur 
Kelenteng Dengan Lukisan Kuno Yang Indah  
Jejak Budaya Masa Lampau Di Makam Sunan Bonang


Gereja Yang Indah Dan Unik Di Jawa Timur

Bebatuan yang Indah Dan Bercahaya Di Lamongan
Monumen Pesawat Yang Legendaris Di Jawa Timur
Sensasi Memetik Teh Di Kebun Teh Kertowono
Kisah Batu Kodok Di Lamongan

 
Nasi Boran Yang Khas Dan Nikmat Di Lamongan

Merenda Kenangan Di Pantai Pasir Putih Situbondo
Budaya Minum Tuak Di Bumi Ronggolawe
Merajut Kenangan Indah Di Malioboro Yogyakarta
Busana Kerancang Betawi Yang Indah Dan Menawan 

Eksotisme Wisata Air Terjun Sri Gethuk



Swastika Ala Nazi Di Kelenteng Kwan Sing Bio 
Nuansa Seram Dalam Ritual Sumpah Pocong
Mengenang Gus Dur Di Kelenteng Boen Bio
Menikmati Surabaya Dengan Surabaya Heritage Track 
Legenda Kwan Kong Di Kelenteng Kwan Sing Bio

Suharto, Hercules Bergigi Baja Dari Tuban  
Masjid Aschabul Kahfie Di Dalam Gua Yang Unik 


Megahnya Istana Kaisar Di Kelenteng Kwan Sing Bio
Nostalgia Masa Kecil Di Museum Anak Kolong Tangga

Ovi, Gadis Hulk Yang Perkasa Dari Tuban 
Menguji Nyali Di Tebing Watu Ondo
Mengenang Fenomena Aneh Gadis Kristal Di Tuban
Camilan Ampo Yang Terbuat Dari Tanah 
Ongkek Yang Langka Di Museum Kambang Putih Tuban 

Dinding Jebol Jejak Pelarian Pangeran Diponegoro
Foto Rongten Korban Santet Di Surabaya
Mobil Rolls Royce Kuno Milik Dinasti Sampoerna
















================================================================


5. Museum Nasional Indonesia

Museum yang berlokasi di  Jalan Medan Merdeka Barat no.12 Jakarta Pusat. Kalung itu berasal dari Kerajaan Kutai - Kalimantan Timur  yang bermaterial emas dan batu permata.

Sayang juga tak ada banyak informasi yang menjelaskan tentang perhiasan ini.

5. Museum SIWALIMA

Museum yang  berlokasi di Jl. Taman Makmur, Ambon - Maluku ini memiliki koleksi perhiasan emas berupa hiasan dada yang biasa disebut Wangpra.

Perhiasan itu berdimensi  24 cm x 6.5 cm dengan liontin bermotif menyerupai wajah manusia yang bertelinga lebar dengan menggunakan penutup kepala yang bertanduk.

6. Koleksi Pribadi


Selain museum, ada juga kolektor pribadi yang memiliki perhiasan emas berupa Liontin Garuda dari jawa Timur yang diperkirakan berasal dari masa Kerajaan Kahuripan pada abad ke-10 yang tampak dari adanya ornamen berwajah Garuda Mukha pada bagian depannya

Perhiasan ini dilelang oleh sang kolektor secara terbuka di internet.

Mengetahui dan menyimak banyaknya arca emas jejak kebesaran kerajaan Majapahit yang berada di luar negeri itu tentu membuat banyak pihak merasa sedih dan prihatin. Tetapi melalui situsnya, Deddy Endarto berpesan agar :
 " Janganlah ditangisi bila artefak sejarah kita dimiliki Kolektor dan Museum ASING, mungkin itu dijarah saat masa penjajahan atau dijual orang kita sendiri atau bahkan anak keturunan yang sedang membutuhkan uang."
“Amati dengan seksama,  tangkap auranya dan ciptakan yang lebih indah dari itu. Mereka tidak akan pernah bisa menjarah bakat dan keluhuran yang diwariskan leluhur kita”.





 

 
















8 komentar:

  1. Balasan
    1. Hari gini masih pakai aksesoris perhiasan sama dengan lainnya, hehe
      Udah gak zamannya lagi sis..Yuk pakai yang spesial perhiasan nama yang tiada duanya.
      Ada banyak pilihan perhiasan, mulai dari kalung nama dengan spesial liontin nama khusus,
      yang bertuliskan nama anda. Juga ada gelang nama dengan variasi rantai ataupun plat pipih
      Ada juga cincin nama khusus yang terukir nama anda ataupun pasangan anda. Bisa juga sebagai pelengkap,
      yaitu anting nama, dan yang suka untuk urusan tampilan saat dinas bisa pakai bross nama.
      Semuanya itu hanya ada disini >> Perhiasan Nama Cantik

      Hapus
  2. Informasi menarik. Saat ini, banyak sekali batu akik yang dijadikan Perhiasan Cantik agar bisa tampak modis dan percaya diri. Baik itu perhiasan cincin maupun liontin kalung. Jika Anda ingin melihat model perhiasan batu akik terbaru, silakan KLIK DISINI>> perhiasan. Dan jika Anda ingin membuat membuat Perhiasan Nama, seperti Kalung Nama, Gelang Nama, cincin nama, silakan Anda KLIK DISINI>> Kalung Nama.

    BalasHapus
  3. Info menarik dan bermanfaat. Saat ini perhiasan nama, seperti kalung nama, gelang nama, dan cincin nama sedang menjadi trend baru di kalangan remaja. Jika Anda tertarik ingin membuat Kalung Nama, Gelang Nama, dan Kalung Nama, silakan KLIK DISINI>>Perhiasan Nama.

    BalasHapus
  4. Info menarik dan bermanfaat. Saat ini perhiasan nama, seperti kalung nama, gelang nama, dan cincin nama sedang menjadi trend baru di kalangan remaja. Jika Anda tertarik ingin membuat Kalung Nama, Gelang Nama, dan Kalung Nama, silakan KLIK DISINI>>Perhiasan Nama.

    BalasHapus