Senin, 11 Februari 2013

Mewaspadai Gelagat Aneh Pemasang Iklan

Bagi Blogger, mendapatkan pemasang iklan di blog tentu sangat menyenangkan karena bisa mendatangkan lembaran-lembaran rupiah. Tetapi tak jarang ada blogger yang terpaksa gigit jari karena tidak hati-hati dan mewaspadai niat dan itikad dari  pemasang iklannya.



Pasalnya,selaras dari berragamnnya karakter dan watak manusia, begitu pula ada beragam watak dan karakter pemasang iklan. Ada pemasang iklan yang memang serius dan bertujuan untuk mencari  blog sebagai media untuk membantu mempromosikan produk dan usahanya. Selain itu ada juga yang tidak serius dan hanya berniat mempermainkan blogger saja.

Karena itu,sebelum menerima permintaan dari klien untuk menayangkan iklan di blog, ada baiknya Blogger menyimak dan mewaspadai niat dan itkad dari pemasang iklan. 

Berikut ini ada beberapa gelagat aneh dan mencurigakan dari pemasang iklan  yang patut Blogger waspadai.
1. Tipe Pembual 

Dalam aksinya, pemasang iklan dengan tipe Pembual ini biasanya mengawali aksinya dengan berbasa-basi menanyakan tentang blog Anda baik alamat blog, berapa pengunjung blog sehari dan sebagainya.

Selanjutnya dia akan menanyakan apakah Blogger juga bisa membantu membuatkan website untuk usahanya. Tetapi bukan website seperti biasanya yang dia minta, namun website sekelas portal berita Vivanews, Detik.com, Okezone, Kompas Online, Republika Online, Tempo Online dan sebagainya.

Order seperti itu sudah terasa sangat aneh karena tentu bisa dibayangkan betapa besar dana yang dibutuhkan untuk membuat website dengan kapasitas yang sangat besar itu. Hal  itu tentu juga sangat janggal karena hanya  disampaikan melalui sms, telepon  atau email dan tanpa pertemuan secara langsung dengan perjanjian yang tertulis.

Bila Anda menanggapinya, sang Pembual itu juga akan melanjutkan bualan-bualannya. Diantaranya  dengan mengatakan bahwa dia sedang membutuhkan  banyak blogger karena akan memasangkan iklan-iklannya di ratusan blog.
 
2. Tipe Benang Ruwet  

Pada dasarnya untuk memasang iklan di blog sangat mudah dan cepat. Bila pemasang iklan sudah setuju dengan bentuk dan  iklan yang akan ditayangkan di blog dengan tarif iklan yang sudah ditentukan dan cara pembayarannya, Blogger bisa segera  mengolah iklan tersebut dan menayangkanya di blog. Rasanya dalam waktu tak lebih dari  30 menit saja iklan dari klien itu bisa tayang di blog.

Untuk materi foto-foto yang menjadi bahan iklannya pun bisa diambil dengan mengcopy  dari akun usaha si Klien yang ada di website, blog, facebook, twitter , portal penjualan online lainnya dan sebagainya. 

Yang menjadi masalah adalah si Klien meruwetkan tentang cara pembayaran tarif iklannya. Dia beralasan kesulitan untuk pembayaran karena akan membayarnya melalui Pay Pal, bank yang tidak sama ( antar bank ) dan sebagainya. 

Pembayaran melalui Pay Pal memang bisa dilakukan tetapi tentu ada blogger yang tidak memiliki akun di Pay Pal. Sedangkan pembayaran pada antar bank juga tidak ada maslaah baik dilakukan secara manual atau melalui ATM.

Intinya apa yang sebenarnya mudah dan jelas untuk dilakukan oleh klien sebagai kewajiban untuk membayar tarif iklannya akan menjadi kusut dan ruwet seperti benang yang sengaja dia ruwetkan sendiri.

3. Tipe Kadal

Untuk klien dengan tipe Kadal ini biasanya dia meminta trial pemasangan iklan secara Gratis di Blog Anda selama setidaknya 7 hari - 1 bulan. Permintaan seperti ini juga patut Anda waspadai dan jangan Anda sanggupi karena hanya akan berniat untuk ' Mengadali  ' ( Baca :  MENGAKALI  ) Anda saja.

Bisa ditebak setelah masa trial usai, si Klien tidak bisa dihubungi lagi karena tidak akan membalas apapun sms dari Anda. 

Begitu pula bila Klien menawar tarif iklan Anda dengan harga yang sangat murah juga patut Anda pertimbangkan. Pasalnya dengan biaya iklan yang cukup murah di Blog dengan hitungan sederhana tarif iklan Rp 100.000  dibagi selama 30 hari saja sudah menunjukkan cukup murahnya tarif iklan itu. Biaya iklan Rata-rata hanya sekitar Rp 3.300 per harinya.

Andai ditawar Rp 50.000 per bulan tentu hanya  akan memberi Anda hasil Rp 1.700 per hari. Hasil yang sangat minim seperti itu tentu kalah jauh dengan hasil yang diperoleh oleh pengemis di jalanan daripada karya intelektual Anda di Blog.

Nah, jika Blogger menjumpai pemasang iklan seperti berikut ini dengan sebutan tipe menurut bahasa penggambaran ala saya,  saran saya lebih baik abaikan Klien tersebut dan jangan tanggapi permintaan memasang iklannya.

Karena saya yakin mereka tak akan serius dan hanya akan mempermainkan Anda saja. Kalaupun iklan mereka sudah Anda tayangkan di blog, yakinlah mereka tak akan membayar tarif iklannya. Lebih baik tidak  usah menghiraukannya baik melalui sms, email, telepon dan sebagainya. Gunakan waktu Anda untuk mencari pemasang iklan yang baru  lainnya.


=======================================================================

Break Session :

Baca juga artikel-artikel menarik lainnya di Blog ini dengan Langsung KLIK Link di bawah ini atau kata-kata berwarna Biru lainnya :

Menambang Uang Melalui Facebook dan Blog
Tips Jitu Untuk Meningkatkan Traffic Situs atau Blog
  
OLeh-oleh Khas Tuban 


Patung Budha Yang Indah dan Unik Di Jawa Timur 
Kelenteng Dengan Lukisan Kuno Yang Indah  
Jejak Budaya Masa Lampau Di Makam Sunan Bonang
Gereja Yang Indah Dan Unik Di Jawa Timur

Bebatuan yang Indah Dan Bercahaya Di Lamongan

Monumen Pesawat Yang Legendaris Di Jawa Timur

Sensasi Memetik Teh Di Kebun Teh Kertowono

Kisah Batu Kodok Di Lamongan

Nasi Boran Yang Khas Dan Nikmat Di Lamongan



Merenda Kenangan Di Pantai Pasir Putih Situbondo
Budaya Minum Tuak Di Bumi Ronggolawe

Merajut Kenangan Indah Di Malioboro Yogyakarta


Busana Kerancang Betawi Yang Indah Dan Menawan 


Eksotisme Wisata Air Terjun Sri Gethuk



Swastika Ala Nazi Di Kelenteng Kwan Sing Bio 

Nuansa Seram Dalam Ritual Sumpah Pocong

Mengenang Gus Dur Di Kelenteng Boen Bio

Menikmati Surabaya Dengan Surabaya Heritage Track 

Legenda Kwan Kong Di Kelenteng Kwan Sing Bio


Suharto, Hercules Bergigi Baja Dari Tuban  

Masjid Aschabul Kahfie Di Dalam Gua Yang Unik 


Megahnya Istana Kaisar Di Kelenteng Kwan Sing Bio
Nostalgia Masa Kecil Di Museum Anak Kolong Tangga


Ovi, Gadis Hulk Yang Perkasa Dari Tuban 

Menguji Nyali Di Tebing Watu Ondo

Mengenang Fenomena Aneh Gadis Kristal Di Tuban

Camilan Ampo Yang Terbuat Dari Tanah 

Ongkek Yang Langka Di Museum Kambang Putih Tuban 


Dinding Jebol Jejak Pelarian Pangeran Diponegoro

Foto Rongten Korban Santet Di Surabaya

Mobil Rolls Royce Kuno Milik Dinasti Sampoerna






================================================================




3 komentar: