Kamis, 14 Februari 2013

Mewaspadai Gelagat Aneh Pemasang Iklan Bagian 2

Antara Blogger dengan pelaku bisnis  sebenarnya bisa terjadi simbiosis mutualisme. Blogger bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari pemilik usaha yang memasangkan iklannya di blog. Begitu pula dengan pelaku bisnis yang memiliki usaha berupa toko online atau produsen bisa mempromosikan produk  dan usahanya dengan biaya iklan yang cukup murah dengan menggunakan media blog.

Tetapi sayang ada sebagian pemilik usaha yang tidak menyadari hal itu. Mereka ada yang tidak tanggap dengan peluang untuk memasang iklan di blog. Bahkan tak jarang yang justru berusaha mempermainkan blogger. Karena itu Blogger juga harus bersikap waspada pada pemasang iklan yang menunjukkan gelagat-gelagat aneh.

Sebagai kelanjutan dari  Mewaspadai Gelagat Aneh Pemasang Iklan Bagian 1  ( Klik link itu untuk membaca atau refresh artikelnya )  yang membahas pemasang iklan  dengan tipe negatif seperti Pembual, Benang Ruwet dan Kadal;  berikut ini ada 3 tipe pemasang iklan lainnya yang juga patut untuk diwaspadai oleh Blogger.

1. Tipe Jaka Sembung

Anda tentunya familiar dengan Pantun yang bernada sinidiran yang berbunyi Jaka Sembung Membawa Golok yang  Artinya :.... Gak Nyambung , Bok.

Begitu pula dengan pemasang iklan tipe Jaka Sembung ini.Bila Anda menawari kerja sama pemasangan iklan mereka di blog Anda, umumnya mereka akan memberikan tanggapan dan jawaban yang tidak nyambung.

Misalnya mereka akan menjawab dengan alasan-alan seperti ini  : 

- Maaf, saya tidak berniat membuat website atau blog.
- Maaf , saya sudah punya web atau blog sendiri.
- Dsb

Tentu tanggapan dan jawaban yang tidak nyambung  karena Blogger menawari pemasangan iklan mereka di blog tapi mereka menganggapnya sebagai tawaran untuk membuatkan website atau blog.Padahal tawaran yang disampaikan itu  sudah menggunakan bahasa yang ringkas , jelas dan mudah dipahami.


2. Tipe Tong Kosong


Hampir sama dengan tipe Jaka Sembung, untuk tipe Tong Kosong ini umumnya juga memberikan tanggapan dan jawaban yang tidak nyambung juga.

Laksana peribahasa Tong Kosong Nyaring Bunyinya, mereka juga akan menyombongkan diri dan usahanya pada Blogger seperti omzet usaha yang sudah sekian juta rupiah, pangsa pasar usahanya yang menggurita, pelanggannya yang sangat banyak dan sebagainya yang tidak ada kaitannya dengan tawaran pemasangan iklan dari Anda.

Tak jarang, mereka juga akan meremehkan dengan  blog yang  menggunakan platform gratisan seperti blogspot, wordpress dan sebagainya dan tidak menggunakan platform berbayar yang berdomain .com, .net. dan sebagainya.

Menurut mereka, blog dengan platform gratisan itu terkesan remeh-temeh dan tidak profesional. Mereka tidak menyadari bahwa platform seperti  blogspot.com adalah produk dari Google dengan ditunjang  beraneka fiturnya.

Bagi saya, profesional atau tidaknya seorang Blogger bukan tergantung pada platform yang digunakan harus berbayar dengan domain . com, .net dan sebagainya. Tetapi tergantung bagaimana Blogger bisa memaksimal blognya sehingga bisa menarik banyak pengunjung blognya.

Apalah artinya punya website dengan platform yang berbayar tetapi pengunjungnya hanya berkisah puluhan saja setiap harinya dengan blog berplatform gratisan yang pengunjung hariannya senantiasa melimpah  setiap harinya. 

Memang platform blogspot bisa bermigrasi menjadi domain.com. Tetapi itu adalah sebuah pilihan yang menjadi hak blogger untuk bermigrasi atau tetap menggunakan domain blogspot.com.
3. Tipe Jebakan Betmen

Tak hanya Uya Kuya saja yang melalui shownya yang bertitel Jebakan Betmen  di televisi bisa memperdayai korbannya. Begitu pula dengan pemasang iklan yang culas ini.

Setelah mereka berbasa-basi dengan blogger dan setuju dengan penawaran blogger, biasanya mereka akan memberikan link alamat akun usahanya yang akan dipasang dan dilink di blog.

Sebelum memasang iklan dan melink-kannya, Blogger harus WASPADA dan mengecek Link itu dulu dengan menganalisa apakah link yang diberikan oleh pemasang iklan itu tampak aneh dan emncurigakan karena tidak seperti link situs usaha online pada umumnya.

Bila terasa aneh dan mencurigakan pada alamat link situs yang diberikan, bisa jadi link situs itu merupakan Jebakan Betmen yang bisa mengarahkan Blogger pada situs-situs yang berbahaya dan merugikan Blogger. Bahkan bisa jadi akan membobol akun milik Blogger.

Artikel tentang 40 Link Situs Jebakan Betmen yang saya dapatkan di Kaskus itu bisa Anda baca di link berikut ini : 


Kalaupun situs yang diberikan itu tidak aneh dan tidak mencurigakan, cek juga apakah nomer kontak yang anda hubungi itu sama dengan nomer kontak yang tercantum di situsnya. Bila berbeda, hubungi  dulu nomer kontak pada situs itu dan konfirmasi apakah benar pemilik usaha di situs itu berniat memasang iklan di blog Anda.

Nah, jika Blogger menjumpai pemasang iklan seperti berikut ini dengan sebutan tipe menurut bahasa penggambaran ala saya,  saran saya lebih baik abaikan Klien tersebut dan jangan tanggapi permintaan memasang iklannya.

Karena saya yakin mereka tak akan serius dan hanya akan mempermainkan Anda saja. Kalaupun iklan mereka sudah Anda tayangkan di blog, yakinlah mereka tak akan membayar tarif iklannya. Lebih baik tidak  usah menghiraukannya baik melalui sms, email, telepon dan sebagainya. Gunakan waktu Anda untuk mencari pemasang iklan yang baru  lainnya.



=======================================================================

Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :

Menambang Uang Melalui Facebook dan Blog


Tips Jitu Untuk Meningkatkan Traffic Situs atau Blog
  
OLeh-oleh Khas Tuban 

Patung Budha Yang Indah dan Unik Di Jawa Timur 

Kelenteng Dengan Lukisan Kuno Yang Indah  

Jejak Budaya Masa Lampau Di Makam Sunan Bonang


Gereja Yang Indah Dan Unik Di Jawa Timur

Bebatuan yang Indah Dan Bercahaya Di Lamongan
Monumen Pesawat Yang Legendaris Di Jawa Timur
Sensasi Memetik Teh Di Kebun Teh Kertowono
Kisah Batu Kodok Di Lamongan
Nasi Boran Yang Khas Dan Nikmat Di Lamongan

Merenda Kenangan Di Pantai Pasir Putih Situbondo
Budaya Minum Tuak Di Bumi Ronggolawe
Merajut Kenangan Indah Di Malioboro Yogyakarta

Busana Kerancang Betawi Yang Indah Dan Menawan 

Eksotisme Wisata Air Terjun Sri Gethuk


Swastika Ala Nazi Di Kelenteng Kwan Sing Bio 
Nuansa Seram Dalam Ritual Sumpah Pocong
Mengenang Gus Dur Di Kelenteng Boen Bio
Menikmati Surabaya Dengan Surabaya Heritage Track 
Legenda Kwan Kong Di Kelenteng Kwan Sing Bio

Suharto, Hercules Bergigi Baja Dari Tuban  
Masjid Aschabul Kahfie Di Dalam Gua Yang Unik 

Megahnya Istana Kaisar Di Kelenteng Kwan Sing Bio
Nostalgia Masa Kecil Di Museum Anak Kolong Tangga

Ovi, Gadis Hulk Yang Perkasa Dari Tuban 
Menguji Nyali Di Tebing Watu Ondo
Mengenang Fenomena Aneh Gadis Kristal Di Tuban
Camilan Ampo Yang Terbuat Dari Tanah 
Ongkek Yang Langka Di Museum Kambang Putih Tuban 

Dinding Jebol Jejak Pelarian Pangeran Diponegoro
Foto Rongten Korban Santet Di Surabaya
Mobil Rolls Royce Kuno Milik Dinasti Sampoerna






================================================================




4 komentar:

  1. Thaks Atas Pejelasanya Mas Agunx sangat bermanfaat Bagi saya Nebwie dalam maslah Tangani Pemasang iklan, saya pun pernah mengalmi hal demikian cuma sang pemasang ads meminta linknya saya pasang duluan, Nunggu kapan Trasfernya eh Kagak ada biayanya.

    BalasHapus
  2. Trims atas kunjungannya ya, Gan.

    Untuk pembayaran tarif iklannya beri waktu maksimal 2 hari.

    Bila dalam 2 hari tidak ada konfirmasi n kejelasan ttg pembayaran tarif iklannya , segera HAPUS saja iklan mereka di blog Anda.

    BalasHapus